Keliling Candi di Malang Raya

Malang kini bukan hanya dikenal sebagai kota pelajar, tapi juga kota pariwisata. Salah satu destinasi yang membuatnya terkenal adalah deretan pantai selatan serta air terjun super indah. Ternyata Malang bukan hanya punya itu. Daerah penghasil Apel ini juga memiliki peninggalan bersejarah berupa Candi. Meski tak sebesar dan semegah candi-candi di Yogyakarta, tentu candi Malang juga menawan. Wah, penasaran kan? Yuk, intip selengkapnya di bawah ini!

1. Candi Singosari

Candi Singosari
Candi Singosari [image source]
Dari banyaknya candi yang ada di Malang, Candi Singosari adalah yang paling terkenal. Candi bercorak Hindu-Buddha ini dibangun pada abad ke 12 dan memiliki beberapa arca Hindu. Terletak di desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang dibangun sebagai bentuk pendharmaan untuk raja terakhir Kerajaan Singosari, Kertanegara.

Candi Singosari Malang
Candi Singosari Malang [image source]
Lokasi : Jl. Kertanegara, Candirenggo, Singosari, Malang.

2. Candi Sumberawan

Candi Sumberawan
Candi Sumberawan [image source]
Sekitar 6 km dari Candi Singosari, ada satu lagi Candi cantik peninggalan dari masa silam. Ukurannya tidak terlalu besar  dan berbentuk stupa. Lebih dikenal dengan nama Candi Sumberawan. Pada masanya, pernah digunakan sebagai tempat peribadatan umat Buddha. Di dalam candi terdapat tempat yang digunakan untuk menyimpan benda suci. Meski tak sepopuler Candi Singosari, Candi Sumberawan tetap saja dipadati dengan pengunjung. Mereka bukan hanya menikmati wisata bersejarah tapi sekaligus melihat pemandangan cantik saat perjalanan.

Candi Sumberawan Malang
Candi Sumberawan Malang [image source]
Lokasi : Sumberawan, Toyomarto, Singosari, Malang.

3. Candi Kidal

Candi Kidal
Candi Kidal [image source]
Beralih ke arah daerah timur Malang, ada juga sebuah candi yang cukup dikenal. Ialah Candi Kidal yang terletak di desa Rejokidal, kecamatan Tumpang, kabupaten Malang. Seperti Sumberawan dan Singosari, Candi Kidal juga termasuk salah satu peninggalan kerajaan Singosari. Candi bercorak Hindu-Buddha ini merupakan bentuk penghormatan kepada Raja Anusapati yang telah memerintah selam dua dekade. Meski Candi Kidal memiliki bentuk yang cantik, ternyata masih belum banyak wisatawan yang datang ke tempat bersejarah satu ini.

Candi Kidal Malang
Candi Kidal Malang [image source]
Lokasi : Jl. Candi Kidal, Kidal, Tumpang, Malang.

4. Candi Jago

 

Candi Jago
Candi Jago [image source]
Selain Candi Kidal, daerah Tumpang  juga memiliki candi yang unik. Ialah Candi Jago, dibangun saat Kerajaan Singasari berkuasa. Kamu bisa menemukannya di belakang pasar Tumpang kemungkinan sudah ada sejak abad ke 13. Ya, bagian atas dari candi ini sepertnya tidak utuh lagi. Konon, tidak utuhnya bagian atas candi ini diakibatkan sambaran petir. Pun tak sempurna, tetap saja memiliki pesona yang tak ada duanya. Terbukti, banyak sekali fotografer yang melakukan pemotretan di sana.

Candi Jago, Malang
Candi Jago, Malang [image source]
Lokasi : Jl. Wisnuwardhana, Tumpang, Jawa Timur.

5. Candi Badut

Candi Badut
Candi Badut [image source]
Terletak di bagian barat Kabupaten Malang, tepatnya di Kecamatan Dau terdapat  sebuah candi yang diyakini merupakan peninggalan Prabu Gajayana dari Kerajaan Kanjuruhan. Candi yang diperkirakan dibangun pada tahun 760 ini ditemukan pertama kali pada tahun 1921 dalam bentuk gundukan batu. Siapa sangka, gundukan tersebut kini berubah menjadi destinasi wisata cantik yang ada di Malang Raya. Hingga sekarang, masih tetap terjaga keasliannya. Para Pengunjung pun tak pernah sepi karena tidak kalah populer dari candi-candi lain di Malang.

Candi Badut Malang
Candi Badut Malang [image source]
Lokasi : Jalan Candi 5D, Karangwidoro, Dau, Malang

Nah, sudah tahu kan tempat wisata Malang yang antik dan bersejarah? Yuk, buruan catat tanggal liburan dan terbang ke Malang untuk liburan seru sekaligus belajar sejarah.

Tags
Candi Malang Explore Candi explore Malang
Share