Nikmati Candi di Karanganyar, Pelajari Eksistensi Masa Lalu Sambil Habiskan Waktu

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Candi di Karanganyar Candi di Karanganyar

Kabupaten Karanganyar memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan area lainnya di Jawa Tengah. Termasuk air terjun, destinasi wisata Instagenic, dan objek-objek bersejarah, sepertri candi. Wisata candi di Karanganyar, Jawa Tengah juga patut buat dicoba kunjungi lho. Traveling ke candi, selain melihat bukti eksistensi masa lalu juga bisa membuatmu belajar banyak hal lho. Yuk ikuti ulasan ulasan berikut.

Candi Sukuh

Candi Sukuh, via Instagram/sherlie_citra
Candi Sukuh, via Instagram/sherlie_citra

Ada yang namanya Candi Sukuh, lokasinya ada di Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah. Ini merupakan candi dengan corak Hindu. Bangunannya cukup sederhana, terletak di ketinggian 1.186 mdpl. Bentuknya adalah piramida dan menghadap ke barat dengan susunan halaman tiga teras. Konon, tiga teras ini melambangkan tingkatan menuju kesempurnaan.

Lokasi banyak dikunjungi, via Instagram/teg4rpanji9
Lokasi banyak dikunjungi, via Instagram/teg4rpanji9

Candi ini ditemukan pada masa penjajahan Inggris, sekitar 1815. Namun, diperkirakan sudah dibangun pada abad ke-15 Masehi, dimana kala itu peradaban manusia belum secanggih seperti sekarang ini. Karena lokasinya yang cantik dan asri, tak mengherankan lokasinya jadi jujukan banyak wisatawan. Tiket masuknya Rp7.000.

Candi Cetho

Candi Cetho, via Instagram/jenhong_mom
Candi Cetho, via Instagram/jenhong_mom

Candi Cetho berada di Dusun Ceto, Desa Gumeg, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Merupakan candi bercorak Hindu yang dibangun sekitar abad ke-15, masa akhir Kerajaan Majapahit. Lokasinya berada di ketinggian 1.496 mdpl. Karena itulah, saat datang ke Candi ini, kamu akan merasakan suasana yang sejuk.

Serasa di Bali, via Instagram/muhisukendar
Serasa di Bali, via Instagram/muhisukendar

Candi Cetho ini cukup unik, ada susunan bebatuan yang menyerupai alat kelamin laki-laki dan diberi nama dengan arca phallus. Arca ini hampir bersentuhan dengan yang berbentuk vagian yang disatukan dengan arca bentuk garuda. Ternyata, ini merupakan lambang penciptaan manusia atau kelahiran kembali yang dibebaskan dari kutukan. Tiket masuk ke Candi Cetho Rp7.000 untuk wisatawan domestik, Rp25.000 untuk mancanegara.

Candi Kethek

Candi Kethek, via Instagram/awan_vi
Candi Kethek, via Instagram/awan_vi

Terakhir di Karanganyar ada yang namanya Candi Kethek. Ini merupakan candi yang berada di ketinggian 1.500 mdpl. Lokasinya berada di Kecamatan Jenawi, lereng barat Gunung Lawu. Candi bernunasa Hindu ini diyakini dibangun pada abad 15-16 Masehi. Diberi nama kethek, lantaran dulunya banyak kera, atau yang dalam bahasa Jawanya disebut dengan kethek.

Candi Kethek dengan segala kesakralannya, via Instagram/frendywidjaya
Candi Kethek dengan segala kesakralannya, via Instagram/frendywidjaya

Candi ini merupakan lokasi yang sangat sunyi. Cocok buat Teman Traveler yang saat ini sedang mencari ketenangan. Candi ini selain jadi detinasi wisata, juga masih masih jadi lokasi kegiatan ritual. Biasanya mulai pukul 17:00 sampai dengan matahari terbenam. Tiket masuk ke Candi Kethek ini murah meriah, hanya Rp5.000 saja.

Itulah 3 candi di Kabupaten Karanganyar. Jangan lupa berburu kulinernya juga jika sedang jalan-jalan ke berbagai destinasi wisata di Karanganyar ya Teman Traveler.