Candi dan Pura Indonesia yang Bikin Fotomu Serasa di Atas Langit

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak sekali peninggalan sejarah dan tempat ibadah, seperti candi dan pura. Tak jarang tempat-tempat tersebut memiliki pemandangan yang indah maupun bentuk yang menarik. Karena itu, banyak candi dan pura di Indonesia yang menjadi destinasi wisata dan ditetapkan sebagai cagar budaya yang dilindungi negara. Beberapa dari tempat tersebut berada di dataran tinggi dan memiliki pemandangan yang spektakuler.

Pura Lempuyang

Gapura Pura lempuyang yang menghadap ke Gunung Agung via instagram/@bali.fe

Pura Lempuyang adalah tempat suci bagi umat Hindu dengan keindahan yang memesona. Maka tak jarang banyak wisatawan yang datang kemari. Lokasinya juga berada di dataran tinggi, bahkan untuk mencapai tempat ini kamu harus menapaki sekitar 1700 anak tangga. Setelah sampai, panorama Gunung Agung dan Kabupaten Karangasem dapat terlihat dengan jelas dari Pura Lempuyang.

Tangga menuju puncak Pura Lempuyang via instagram/@drivingmiss_daisea

Candi Cetho

Kebun Teh Kemuning dari Candi Cetho via instagram/@jhon_aja

Candi Cetho adalah peninggalan Kerajaan Majapahit yang terletak di kaki Gunung Lawu, Karanganyar. Karena berlokasi di dataran tinggi, udara sejuk bukan hal yang asing di tempat ini. Terlebih lagi kamu dapat menemukan perkebunan teh saat menuju ke Candi Cetho. Selain itu pemandangan sunset di ketinggian yang diapit oleh gapura candi adalah salah satu daya tarik bagi wisatawan.

Pemandangan dari Candi Cetho saat sunset via Flickr.com

Candi Ratu Boko

Bangunan induk Candi Ratu Boko via instagram/@naadiash

Meskipun namanya masih kalah pamor dibanding tetangganya seperti Candi Borobudur dan Prambanan, lokasi ini memiliki pemandangan yang menarik. Kawasan candi seluas 16 hektar ini memiliki penataan ruang yang cukup nyaman. Apalagi jika datang di sore hari, sunset dan lansekap Kabupaten Sleman adalah panorama memukau yang sangat worth it untuk dinikmati.

Sunset di Candi Ratu Boko via instagram/@pakujawadventure

Candi Ijo

Sunset dari Candi Ijo via instagram/@arka624

Terletak di perbukitan dengan ketinggian 410 mdpl, membuat tempat ini menjadi candi dengan lokasi tertinggi di Yogyakarta. Penggunaan nama Candi Ijo sendiri digunakan karena peninggalan sejarah abad ke-9 tersebut berada di Bukit Hijau. Kompleks Candi Ijo terdiri dari 17 struktur bangunan pada 11 teras berundak. Di teras puncak atau teras paling atas terdapat candi induk dan tiga candi perwara alias candi pendamping.

Kompleks Candi Ijo via instagram/@imamismadin

Menghabiskan waktu untuk berwisata di ketinggian tak hanya dapat dilakukan dengan datang ke wisata gardu pandang saja. Namun candi dan pura adalah salah satu opsi lain. Toh pemandangan juga tak kalah indah. Selain mendapat pemandangan mengagumkan, kamu juga mendapatkan pengetahuan baru tentang sejarah Indonesia. Segera berkemas dan berangkat yuk!

Tags
Bali candi Indonesia Jawa Tengah pura Wisata
Share