Candi Banyunibo, Tetangga Roro Jongrang yang Penuh Keindahan

Jogja adalah destinasi wisata yang begitu kental dengan nuansa budaya. Sisi tradisionalnya begitu anggun dan cantik. Menginjakkan kaki di tempat asal gudeg ini seperti memasuki mesin waktu. Kamu akan dibuat menerka-nerka seperti apa kehebatan Tanah Jawa di masa silam jauh sebelum ada maraknya Instagram. Salah satu destinasi wisata sejarah yang bisa dikunjungi untuk nostalgia adakah candi Banyunibo. Yuk lihat lebih dekat wisata yang satu ini.

1. Bangunan Bersejarah yang Penuh Makna

Candi Banyunibo
Lomba memanah di Candi Banyunibo via twitter @rizal_abd_aziz

Sebut saja Candi Banyunibo, satu dari sekian banyak situs bersejarah yang ditemukan di Bumi Mataram. Lokasinya berada di Dusun Cepit, Desa Bokoharjo, Sleman. Atau sekitar 5,6 kilometer dari Candi Prambanan. Di sekitarnya ada Keraton Ratu Boko, Candi Barong dan Candi Ijo. Tempat ini cukup instagenic dengan bentuk bangunan unik namun penuh dengan makna.

2. Spot untuk Santai dan Foto Keren

Candi Banyunibo
Candi Banyunibo via Instagram @kalilipat_visual

Sama seperti bangunan Budha lain, Candi Banyunibo juga memiliki stupa. Dindingnya dihiasi dengan berbagai macam relief. Diduga bangunan tersebut telah ada sejak zaman Kerajaan Mataram Kuno. Saat ini lokasinya telah difungsikan menjadi wisata dan dikunjungi oleh banyak turis setiap harinya. Mereka tak sekadar datang, tapi juga mengabadikan momen lewat foto. Pemandangan akan semakin indah saat matahari terbit atau terbenam.

3. Bertabur Festival Penuh Keseruan

Candi Banyunibo
Candi Banyunibo  via twitter @rizal_abd_aziz

Fasilitas yang ada di Candi Banyunibo juga sudah cukup lengkap. Kamu bisa mengajak keluarga untuk bersantai di bawah teduhnya pepohonan sambil menikmati pemandangan sekitar. Selain itu, di waktu tertentu juga ada festival-festival budaya dengan pertunjukan seni. Salah satunya adalah festival gerobak sapi.

Dalam acara tersebut, kamu bisa mencoba berbagai macam kuliner enak. Melihat meriahnya gerobak-gerobak yang dihias hingga perlombaan menantang. Di antaranya adalah memanah dengan gaya Mataraman. Belum lagi ada berbagai permainan tradisional lain yang akan mengingatkanmu pada keseruan masa kecil. Yakin tak mau berkunjung ke sini?

Tags
candi Indonesia Jogja
Share