4 Camilan Khas Parepare yang Nggak Boleh Dilewatkan, Enaknya Khas

Advertisement

Adakah Teman Traveler penggemar pasangan romantis Habibie-Ainun? Nah, di wilayah ini berdiri Monumen Cinta Sejati Habibie-Ainun tepatnya di Lapangan Andi Makkasau. Tidak hanya populer dengan monumen tersebut, ada juga camilan Parepare yang patut Teman Traveler icip. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

Kacipo’

Kacipo’ via Instagram @skullhonk

Kacipo’ merupakan camilan Parepare yang bisa Teman Traveler temukan di toko kue kawasan tersebut. Jajanan kering ini terbuat dari tepung terigu dan wijen, bentuknya mirip dengan onde – onde tapi berukuran lebih kecil. Memiliki citarasa manis yang pas dan sedikit gurih. Kacipo’ lebih dikenal dengan sebutan kue keciput di kawasan lain.

Baje’ Canggoreng

Baje’ Canggoreng via Instagram @risnarasyid43

Camilan Parepare satu ini terbuat dari gula merah cair dan kacang tanah yang sudah disangrai. Cara pembuatannya cukup sederhana, setelah mencampur dua bahan tersebut, adonan diletakkan di atas loyang dibentuk bundar. Lalu ditunggu hingga mengeras, setelah itu dibungkus. Bisa dengan bungkus daun pisang atau plastik. Teman Traveler dijamin akan ketagihan kalau mencicip camilan satu ini.

Roti Mantao

Roti Mantao via Instagram @gojekindonesia

Roti mantao memang tidak boleh sampai kelewat untuk dicicip kalau sedang di Parepare. Bahan – bahan dalam membuat roti mantau ini cukup mudah yaitu tepung terigu, susu, gula, air, dan tentunya ragi agar adonan bisa mengembang. Nah tidak hanya itu, istimewanya terletak pada isian kue mantau yang bervariasi seperti kacang, coklat, stroberi, dan lainnya. Ketika membeli roti mantao biasanya sudah jadi seperti roti, tetapi sebelum menyantapnya harus digoreng terlebih dahulu.

Apang Paranggi

Apang Paranggi via Instagram @mamatokokue

Kue apang paranggi berbahan dasar gula aren dan tepung terigu. Teman Traveler bisa menjajal kue basah bercitarasa manis ini ditemani dengan segelas teh hangat. Di beberapa daerah lain juga ada kue yang mirip dengan apang. Di daerah Kalimantan disebut apam, sedangkan di kawasan Jawa disebut apem.

Selain menikmati camilan tersebut langsung di Parepare, Teman Traveler juga bisa menuju pusat oleh-oleh Parepare untuk membawa beberapa sebagai kudapan di rumah.

Advertisement
Tags
Camilan Indonesia kuliner Oleh-oleh Parepare Sulawesi Selatan
Share