Ini Dia Pilihan Camilan Manis Manado, Pecinta Legit Harus Serbu

Manado dengan segudang kuliner mulai dari sambal seperti dabu-dabu dan sambal roa, sampai kudapan gurih seperti panada, sampai penganan tradisional sebut saja lalampa. Tidak hanya itu, Teman Traveler pun bisa menjajal yang bercitarasa manis di kota ini. Wajib masuk dalam deretan camilan manis Manado yang perlu diburu saat liburan. Apa saja, ya?

Apang Coe

Apang Coe via Instagram @milasyifa
Apang Coe via Instagram @milasyifa

Camilan manis Manado yang tentunya sudah tidak asing lagi ini terbuat dari tepung beras,s antan, dan gula merah. Apang coe memiliki cita rasa manis dengan tekstur lembut. Keistimewaan apang coe terletak pada tempatnya yang terbuat dari daun pandan. Tidak heran kalau camilan ini memiliki bau harum.

Kue Ku

Kue Ku via Instagram @waroeng_woka
Kue Ku via Instagram @waroeng_woka

Camilan manis Manado dengan tekstur kenyal karena penggunaan tepung ketan ini memiliki cita rasa manis karena isinya menggunakan kacang hijau yang dicampur gula merah. Terkadang ditambah bawang goreng untuk memberi aroma serta rasa gurih. Ciri khas kue ku yaitu beralaskan daun pisang atau daun pandan. Keistimewaan lainnya adalah berkat warnanya yang merah serta teksturnya lengket biasanya disajikan juga saat tahun baru China alias Imlek.

Kue Kelapa

Kue Kelapa via Instagram @mr.tandaju
Kue Kelapa via Instagram @mr.tandaju

Kue kelapa atau biasa disebut kukis kelapa ini merupakan camilan manis yang bisa Teman Traveler temukan ketika berada di Manado. Terbuat dari bahan-bahan sederhana diantaranya tepung terigu, gula halus, mentega, dan lainnya. Berkat cita rasa perpaduan manis dan gurih dengan tekstur ringan, tidak salah kalau camilan manis Manado ini dijadikan pilihan untuk bersantai sekalian didampingi teh hangat.

Brudel

Brudel Manado
Brudel Manado via Instagram/@brudel_house

Camilan manis Manado satu ini dipengaruhi oleh budaya Belanda, brudel merupakan roti namun memiliki tekstur seperti cake berkat penggunaan ragi pada adonannya. Berbahan dasar tepung terigu, penganan manis ini biasanya bertabur parutan keju dan kismis. Menikmati brudel lebih syahdu dengan mencelupkan sedikit potongannya ke dalam kopi panas.

Biapong

Biapong via Instagram @ruannaroberta
Biapong via Instagram @ruannaroberta

Biapong atau disebut juga bakpao Manado merupakan camilan yang dipengaruhi oleh budaya Tionghoa. Terbuat dari tepung terigu, dengan beragam isian diantaranya adalah temo alias kacang hitam, campuran gula aren dengan kelapa parut, maupun daging babi. Bagian bawah biapong umumnya dialasi daun pisang, lalu bagian luar camilan ini diolesi minyak kelapa agar mengilat. Biapong terasa lebih nikmat jika ditemani oleh segelas kopi susu.

Klappertaart

Klappertart via Instagram @omadinhappyklappiemanado
Klappertart via Instagram @omadinhappyklappiemanado

Tidak hanya brudel, camilan manis Manado satu ini pun merupakan pengaruh dari budaya Belanda. Klappertart merupakan makanan pencuci mulut alias dessert yang berbahan dasar tepung terigu, kelapa parut, susu, mentega, dan telur. Klappertart memiliki tekstur perpaduan puding dengan bubur, langsung lumer begitu dikunyah. Kini sudah banyak macam rasa klappertart, diantaranya keju dan cokelat.

Itulah beberapa camilan manis yang bisa Teman Traveler cicip kalau sedang berada di Kota Manado. Bagi pecinta manis tidak boleh sampai melewatkannya loh. Apakah Teman Traveler termasuk suka dengan kudapan manis?

Tags
Indonesia kuliner kuliner manado Manado Sulawesi Utara
Share