Camilan Khas Papua, Mau yang Manis Sampai Ekstrem Ada!

Jika membahas kuliner dari Papua, selama ini yang kondang adalah papeda. Memang benar, Indonesia bagian Timur ini memiliki banyak makanan yang berasal dari sagu, baik itu kuliner utama ataupun camilannya, dan pantas sekali buat dicoba ya. Buat kamu yang tak ingin menyantap kuliner berat-berat, ada beberapa camilan yang bisa dicoba. Camilan khas Papua apa saja yang bisa dicicip?

Kue Lontar

Kue lontar, via Instagram/foodishpedia
Kue lontar, via Instagram/foodishpedia

Saat dilihat sekilas, kue lontar akan mirip sekali dengan pie susu dari Bali. Namun kebanyakan memiliki ukuran besar. Pada mulanya, camilan manis ini diberi nama dengan rontart, namun karena sulit diucapkan akhirnya disebut menjadi kue lontar. Citarasanya manis dan gurih, biasanya disajikan untuk menyambut hari raya Idul Fitri. Bahan-bahan pembuatan kue ini antara lain tepung terigu, margarirn, susu, dan vanili. Sudah bisa membayangkan rasanya yang enak lumer di mulut?

Martabak Sagu

Martabak sagu, via Instagram/icipiniki
Martabak sagu, via Instagram/icipiniki

Selanjutnya ada martabak sagu yang berasal dari Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Citarasanya didominasi manis dan gurih. Bahan utama pembuatan kuliner ini adalah sagu yang dihaluskan lalu digoreng dan diberi gula aren atau merah. Untuk masyarakat Papua, sajian ini biasanya jadi penyambut tamu masyarakat. Buat kamu yang selama ini suka dengan martabak, bisa dicoba jika jalan-jalan ke Papua ya.

Kue Bagea

Bagea kenari, via Instagram/evsanelle
Bagea kenari, via Instagram/evsanelle

Ada lagi yang terbuat dari sagu, namanya adalah kue bagea. Tekstur kue ini keras, karena merupakan perpaduan dari tepung sagu dan kenari. Awalnya, kue ini dikemas memanfaatkan daun kering, dan dibawa sebagai oleh-oleh. Namun belakangan dikemas dalam tempat lainnya. Untuk membuatnya lumer, biasanya disantap dengan teh hangat ataupun kopi.

Ulat Sagu

Ulat sagu, via Instagram/lymahlulong
Ulat sagu, via Instagram/lymahlulong

Satu lagi camilan khas Papua yang bisa dibilang ekstrem, yakni ulat sagu. Tampilannya memang menjijikkan, namun berdasarkan para penggemarnya, makanan ini memiliki rasa yang enak. Bisa dimakan mentah ataupun juga diolah. Nutrisi di dalamnya begitu banyak, ada protein, asam glutamat, lisin, tirosin, dan lain-lain. Bagi yang ingin uji keberanian diri, ulat sagu ini bisa dikudap ya.

Itulah rekomendasi camilan khas Papua yang bisa kamu coba saat jelajah ke sana. Ada yang manis, gurih, dan unik. Gimana nih, mau coba yang mana?

Tags
Camilan khas Papua Indonesia kudapan khas Papua
Share