Ragam Camilan Khas Madura Ini Rasanya Juara, Harus Coba!

Destinasi wisata di Madura, seperti Bukit Jaddih, mulai banyak mendapat tempat di hati para traveler. Bukit kapur dengan kolam di bagian tengahnya ini, jadi primadona baru di pulau yang terkenal dengan Karapan Sapinya tersebut. Dan, berkunjung ke suatu tempat, tidak lengkap tanpa jajan kuliner aslinya. Iya, kan? Khusus yang suka jajan, ragam camilan khas Madura berikut ini harus dicoba! Mereka punya rasa yang unik dan juara. Apa saja kah itu? Berikut ulasannya!

1. Sewel, Cireng Khas Madura dengan Bumbu Petis

Sewel, Cireng Khas Madura yang Rasanya Nagih
Sewel, Cireng Khas Madura yang Rasanya Nagih via Instagram/ellizatinny

Jalan ke Bangkalan, Teman Traveler harus coba Sewel. Dari bahan pembuatannya, camilan khas Madura yang satu ini, mirip dengan Cireng. Bedanya, Sewel biasa dicampur dengan udang. Agar lebih lezat, Sewel harus disantap dengan bumbu rujak atau petis. Teksturnya yang unik; kenyal di dalam dan garing di luar, dijamin bikin ketagihan. Jajanan ini menjadi salah satu yang digemari saat Ramadhan tiba. Terutama sebagai hidangan buka puasa.

2. Kue Sadru, Terbuat dari Kacang Hijau dan Gula

Kue Satru Khas Madura yang Terbuat dari Kacang Hijau
Kue Satru Khas Madura yang Terbuat dari Kacang Hijau via Instagram/snack_leonard

Kue Sadru, merupakan camilan tradisional khas Madura yang terbuat dari kacang hijau dan gula. Kacang hijau yang sudah disangrai dan dihilangkan kulitnya, ditumbuk hingga halus. Selanjutnya, campur dengan gula, perasa vanila dan sedikit air. Baru, adonan tersebut dicetak dan dipanggang. Pembuatan Kue Sadru yang lumayan lama ini, dapat membuatnya awet tanpa pengawet. Sehingga Teman Traveler bisa membawanya pulang untuk dijadikan oleh-oleh.

3. Sarikoyo, Sajian Berbeda dari Roti Tawar

Sarikoyo atau Sarkoyo, Kudapan Manis Khas Madura untuk Buka Puasa
Sarikoyo atau Sarkoyo, Kudapan Manis Khas Madura untuk Buka Puasa via Instagram/mdlifa77

Masyarakat Bangkalan, tidak akan asing dengan camilan khas Madura yang satu ini. Namanya Sarikoyo atau biasa juga disebut Sarkoyo. Ia terbuat dari roti tawar yang dicampur dengan telur, santan serta susu. Dari bahan pembuatannya, kuliner ini persis Kopyor. Rasanya yang manis dan gurih, sekaligus mengenyangkan membuat kuliner ini banyak diburu sebagai hidangan pembuka saat Ramadhan tiba.

4. Jajan Kue Apen, Enak dan Mengenyangkan

Kue Apen Madura, Lebih Enak Disantap dengan Saus Santan Kental
Kue Apen Madura, Lebih Enak Disantap dengan Saus Santan Kental via Instagram/yeptirani

Kue Apen atau Apem di Pulau Jawa, merupakan camilan khas Madura yang juga punya rasa juara. Teksturnya lembut karena terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Biasanya, kue ini dimakan bersama saus santan kental yang dibumbui gula merah dan daun pandan. Persis surabi, tetapi apem.

Camilan khas Madura, dari manis sampai asin, sama-sama punya rasa yang juara. Setelah kenyang dengan satenya, lanjut nyemil kue-kue ini, liburan Teman Traveler ke Madura akan lebih sempurna! Bagaimana, yang mana nih favoritmu?

Tags
camilan khas madura Indonesia kuliner pulau madura
Share