5 Camilan Enak ini Ternyata Berasal dari Bandung, Mana Favoritmu?

Belakangan jajanan dari Thailand tengah menguasai pasar kuliner di Indonesia. Sebut saja mango sticky rice hingga thai tea. Pun demikian, camilan enak khas Nusantara masih difavoritkan. Seperti di bawah ini yang ternyata berasal dari Kota Kembang. Penasaran apa saja camilan dari Bandung yang enak dan tak tergantikan ini? Simak, yuk!

1. Seblak

seblak
seblak via instagram/@bellyculinary

Pecinta makanan pedas pasti tak asing lagi dengan seblak. Yap, jajanan ini kini makin bervariasi karena dikombinasikan dengan bahan lain seperti ceker, sayap hingga kepala ayam. Bahkan, ada yang menyajikannya dengan mie serta bakso. Nah, jajanan enak yang memiliki tekstur gurih dan pedas ini juga berasal dari Bandung. Namun, ada juga yang menyebut jika asalnya dari daerah Sumpiuh di Jawa Tengah.

seblak bandung
seblak bandung via instagram/@icha_marcella

2. Cimol

cimol
cimol via instagram/@dhikanov

Nah, siapa yang tak kenal dengan jajanan sekolahan yang enak banget ini? Cimol merupakan salah satu dari banyaknya jajanan yang juga berasal dari Bandung. Jajanan ini terbuat dari ketan kanji yang dibentuk bulat-bulat. Penjualnya lebih banyak menjajakan dagangannya di pinggir jalan. Kebanyakan mereka menggoreng cimol dadakan, agar rasanya makin nendang karena dimakan saat hangat.

cimol bandung
cimol bandung via instagram/@bandungfoodsociety

3. Surabi

surabi
surabi via instagram/@menahanlapar

Jajanan yang juga dikenal dengan nama serabi ini memang bisa ditemukan di banyak daerah. Namun, ternyata ada beberapa yang memiliki perbedaan. Seperti surabi yang berasal dari Kota Kembang. Jajanan pasar ini ada dua jenis yaitu surabi manis dan asin. Untuk surabi manis menggunakan kinca atau gula merah cair. Sedangkan yang asin ditaburi oncom berbumbu di atasnya. Belakangan surabi makin banyak macamnya, bahkan ada yang diberi topping aneka warna. Namun, cara memasaknya masih sama, yaitu dimasak dengan tungku.

surabi bandung
surabi bandung via instagram/@pedesgemez

4. Cilok

cilok
cilok via instagram/@visitsurakarta

Selain cimol, jajanan sekolah yang paling difavoritkan adalah cilok. Nah, camilan ini juga berasal dari Bandung yang sebenarnya bernama aci. Karena dicolok dengan tusuk, disebutlah cilok atau aci dicolok. Sebenarnya, cilok yang enak menggunakan bahan daging cincang yang dicampur dengan tapioka. Namun, beberapa penjual mengurangi takaran daging karena harganya yang mahal. Pun demikian, rasanya tetap juara. Apalagi jika ditambah bumbu sambal kacang, kecap dan saus. Mantap banget.

cilok bandung
cilok bandung via instagram/@jogjabikinlaper

5. Cireng

cireng
cireng via instagram/@bociblitar

Jika cilok berarti aci dicolok, cireng juga punya kepanjangan. Apalagi kalau bukan aci goreng. Nah, cireng merupakan makanan ringan khas Bandung yang sangat populer di daerah Priangan. Konon, awal kemunculannya sudah ada sejak era 80-an. Bahannya masih sama menggunakan tepung kanji, terigu, dan beberapa bumbu lainnya. Siapa sangka, camilan dari Bandung yang satu ini kini terkenal di banyak kota. Bahkan, ada juga cireng yang dijual secara online.

cireng bandung
cireng bandung via instagram/@rositadisiBekal

Nah, itulah camilan dari Bandung yang tetap difavoritkan meski banyak makanan luar yang hits di tanah air. Bagaimana, dari kelima jajanan di atas, mana nih favorit kamu?

Tags
Bandung Indonesia Jawa Barat kuliner bandung
Share