Camilan Asal Kalimantan Selatan, Sekali Cicip Langsung Ketagihan

Jalan-jalan ke Kalimantan Selatan, banyak tempat wisata kondang yang bisa jadi destinasi. Mulai dari Jembatan Barito, Pasar Terapung, Makam Batu, dan lain sebagainya. Tentu saja, jangan lupa untuk mencicipi berbagai kulinernya, termasuk camilan. Nah, berikut ini akan diberikan camilan asal Kalimantan Selatan.

Manday

Camilan manday, via foto istimewa
Camilan manday, via foto istimewa

Camilan pertama yang bisa kamu coba saat plesir ke Kalimantan Selatan ada yang namanya manday. Ini merupakan kudapan yang berbahan dasar kulit cempedak atau yang disebut sebagai tiwadak bagi masyarakat Kalimantan Selatan. Mandy ini umumnya diolah dengan cara digoreng, namun ada juga yang dibakar. Biasanya ditambah dengan bumbu rempah supaya rasanya makin menggugah.

Apam Batil

Apam batil, via Instagram/shahrizky
Apam batil, via Instagram/shahrizky

Selanjutnya ada apam batil yang banyak ditemukan di Banjarmasin. Bahan utama pembuatan camilan ini adala tepung beras. Proses pembuatanya hampir mirip dengan kue serabi, Bandung dengan menggunakan tungku. Biasanya dimakan dengan tambahan kuah gula merah. Paling enak dikudap saat masih hangat, enak dan mengenyangkan.

Bingka Kalimantan

Bingka kalimantan, via Instagram/makangenic
Bingka kalimantan, via Instagram/makangenic

Kudapan lain yang bisa dicoba ada bingka. Citarasanya manis dengan tekstur lembut. Tidak jauh beda dengan yang berada di tempat lainnya, bahan utama pembuatan bingka di sini adalah tepung terigu yang dikombinasikan dengan telur, santan, gula pasir dan tak ketinggalan garam. Cara pengolahannya dipanggang dengan menggunakan cetakan bentuk bunga. Rasanya antara lain tapi, pandan, kentang, dan juga labu.

Dodol Kandangan

Dodol kandangan, via Instagram/meny_sa
Dodol kandangan, via Instagram/meny_sa

Ada lagi namanya dodol kandangan yang bisa kamu santap. Ini merupakan camilan yang berasal dari Kandangan, Kalimantan Selatan. Rasanya beragam, ada stroberi, rumput laut, durian, dan lain-lain. Buat kamu yang suka camilan manis, dodol kandangan bisa dicoba. Jadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah juga tidak masalah.

Bagaimana Teman Traveler, apakah sudah ada yang pernah dicoba camilan asal Kalimantan Selatan sebelumnya?

Tags
camilan asal Kalimantan Selatan Indonesia Kalimantan Selatan
Share