Jalan-jalan ke Singapura? WASPADAI Penyakit Cacar Monyet yang Sedang Mewabah!

Singapura sekarang sedang dihebohkan kasus monkeypox (MPX) atau cacar monyet. Hal tersebut menjadi momok baru bagi warga Singapura sendiri dan para pendatang. Padahal, seperti yang kita ketahui bersama, Singapura merupakan salah satu destinasi wisata luar negeri yang sering dikunjungi warga Indonesia. Buat Teman Traveler yang berencana jalan-jalan ke Singapura, yuk ikuti ulasan selengkapnya.

Cacar Monyet Ditemukan di Singapura

Monyet sebagai salah satu primata, via Shutterstock
Monyet sebagai salah satu primata, via Shutterstock

Sebagai informasi, penyakit ini ternyata pertama kali dibawa oleh seorang warga negara Nigeria berusia 38 tahun yang tiba di Singapura pada 28 April 2019. Warga Negara Nigeria tersebut diketahui positif mengidap cacar monyet pada 8 Mei 2019.

Pria tersebut langsung dibawa ke ruang isolasi Pusat Nasional Singapura untuk Penyakit Menular dan kondisinya dikabarkan stabil. Sementara itu untuk mencegah penyebaran cacar monyet lebih lanjut, sebanyak 22 dari 23 orang yang telah teridentifikasi melakukan kontak fisik dengan WN Nigeria tersebut langsung dikarantina.

Ancaman Menjalar ke Indonesia, Batam

Batam sebagai salah satu pintu gerbang menuju ke Singapura juga turut waspada. Pihak Kepala DInas Kesehatan Kota Batan mempersiapkan alat sebagai tindakan antisipasi supaya penyakit yang tengah mengancam Singapura tersebut menjalar ke Indonesia.

Alat tersebut bisa digunakan memindai suhu setiap warga negara Indonesia atau asing yang baru masuk ke Batam. Jika ditemukan positif akan langsung diisolasi di RS Badan Pengusahaan Batam atau RS Umum Daerah Embung Fatimah.

Mengenai Penyakit Cacar Monyet

Ilustrasi Cacar onyet, via Shutterstcok
Ilustrasi Cacar onyet, via Shutterstcok

Terkait penyakit ini sendiri, merupakan jenis penyakit langka yang disebabkan oleh virus yang ditularkan pada manusia melalui primata, terutama di kawasan Afrika Tengah dan Afrika Barat. Ada dua periode infeksi, pertama Invasi dan yang kedua Erupsi Kulit.

Pencegahan yang bisa dilakukan adalah menghindari kontak dengan tikus dan primata, batasi mengonsumsi daging yang tak dimasak dengan benar. For your information nih, cacar monyet ini belum ada perawatan ataupun vaksin khusus, jadi berhati-hati dan waspada saat traveling.

Penyakit Primata Lain yang Menyerang Manusia

Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kasus kematian yang diakibatkan cacar monyet ini antara satu sampai 10 persen, dan sebagian adalah kelompok usia dini. Tidak hanya cacar monyet saja yang mengintai, ada beberapa jenis penyakit primata lain yang bisa menyerang manusia. Beberapa contoh penyakitnya antara lain HIV yang bisa ditularkan simpanse, herpes B, demam Zika dan deman kuning.

Karena merupakan penyakit yang bisa dibilang cukup berbahaya, waspada saat sedang jalan-jalan ke Singapura ya. Ramah boleh, namun batasi kontak fisik dengan orang yang baru dikenal.

Tags
antisipasi cacar monyet cacar monyet Luar negeri Singapura
Share