Butik Capsule Hostel, Pilihan Tempat Bermalam Sempurna Saat Traveling ke Malang

Reksita Wardani

Reksita Wardani

On Akomodasi
Butik Capsule Hotel Butik Capsule Hotel

Staycation di hostel kini menjadi salah satu tren traveling yang banyak diminati oleh traveler. Nah, bagi Teman Traveler yang berencana untuk berlibur di wisata Malang 2019, tidak ada salahnya untuk mencoba menginap di Butik Capsule Hostel yang disebut-sebut sebagai hostel kapsul pertama di Kota Malang.

Lalu, apa sih uniknya dari akomodasi ini? Berikut penurutan dari Kontributor Travelingyuk, Reksita Wardani yang bermalam di hostel kapsul ini pada 23 – 25 Agustus 2018 lalu.

1. Lokasi Strategis, Berada di Pusat Kota Malang

Masjid Jami Malang (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Masjid Jami Malang (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Apa hal pertama yang Teman Traveler pertimbangkan saat memilih tempat bermalam di Malang? Jika pertimbangan utamanya adalah masalah lokasi, maka Butik Capsule Hostel bisa masuk ke top list hostel pilihanmu. Dibuka sejak 5 September 2015 lalu, hostel ini berlokasi di Jalan WR Supratman No.2 L, Kota Malang, Jawa Timur. Sangat strategis bagi Teman Traveler yang menggunakan transportasi Kereta Api untuk menuju ke Malang.

Berdasarkan penelusuran kontributor Travelingyuk menggunakan Google Maps, hostel kapsul ini hanya berjarak sekitar 1,8 km dari Stasiun Malang Kota Baru. Bisa ditempuh sekitar 4-6 menit menggunakan kendaraan pribadi. Sementara untuk menuju ke Alun-alun Merdeka Malang dan Masjid Jami hanya perlu menempuh perjalanan sekitar 10 menit dari hostel.

2. Mematok Harga Murah Meriah

Ruang terbuka di lantai 2 (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Ruang terbuka di lantai 2 (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Butik Capsule Hostel mematok harga yang bersahabat. Untuk menginap di sini hanya perlu menyiapkan sekitar Rp90.000 per malam saat weekday dan sekitar Rp100.000 per malam saat weekend. Tidak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berebut untuk menginap di hostel ini. Menurut penuturan pemilik hostel, tidak sedikit wisatawan yang terpaksa harus ditolak karena semua ranjang sudah terisi. Nah, Teman Traveler yang bermalam di sini, bisa booking melalui berbagai situs online.

3. Menyediakan Fasilitas yang Lengkap

Tempat tidur dormitory (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Tempat tidur dormitory (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Meski menggunakan rumah toko (ruko) dengan dua lantai, Butik Capsule Hostel menyediakan fasilitas lengkap. Lantai pertama difungsikan untuk laki-laki dengan menyediakan 12 ranjang. Sementara di lantai kedua dikhususkan bagi perempuan dengan 20 ranjang. Semua tempat tidur yang tersedia berupa ranjang susun, lengkap dengan gorden tebal.

Kamar mandi dan toilet (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Kamar mandi dan toilet (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Selain itu, hostel ini juga difasilitasi 3 kamar mandi per lantai, 2 toilet per lantai, tempat tidur, handuk, pendingin ruangan, sabun dan sampo gratis, free air minum (termasuk teh, gula, dan kopi), hingga loker untuk menyimpan barang sesuai nomor ranjang masing-masing tamu. Butik Capsul juga meminjamkan hairdryer.

Tak hanya kunci loker, setiap tamu juga diberi access card untuk masuk ke dalam hostel. Di lantai satu tersedia ruang bersama dengan desain minimalis semi outdoor yang cocok untuk bersantai. Sedangkan di lantai dua terdapat ruangan terbuka untuk tempat mencuci perlengkapan makan dan menjemur pakaian.

4. Kebersihannya Terjaga dengan Baik

Ruang Bersama di Lantai Satu
Ruang Bersama di Lantai Satu via instagram/@butikcapsulehostel

Bukan hanya menyediakan fasilitas lengkap, Butik Capsule Hostel juga memastikan seluruh ruangan dalam kondisi bersih. Dalam sehari, setidaknya 2-3 kali sampah di masing-masing lantai akan diambil. Tempat tidur dan selimutnya juga sangat bersih dan wangi. Selain itu, saat memasuki hostel semua tamu juga diminta untuk melepas sepatu dan mengenakan sandal yang sudah disediakan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kebersihan.

5. Dekat Kuliner Populer dan Pusat Oleh-oleh

Hostel di Malang
Hostel di Malang via instagram/@butikcapsulehostel

Butik Capsule Hostel dikelilingi sejumlah tempat makan enak, mulai dari ada warung rujak cingur, kafe dan restoran, hingga kedai Bakso Presiden. Waktu tempuhnya hanya sekitar 30 meter dari hostel. Teman Traveler juga bisa menemukan pusat oleh-oleh khas Malang, yaitu Malang Strudel WR Supratman.

Memiliki lokasi strategis, bersih, nyaman, menawarkan fasilitas lengkap, mematok harga murah memang menjadi daya tarik tersendiri bagi Butik Capsule Hostel Malang. Nah, tunggu apalagi. Yuk, liburan ke Malang.