Fakta Menarik Bus Werkudara yang Mendapat Rekor MURI dari Solo, Super Keren!

Penggunaan transportasi umum sangat membantu untuk mengurangi kemacetan kota, khususnya Solo. Bagi Teman Traveler yang berkunjung ke sini, beragam transportasi untuk keliling kota disediakan dan salah satunya adalah bus tingkat werkudara. Dibalik bus tingkat berwarna merah yang telah beroperasi ini, ternyata memiliki cerita menarik. Langsung aja yuk simak fakta menarik Bus Werkudara!

Satu-Satunya Bus yang Mendapat Rekor MURI

Mendapatkan Rekor MURI
Mendapatkan Rekor MURI via Instagram/christinaa_pm

Bus tingkat werkudara ini merupakan satu-satunya bus tingkat pariwisata kota Solo. Selain itu, bus ini mendapat penghargaan dari rekor MURI karena merupakan transportasi tingkat yang langsung diproduksi oleh Indonesia. Telah beroperasi sejak tahun 2011 lalu, Bus Werkudara banyak menarik perhatian para wisatawan yang ingin berkeliling kota Solo. Bahkan setiap akhir pekan biasanya tiket terjual habis.

Awal Lahirnya Bus Tingkat Werkudara

Sejarah Bus Tingkat Werkudara
Sejarah Bus Tingkat Werkudara via Instagram/nonykamadita

Bus ini berawal dari gagasan Jokowi saat menjabat menjadi Wali Kota Solo. Beliau menginginkan Solo menjadi kota wisata walaupun tidak memiliki obyek wisata alam. Adanya bus ini memang ditujukan untuk menarik minat para wisatawan. Namun gagasan tersebut tidak langsung terealisasi, dan pada saat pengajuan terjadi tarik ulur hingga dua tahun. Lalu di tahun 2011, bus ini lahir tepatnya pada bulan April dan untuk pengambilan namanya, Dinas Perhubungan membuat voting tdak resmi melalui sosial media.

Fasilitas yang Nyaman

Fasilitas yang nyaman
Fasilitas yang nyaman via Instagram/soloevent

Memiliki tinggi sekitar 4,5 meter, Teman Traveler bisa melihat pemandangan kota Solo dari tempat duduk yang berada di atas sambil menghirup udara yang segar. Walaupun solo tidak memiliki objek wisata alam, namun wisata budaya di Solo sangat menarik, terutama Keraton Solo, Lumbung Batik, dan lain-lain. Bus ini sangat nyaman untuk ditumpangi karena menawarkan beberapa fasilitas seperti TV, AC Kursi CIP, dan karaoke. Untuk bagian atas, disediakan kursi plastik yang nyaman dan ada penyedia layanan foto bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momennya.

Bisa Disewa Rombongan

Bisa disewa untuk rombongan
Bisa disewa untuk rombongan via Instagram/soloindonesia

Terdapat dua cara untuk naik Bus Werkudara ini. Cara pertama adalah individu, di mana bus ini hanya akan membawa beberapa jumlah orang untuk sekali perjalanan dan biaya yang dikeluarkan hanya sekitar Rp20.000. Cara kedua adalah rombongan atau beramai-ramai. Bus bisa disewa untuk harian. Harga dipatok mulai dari Rp800 ribu selama tiga jam dan bus mampu menampung sebanyak 50 hingga 60 orang. Tersedia juga empat paket tur dengan berbagai rute pilihan.

Wah, sekarang jadi tahu harus naik apa nih untuk kelililng kota Solo. Nggak perlu nyetir sendiri, sudah ada Bus Werkudara yang memanjakan dan nyaman. Bagaimana, Teman Traveler ada yang sudah mencoba juga?

Tags
Akomodasi Bus Bus Werkudara Indonesia Jawa Tengah Solo Surakarta transportasi
Share