Viral di Sosmed, Keliling Dengan Bus Tayo di Sukoharjo Dapat Bonus Pemandangan Taman Pakujoyo

Advertisement

Siapa yang tak kenal dengan karakter kartun berupa bis kecil ramah satu ini? Yap, jawabannya adalah Tayo. Sempat memenuhi trending topik di berbagai sosial media, nyatanya Teman Traveler bisa menemui Bus Tayo di Sukoharjo. Juga sempat viral, adanya bus ini mendapat respon positif dari masyarakat. Seunik apa sih kendaraan yang satu ini? Kita kulik bareng-bareng yuk!

Bentuknya yang Persis

Bentuknya persis
Bentuknya persis via Instagram/lumbungpangansolo

Havid Danang yang menjabat sebagai Lurah di Kecamatan Gayam menyatakan bahwa bus ini terinspirasi dari kartun Tayo The Little Bus asal Korea Selatan. Sebelumnya, beliau sudah memiliki ide untuk membuat kereta wisata di Taman Pakujoyo. Namun karena karakter tersebut sempat viral di media sosial ia mengarahkan untuk membuat bus tayo. Nama tersebut diambil karena merupakan akronim dari Taman Pakujoyo. Pengambilan nama tersebut juga mempermudah warga agar lebih diingat. Dalam membuatnya, Havid menggandeng seorang pengusaha di bidang pariwisata dan perbengkelan.

Wahana Wisata di Taman Pakujoyo

Taman Pakujoyo
Taman Pakujoyo via Instagram/solonyaman

Taman Pakujoyo sendiri merupakan ruang terbuka hijau (RTH) yang bisa diakses untuk umum. Merupakan bekass lahan tanah kas desa dengan luas 4.371 meter persegi, dulunya kawasan ini tidak bisa dikelola secara maksimal. Hal tersebut dikarenakan lahan selalu terendam air dan punya tingkat kesuburan yang rendah. Sekarang taman ini telah dialihfungsikan sebagai RTH. Memiliki konsep taman edukasi dan ramah anak, Teman Traveler bisa menemukan taman lalu lintas di sini. Selain itu, Taman Pakujoyo juga dilengkapi dengan food court, kolam pemancingan, dan wahana bebek kayuh.

Memiliki Trek Khusus

Punya trek khusus
Punya trek khusus via Instagram/solonyaman

Berfungsi sebagai wahana pariwisata, Bus Tayo di Sukoharjo ini melewati jalur khusus yang telah dibuat agar tidak bersinggungan dengan kendaraan lainnya. Havid, sudah mengundang seluruh ketua RT untuk menyepakati bersama tentang adanya jalan yang dilalui bus tersebut. Tak perlu takut, karena untuk keamanan dan keselamatan bus ini telah melewati uji lapangan. Penumpang juga akan disajikan dengan pemandangan taman yang asri dan persawahan hijau nan sejuk itu.

Tarif yang Murah

Tarif yang murah
Tarif yang murah via Instagram/lumbungpangansolo

Bus tingkat berwarna merah yang terdiri dari dua lantai ini dapat menampung penumpang sebanyak 30 orang dan di lantai dasar bisa menampung 20 orang sekaligus. Jika ingin melihat pemandangannya lebih jelas lagi, Teman Traveler bisa mencoba untuk duduk di lantai dua. Ingin merasakan sensasi menaiki karakter kartun ini? Penumpang hanya akan ditarik biaya sebesar Rp5.000 untuk sekali naik. Bus beroperasi setiap hari mulai dari jam 08.00 pagi hingga pukul 19.00 malam.

Nah, Bus Tayo di Sukoharjo ini merupakan salah satu cara agar meningkatkan pariwisata, khususnya bagi Taman Pakujoyo. Berbagai transportasi unik ini bisa Teman Traveler coba. Jadi, sudah punya rencana untuk mencoba menaiki bus ini?

Advertisement
Tags
Akomodasi akomodasi jogja bus jogja bus tayo Indonesia Jogja Sukoharjo
Share