Asyiknya Keliling Malang Gratis Naik Bus Macyto

erny kusumawaty

erny kusumawaty

On Indonesia
Keliling Malang naik Bus Macyto Keliling Malang naik Bus Macyto

Ingin jalan-jalan gratis keliling Malang? Jangan lewatkan asyiknya naik Bus Macyto. Bus tingkat mirip double decker ala Inggris ini siap membawa Teman Traveler keliling Kota Bunga secara gratis alias bebas biaya. Tak perlu merogoh kocek, karena ini memang fasilitas resmi dari Pemerintah Kota Malang.

Lantas, ke mana saja rute Bus Macyto dan tempat apa yang bisa Teman Traveler kunjungi? Yuk, simak bersama penjelasan saya berikut ini.

Bus Unik Bertingkat

Bus Macyto siap keliling Malang (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Malang belakangan terus menyibukkan diri dengan bersolek dan berbenah. Keindahan beberapa sudut kota terus dijaga, beberapa taman tematik dibangun sebagai ruang terbuka publik. Asyiknya lagi, masyarakat kini bisa menikmati indahnya Malang dengan berkeliling naik Bus Macyto, transportasi unik tak berbayar.

Macyto sendiri merupakan singkatan dari Malang City Tour. Total pemerintah kota menyediakan dua unit bus berwarna hijau ini. Keduanya sudah beroperasi sejak empat tahun lalu dan hingga kini terus menarik perhatian masyarakat. Kendaraan yang sanggup mengangkut hingga 40 penumpang ini juga kerap jadi kebanggaan warga Malang.

Cara Asyik Keliling Malang

Bersiap keliling bersama Macyto (c) Erny Kusumaty/Travelingyuk

Uniknya lagi, tingkat dua Bus Macyto sengaja didesain tanpa atap. Penumpang bisa leluasa melihat pemandangan kota. Meski demikian, keamanan tetap jadi hal utama. Petugas tak pernah lelah mengingatkan ketika bus melewati dahan pepohonan tinggi di pinggir jalan. Penumpang diminta menunduk agar tak sampai cedera.

Berfoto di bus bagian atas (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Meski tidak berbayar, fasilitas di dalam bus lengkap, lho. Terdapat sabuk pengaman di masing-masing kursi penumpang. Tempat sampah juga tersedia lengkap, sehingga lantai atas dan bawah bus selalu bersih.

Menurut Agung H. Buana, Kepala Promo Wisata Disbudpar Malang, Macyto diadakan untuk membuat wisatawan Nusantara dan mancanegara lebih mengenal Malang. Selain itu tentu saja kehadirannya semakin menambah daya tarik Kota Bunga.

Melewati Tempat Bersejarah

Alun-alun Tugu (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Sembari menikmati pemandangan dari dalam Macyto, petugas akan menjelaskan tiap-tiap tempat yang dilewati. Beberapa di antaranya termasuk kawasan bersejarah dan menjadi cagar budaya. Berawal dari Taman Wisata Rakyat belakang Kantor Pemkot sebagai titik keberangkatan, bus akan bergerak menuju Lapangan Rampal, dilanjutkan ke Wisata Heritage Kayutangan.

Museum Brawijaya di Jalan Ijen (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Sepanjang perjalanan, penumpang juga bisa melihat bangunan tua dengan arsitektur model Belanda seperti SMAK Cor Jesu. Mereka pun bakal dibawa menjelajah kawasan sekitar Alun-alun Malang, Jalan Kawi, Jalan Ijen, putar balik dari Jalan Simpang Balapan menuju Alun-alun kembali, dilanjutkan ke Pasar Besar, Kampung Warna-warni, sebelum akhirnya sampai di titik keberangkatan. Perjalanan akan makan waktu sekitar 70 menit.

Jadwal Bus Macyto  

Kampung Warna-Warni juga dilalui Macyto (c) Erny Kusumawaty/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berminat menumpang Bus Macyto, bisa langsung datang ke Taman Wisata Rakyat. Bagi yang datang bersama rombongan, bisa menghubungi Disbudpar untuk melakukan pendaftaran, mengingat jadwal bus selalu padat.

Bus unik ini melayani perjalanan kelililing Malang antara pukul 09.00 hingga pukul 12.00, hari Senin hingga Jumat. Khusus Sabtu dan Minggu, bus baru beroperasi mulai pukul 09.00 hingga 12.00.

Bagaimana Teman Traveler, berminat berkeliling Malang naik Bus Macyto? Jangan lewatkan selagi berada di Malang. Dijamin liburan kalian bakal berkesan.