Jelajah 7 Bunker di Indonesia, Giliran Sejarah yang Tunjukkan Wajah!

Indonesia, miliki sejarah perjuangan yang panjang. Cerita tersebut tidak luput dari keberadaan Jepang dan Belanda di negeri ini. Bicara mengenai dua negara tersebut, bicara juga tentang peninggalan-peninggalannya. Beberapa bunker di Indonesia berikut ini, jadi saksi keberadaan dua negera itu, sebagian laginya miliki sejarah yang takkalah menarik. Penasaran dengan ulasannya? Lanjutkan membaca ya.

1. Bunker Batujajar, Bandung

Bunker Batujajar via Instagram/ sigotik91

Kota Kembang seolah tidak habis memiliki tempat-tempat menarik untuk dikunjungi. Bunker di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi salah satunya ada di Bandung. Tepatnya ada di sekitar kawasan Batujajar, Kabupaten Bandung. Fungsi utama dari bunker ini sebenarnya adalah tempat penyimpanan berbagai barang-barang milik TNI. Tetapi, kawasan ini cukup banyak dikunjungi karena miliki pemandangan yang bagus. Terutama untuk foto-foto.

2. Bunker Kaliadem, Jogjakarta

Bunker Kaliadem Jogjakarta via Instagram/ merapijeep_86mjtc

Bunker Kaliadem di Desa Kepuharjo, Cangkringan, Jogjakarta merupakan salah satu bunker yang hits di kalangan pemburu liburan. Tempat ini miliki sejarah yang memilukan. Ia dibangun sudah sejak zaman kolonial. Tujuannya adalah sebagai tempat berlindung dari ganasnya letusan Gunung Merapi. Alih-alih menjadi tempat berlindung, kini Bunker Kaliadem lebih berfungsi sebagai salah satu destinasi wisata.

3. Bunder Kedung Cowek, Surabaya

Bunker Kedung Cowek, Surabaya via Instagram/ prasetia_bhayu

Namanya belum begitu familiar? Tidak heran. Sebab, Bunker Kedung Cowek di Surabaya ini baru dioptimalkan sebagai destinasi wisata pada sekitar awal tahun 2018 ini. Menurut Anggota Tim Cagar Budaya dari ITS, Johan Silas, Bunker Kedung Cowek sungguh luar biasa sebab ia satu-satunya bunker di Indonesia yang menghadap pantai. Sembilan bunker dengan panjang 800 meter di pesisir Pantai Nambangan ini dikatakan merupakan benteng dari zaman Jepang. Tertarik?

4. Bunker Jepang, Sabang

Bunker Jepang, Sabang via Instagram/ lyanteyung

Selanjutnya, gimana kalau Teman Traveler terbang ke Sabang?! Sebab, di sini ada salah satu bunker yang takkalah bersejarah. Dikenal dengan nama Bunker Jepang, kawasan ini miliki sejarah yang menarik untuk ditelisik. Berdasarkan cerita, Sabang pada zaman dahulu pernah menjadi basis kemiliteran Jepang, karena itu tidak mencengangkan jika di kawasan ini terdapat banyak bunker. Jadi, sangat sayang jika tidak dikunjungi.

5. Bunker Tjigasong, Majalengka

Bunker Tjigasong atau Goa Jepang di Majalengka via Instagram/ nurbaetimaelani

Teman Traveler dari Majalengka mana suaranya?! Sudah pernah berkunjung ke Bunker Tjigasong/Cigasong atau Goa Jepang? Bunker yang ada di aliran timur Sungai Cibudug, dekat dengan Kompleks Kodim 0617 Majalengka ini diperkirakan dibangun pada masa Perang Dunia I menjelang Perang Dunia II. Meski dibangun pada masa kolonial Belanda, bunker ini lebih banyak digunakan Jepang sebagai pusat pertahanan, persembunyian, perlindungan dan penyimpanan logistik. Bunker Tjigasong juga sempat digunakan oleh para pejuang Indonesia sebagai bangunan pertahanan saat melawan tentara NICA Belanda.

6. Bunker Balaikota Surakarta

Bunker Balaikota Surakarta via Instagram/ ashari.riri

Ditemukan pada 2012 lalu dan selesai direstorasi pada 2017, Bunker Balaikota Surakarta resmi dibuka untuk umum sebagai destinasi wisata pada awal 2018. Menurut juru bicara tim BPCB (Badan Perlindungan Cagar Budaya) Jawa Tengah, bunker di sekitar Kompleks Balaikota Solo tersebut diperkirakan merupakan peninggalan Belanda yang berusia lebih dari 100 tahun. Bunker Balaikota Surakarta difungsikan sebagai tempat berlindung dari gangguan keamanan dan serangan musuh. Keberadaannya masih berkaitan dengan pembangunan Benteng Vasternberg di sekitar Balaikota Solo. Salah satu bunker di Indonesia yang juga menarik untuk dikunjungi.

7. Bunker Manna dan Landasan Meriam Honosuit

Bunker Manna di Bengkulu via Instagram/ jejakanaknusantara

Bunker Manna dan Landasan Meriam Honosuit berada di Taman Remaja, Manna-Bengkulu. Namun, sayang ada beberapa bunker yang sudah terperosok ke dalam laut karena proses abrasi atau longsor. Bunker di kawasan ini merupakan sisa pertahanan zaman pendudukan Jepang di tahun 1942. Di tempat ini, dahulu juga terdapat Meriam Honisuit, sayangnya meriam tersebut dipindahkan ke Bundaran Jalan Raya Padang Panjang, dekat dengan Kantor Bupati Bengkulu Selatan.

Keberadaan beberapa bunker di Indonesia miliki sejarah yang penting bagi perjalanan negeri ini. Mengunjunginya, memberi ruang bagi sejarah untuk menunjukkan wajah. Menyambut Hari Pahlawan pada 10 November 2018 mendatang, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke bunker-bunker tersebut. Setuju?! Jadi, kapan berangkat?!

Tags
bunker di indonesia Indonesia Wisata wisata sejarah
Share