Bumi Kitiran Batu, Hamparan Kincir Cantik Memesona

Ada kabar gembira buat Teman Traveler, terutama kalian yang hobi berfoto ria. Di kawasan Bumiaji, Batu, terdapat destinasi anyar bernama Bumi Kitiran. Baru dibuka pada 18 Agustus 2019 lalu, tempat ini bisa dijangkau dalam waktu 10-15 menit dari pusat kota.

lrm_export_20190819_142212_Hrc.jpg
Wisata Bumi Kitiran (c) Welly Handoko Travelingyuk

Sesuai namanya, Bumi Kitiran tawarkan pemandangan cantik hamparan kincir warna-warni mempesona. Bagaikan berada di negeri dongeng ya, Teman Traveler. Yuk, simak pengalaman saya selama mampir ke wisata Batu terbaru ini.

Rute Menuju Bumi Kitiran

lrm_export_20190819_142438_zYv.jpg
Perjalanan menuju Bumi Kitiran (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Untuk menuju sini dari pusat Batu, langsung saja arahkan kendaraan menuju jalur Karanglo dan menuju kawasan Desa Bumiaju. Ikuti jalan hingga menemukan Balai Pertemuan dengan taman di dekatnya. Tepat setelah balai ini, bakal ada jalanan berbatu alias makadam. Ikuti saja jalur ini dan Teman Traveler akan langsung sampai di Bumi Kitiran.

Jika berangkat dari arah tol Surabaya-Malang, setelah pintu keluar langsung saja lurus menuju Karangploso atau Batu, hingga sampai di Desa Bumiaji. Berikutnya ambil rute sama persis seperti di atas.

lrm_export_20190819_142413_eHx.jpg
Persawahan di sekitar (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Oh ya, karena jalanan menuju sini sedikit berbatu, sebaiknya Teman Traveler ekstra hati-hati. Terutama buat kalian yang menumpang kendaraan roda empat.

Tiketnya Murah Meriah

lrm_export_20190819_141853_Dxt.jpg
Area pintu masuk (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Begitu sampai, Teman Traveler bakal disambut sebuah bangunan sederhana dengan pagar bambu. Di sini kalian bisa membeli tiket masuk, yang dibanderol seharga Rp10.000 saja. Dengan harga semurah itu, kalian sudah bebas menjelajah area di sekitar Bumi Kitiran.

lrm_export_20190819_141953_yNG.jpg
Beberapa peraturan yang berlaku (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sebelum melangkahkan kaki lebih jauh, sebaiknya sempatkan membaca beberapa peraturan yang berlaku di sini. Sebenarnya standar saja sih isinya, seperti menjaga kebersihan dan ketertiban. Namun semuanya dikemas dalam bahasa kocak sehingga bakal memancing tawa Teman Traveler.

lrm_export_20190819_142039_eLs.jpg
Hamparan kincir warna-warni (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berikutnya, Teman Traveler bakal langsung disuguhi perbukitan dengan hamparan warna-warni. Dari kejauhan terlihat seperti ditumbuhi beragam bunga. Namun setelah didekati, corak mencolok tersebut ternyata berasal dari ribuan kincir. Semuanya dibuat dari bahan plastik sejenis melamin.

Bekas Ladang Sayur

lrm_export_20190819_142118_Mft.jpg
Dulunya tempat ini adalah ladang sayur (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Percakapan saya dengan penjaga sekaligus pengurus wisata Bumi Kitiran mengungkap bahwa tempat ini dulunya adalah ladang sayur. Namun kini semua tanamannya sudah berubah menjadi baling-baling plastik warna-warni. Semua ditata begitu rapi, hingga hasilkan pemandangan cantik nan menghipnotis.

Momen indah bakal tercipta ketika angin kencang sedang berhembus di sini. Semua kitiran akan kompak berputar dan hasilkan alunan suara khas. Terdengar begitu syahdu, seolah mengajak kita untuk tersenyum bahagia.

Surga Anyar Pemburu Foto

lrm_export_20190819_142144_IDV.jpg
Berjalan di sekitar (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Kehadiran destinasi anyar ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi para pemburu foto, apalagi mereka yang suka bernasis ria. Lantaran masih relatif baru, biasanya para wisatawan akan berlomba-lomba datang untuk mengambil gambar di sini dan menjadi yang pertama mengunggahnya di media sosial.

lrm_export_20190819_142257_lQl.jpg
Sudah ada beberapa spot (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Sebenarnya sudah ada beberapa spot foto khusus di sini, namun pilihannya belum terlalu banyak. Maklum saja, semuanya masih dalam proses pengembangan. Tapi jangan kecil hati, Teman Traveler bisa berpose di antara ratusan kincir yang ada di sini untuk menghasilkan gambar menarik. Hati-hati ya, jangan sampai menyenggol sembarangan dan membuat kitiran rusak.

Dalam Proses Penyempurnaan

lrm_export_20190819_142340_QHI.jpg
Masih dalam tahap penyempurnaan (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Meski beberapa foto dan videonya sudah berseliweran di media sosial, Bumi Kitiran bisa dibilang masih jauh dari kata selesai. Saat saya berkunjung, nampak beberapa pekerja tengah menyelesaikan proses pembangunan. Ada yang memasang kitiran di beberapa spot, membangun tangga di sela-sela bukit, hingga menyempurnakan sejumlah spot foto.

Menurut petugas yang saya temui, ke depannya jumlah spot foto dan kitiran di sini bakal semakin bertambah. Pengelola juga akan menghadirkan beberapa gazebo ekstra agar pengunjung bisa duduk santai sambil menikmati indahnya kitiran yang ada.

Itulah sedikit pengalaman saya jalan-jalan di Bumi Kitiran. Buat Teman Traveler yang haus akan spot foto dan ingin menjelajah wisata anyar, tempat ini wajib masuk dalam list destinasi akhir pekan kalian. Jangan lupa mampir jika sedang keliling wisata Batu ya. Siapa nih yang tak sabar berpose di sini juga?

Tags
Batu bumi kitiran batu kontributor Travelingyuk wisata batu
Share