Bukit Senyum, Satu Cara Lagi Nikmati Pemandangan Bandung

Dengan segala keindahan dan kuliner memanjakan di tiap sudutnya, tak heran jika Bandung selama ini jadi salah satu kota favorit untuk liburan. Namun bagi yang ingin menikmati keindahan Paris van Java dari sisi berbeda, cobalah mengeksplorasi kawasan bernuansa alam di luar daerah kota. Bukit Senyum salah satunya.

Bukit Senyum terletak di lereng Gunung Burangrang, Desa Cipada, Cikalongwetan, Bandung Barat. Panorama alam yang disajikan sungguh memanjakan mata. Cocok sekali untuk dijadikan sarana melarikan diri sejenak dari ruwetnya kehidupan kota yang serba cepat.

Berawal dari Celetukan

Hutan pinus indah
Hutan pinus indah via Instagram giasf_

Mungkin ada banyak sobat traveler yang mengernyitkan alis saat membaca nama lokasi wisata ini. Ya, nama Bukit Senyum memang tergolong cukup unik. Berbeda dari destinasi lain yang umumnya mengambil nama desa atau kawasan di sekitarnya.

Menurut beberapa sumber, nama senyum berasal dari celetukan seorang petani di Desa Cipada. Menurutnya, orang-orang yang bersusah payah mendaki bukit nantinya akan tersenyum begitu sampai di puncak. Mereka bakal terkesan melihat indahnya panorama alami Bandung dari ketinggian, yang sulit ditemui di tempat lain.

Pemandangan Luar Biasa

Foto dengan latar belakang perkebunan teh
Foto dengan latar belakang perkebunan teh via Instagram rendi.rgunawan29

Dari sisi lokasi, Bukit Senyum cukup mudah ditemukan. Namun memang selama ini keberadaannya jarang diketahui wisatawan lantaran tempatnya cukup tersembunyi. Bagi sobat traveler yang doyan menjelajah alam atau menapaki trek menantang, sangat disarankan datang langsung dan membuktikan keindahan wisata ini.

Begitu sampai di puncak, pemandangan yang tersaji sungguh memanjakan mata. Hamparan bukit hijau terlihat begitu jelas. Deretan pohon pinus berjajar rapi, bersanding apik dengan deretan perkebunan teh. Ditambah lagi panorama Waduk Saguling yang tidak kalah menawan.

Keindahan yang Terjangkau

Pemandangan di puncak bukit
Pemandangan di puncak bukit via Instagram ahmadabdul_jalal

Bukit Senyum termasuk wisata yang terjangkau hampir semua kalangan. Masuk ke destinasi ini, pengunjung hanya perlu merogoh kocek lima ribu rupiah untuk tiket masuk. Bagi yang membawa kendaraan pribadi, harus membayar biaya parkir sebesar tiga ribu (motor) atau lima ribu rupiah (mobil).

Jalan menuju kawasan perbukitan banyak diwarnai trek berliku, tanjakan, dan juga turunan. Disarankan untuk terus waspada selama perjalanan, mengingat belum semua jalan dilapisi aspal. Harus sangat berhati-hati jika ingin berkunjung ke sini, apalagi di musim hujan.

Asyiknya Berswafoto di Perbukitan Sejuk

Hammock di Bukit Senyum
Hammock di Bukit Senyum via Instagram agungimamnursalam

Sejuknya hawa Bandung bakal sangat terasa di Bukit Senyum. Maklum saja, lokasinya berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Kualitas udaranya juga jauh lebih bagus dibanding kawasan perkotaan, sangat bagus untuk paru-paru dan memberikan atmosfer menenangkan.

Pemandangan dari gardu pandang
Pemandangan dari gardu pandang via Instagram ganifauzi

Tak cuma menikmati hawa sejuk dan pemandangan Bandung dari ketinggian, pengunjung juga bisa menghasilkan banyak foto menarik di Bukit Senyum. Pengelola sudah menyediakan beberapa titik swafoto unik yang pantang dilewatkan. Ada jembatan kayu dengan latar belakang Waduk Saguling, hammock warna-warni, dan juga gardu pandang.

Itulah tadi sedikit gambaran mengenai keindahan dan daya tarik Bukit Senyum, wisata yang menawarkan indahnya panorama alam dari ketinggian. Bagi sobat traveler yang masih bingung hendak menghabiskan waktu ke mana selama berada di Bandung, tempat ini bisa menjadi alternatif yang bagus.

Tags
Bandung Wisata
Share