Bukit Pergasingan, Cumbui Awan di Langit Lombok

Butuh waktu sejenak melepas diri dari rutinitas? Salah satu tempat terbaik yang bisa dituju untuk liburan adalah Lombok. Ada sejumlah spot bagus yang pantang dilewatkan di Pulau Seribu Masjid. Salah satunya adalah Bukit Pergasingan.

Bukit Pergasingan termasuk wisata yang sedang hits, baik di kalangan wisatawan asing maupun lokal. Lantas seperti apa pesona kecantikan wilayah ini sesungguhnya? Yuk simak penuturan lengkap dari kontributor Travelingyuk, Venicka Arlia Putriana.

Alternatif Gunung Rinjani

Pemandangan di atas Pergasingan
Pemandangan di atas Pergasingan via Instagram id_pendaki

Rutinitas seharian yang kadang membosankan membuat sebagian orang memilih pelarian traveling beberapa tempat baru. Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi tempat ideal untuk mencoba keluar dari zona nyaman dan mendapat pengalaman serta teman-teman baru.

Banyak destinasi menarik menanti di Lombok, salah satunya Gunung Rinjani. Namun bagi yang belum berpengalaman trekking atau malas mendaki terlalu tinggi, tak perlu khawatir. Wisata ke Bukit Pergasingan juga menawarkan pemandangan yang tak kalah keren.

Jalan menuju Bukit Pergasingan

Pepatah lama mengatakan ada banyak jalan menuju Roma. Demikian pula dengan jalur menuju Bukit Pergasingan. Berdiri kokoh dengan ketinggian 1600 mdpl, bukit ini terletak di Desa Sembalun, Lawang, Lombok Timur. Dari pusat kota Mataram, bisa dicapai dengan jalur darat dengan estimasi waktu kurang lebih tiga jam.

Selain akses lokasi yang mudah, pengunjung juga hanya perlu merogoh kocek sebesar 10 ribu rupiah untuk masuk wilayah Bukit Pergasingan. Hal lain yang perlu dipersiapkan adalah kesehatan, perlengkapan kemping, dan jangan lupa berdoa.

Berkemah di ketinggian

Pendaki di Puncak Pergasingan
Pendaki di Puncak Pergasingan via Instagram odekta.naibaho

Mencapai puncak Bukit Pergasingan membutuhkan waktu kurang lebih dua jam. Namun lebih baik jika pengunjung memulai perjalanan di pagi hari. Meskipun pendakian di sini tergolong soft tracking namun ada juga beberapa titik dengan kemiringan hampir 70 derajat.

Selama perjalanan pun pelanncong akan dibuat takjub dengan pemandangan indah dari desa Sembalun. Petak sawah yang berwarna-warni berjejer rapi, menciptakan nuansa magis di ketinggian.

Begitu sampai, wisatawan bisa mulai mendirikan tenda dan mempersiapkan segala kebutuhan logistik. Area perkemahan bisa menampung kira-kira seratus tenda, jadi tidak perlu takut kesepian. Asyiknya lagi, di Bukit Pergasingan pengunjung bisa menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam sekaligus tanpa berpindah tempat.

Keseruan di puncak Pergasingan

Sawah warna-warni yang memukau
Sawah warna-warni yang memukau via Instagram localxplore.id

Pemandangan malam di Bukit Pergasingan luar biasa indah. Pengunjung bisa beristirahat sembari menikmati kopi panas atau mendengarkan alunan gitar. Bulan juga terlihat begitu jelas dari tempat ini. Namun jangan lupa membawa jaket, karena suhu di malam hari bisa mencapai 13 derajat celcius.

Saat bangun di pagi hari pengunjung akan merasakan kulit bercumbu langsung dengan kabut dingin. Arakan-arakan rapi awan di langit Lombok terlihat begitu jelas.

Tak perlu takut kehabisan stok air minum atau jika ingin mencuci muka maupun menggosok gigi. Di sekitar kawasan puncak terdapat sumber mata air. Hanya perlu turun sekitar lima menit, namun hati-hati karena jalur di sana lumayan curam.

Paralayang

Paralayang di Pergasingan
Paralayang di Pergasingan via Instagram virallombok

Kecantikan Gunung Rinjani terlihat sangat jelas dari Bukit Pergasingan. Pengunjung bisa mengabadikan momen dengan berfoto-foto atau bahkan melakukan kegiatan menantang adrenalin. Pengelola wisata sekitar menyediakan jasa terbang paralayang, dengan biaya 350 ribu rupiah per orang.

Itulah tadi gambaran mengenai pesona keindahan dan daya tarik Bukit Pergasingan di Lombok. Bagi yang berkunjung, jangan lupa membawa sampah-sampah ke bawah dan selalu berhati-hati saat trekking turun bukit.

Terakhir jangan lupa bersenang-senang, ajak kerabat dekat. Pantang membiarkan jatah waktu liburan berlalu begitu saja tanpa cerita dan momen indah. Selamat berlibur!

Tags
Lombok Wisata
Share