Bukit Merese, Primadona di Lombok Tengah

Setidaknya sekali seumur hidup, Teman Traveler wajib mengunjungi Lombok. Pulau Seribu Masjid simpan segudang pemandangan alam yang benar-benar tiada duanya. Salah satu yang membuat saya begitu terpukau adalah Bukit Merese.

img_02158_wQo.jpg
Pemandangan dari Bukit Merese (c) Rosita/Travelingyuk

Panorama yang disajikan sungguh memikat. Mata seolah tak berkedip sekali memandang. Teman Traveler penasaran? Yuk, simak ulasan saya soal Bukit Merese berikut ini.

Berada di Mandalika

img_0285_HH9.jpg
Kawasan Pantai Tanjung Aan (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler pasti sudah tak asing dengan Bukit Merese. Potret keindahannya sudah kerap mondar-mandir di sosial media. Namun sebelum kita bahas lebih jauh, kalian sudah tahu di mana letak bukit cantik ini?

Jika ada di antara Teman Traveler yang pernah mendengar istilah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di situlah letak Bukit Merese. Secara administratif, destinasi ini masuk wilayah Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Posisinya sejajar dengan barisan pantai cantik di sekitarnya.

img_0295_oAh.jpg
Pemandangan Pantai Seger dari atas bukit (c) Rosita/Travelingyuk

Merese berada tak jauh dari beberapa destinasi populer seperti Pantai Kuta, Tanjung Aan, dan Seger. Jika berangkat dari Mataram, Teman Traveler harus menempuh perjalanan selama kurang lebih satu setengah jam. Namun jika bertolak dari Bandara Internasional Lombok, kalian hanya perlu melintasi jalur sepanjang 26 km atau kurang lebih sejam perjalanan.

Meski tidak terlalu lebar, jalan menuju Merese sudah beraspal mulus sehingga memudahkan akses wisatawan menuju kesini. Teman Traveler tak perlu khawatir bakal melewati medan sulit atau berliku.

Sensasi Mendaki Bukit

img_02698_xlY.jpg
Puncak bukit (c) Rosita/Travelingyuk

Begitu tiba di bukit, Teman Traveler masih harus sedikit berjuang untuk menggapai puncaknya. Dari sana kalian bisa melihat pemandangan yang begitu indah. Nah, untuk mencapai titik ini butuh waktu kira-kira 5-10 menit. Tenang saja, jalurnya tidak terlalu berat kok. Memang cukup menguras tenaga, namun buat kalian yang sudah biasa mendaki gunung seharusnya terasa mudah.

img_02818_j1L.jpg
Pemandangan dari ujung bukit (c) Rosita/Travelingyuk

Begitu sampai di puncak, semua lelah yang mendera plus teriknya
matahari dijamin takkan terasa. Hanya tersisa rasa kagum pada ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Bayangkan saja, sejauh mata memandang Teman Traveler bakal melihat suguhan panorama perbukitan, langit biru, serta pasir putih dan lautan yang begitu jernih.

img_0242_yby.jpg
Lautan terlihat jernih dari atas sini (c) Rosita/Travelingyuk

Setelah musim penghujan pemandangan di Merese bakal tampak lebih cantik dengan corak hijaunya. Selain itu, tempat ini juga memiliki beberapa spot yang wajib Teman Traveler jelajahi.  

Sederet Spot Menarik

img_02288_UiJ.jpg
Pantai tersembunyi (c) Rosita/Travelingyuk

Masih bertanya-tanya mengapa wajib ke Bukit Merese? Setiap sudut tempat ini suguhkan pemandangan berbeda, pastinya bakal bikin Teman Traveler
terpukau. Apalagi letaknya berada di Lombok Tengah, kawasan yang jadi favorit sebagian besar wisatawan.

Meski tidak ditumbuhi pepohonan, hamparan Merese terlihat cantik dengan rerumputan hijau nan asri. Selain itu di balik perbukitan Teman Traveler juga bakal temukan sebuah pantai tersembunyi. Perairan di sekitarnya terlihat sangat jernih.

Puas memandangi lautan, Teman Traveler bisa berjalan menelusuri bukit. Jika beruntung kalian akan bertemu sekawanan kerbau yang sedang digembalakan. Kalian bisa berhenti sejenak dan mengabadikan momen unik tersebut dengan jepretan kamera.

Waktu Terbaik untuk Mampir

img_02668_OfM.jpg
Pemandangan di puncak bukit (c) Rosita/Travelingyuk

Kapan waktu terbaik untuk mampir ke sini? Saran saya sebaiknya Teman Traveler datang pagi atau sore hari. Kalian bisa saksikan pemandangan sunrise maupun sunset yang sangat cantik. Apalagi jika bertandang di musim penghujan, kalian bakal disambut hamparan rerumputan hijau cantik. Jika datang saat musim kemarau, pemandangan tersebut bakal berganti dengan rerumputan coklat yang nampak eksotis.

Itulah sekilas pengalaman saya jalan-jalan di Bukit Merese. Yuk segera wujudkan rencana menjelajah wisata Lombok. Selamat berakhir pekan Teman Traveler. 

Tags
Bukit Merese kontributor Lombok Travelingyuk wisata lombok
Share