Bukit Kukusan, Wisata Alam yang Indah di Pemalang

Advertisement

Pemalang berada di pesisir Pulau Jawa dan dilewati oleh Jalur Pantura. Posisinya juga strategis, maka tidak heran jika sektor pariwisata mendapat sorotan dari pemerintah setempat. Kamu yang lelah karena perjalanan dari ibukota bisa mampir untuk beristirahat dan mendingingkan pikiran di Bukit Kukusan sebelum masuk ke Pekalongan dan Semarang. Seperti apa ya keindahannya? Simak ulasan di bawah ini.

1. Tempat Melihat Gagahnya Gunung Slamet

Bukit Kukusan [image source]
Bukit Kukusan bisa kamu ibaratkan dengan Puncak Paralayang di Gunung Banyak, Kota Batu atau juga daerah setenar Kalibiru andalah wisata Jogja. Memang setelah sampai di atas bukit, kamu akan dihadapkan pada hamparan lembah dan pemukiman di kejauhan. Dominasi warna hijau dari alam tentu sangat memanjakan. Spot ini juga berfungsi sebagai pos pengamatan Gunung Slamet, jadi kemu bisa melihat gagahnya gunung setinggi 3.428 mdpl tersebut dengan jelas saat cuaca cerah.

Bukit Kukusan [image source]

2. Indah Siang dan Malam?

Bukit Kukusan [image source]
Saat siang hari, Bukit Kukusan didatangi oleh mereka yang ingin melihat penampakan alam berupa persawahan hingga hutan-hutan di lereng pegunungan. Lalu begitu malam tiba seolah-olah bintang jatuh dan berhamburan di daratan karena cahaya lampu kota menyala dengan terang. Untuk sampai di sini kamu bisa mengambil jalur jurusan Moga Bumijawa Guci, di Desa Gambuhan kecamatan Pulosari.

Bukit Kukusan [image source]

3. Spot Foto Kekinian di Pemalang

Bukit Kukusan [image source]
Saat ini wisata bukit atau gunung sedang populer dan banyak diminati berbagai kalangan terutama generasi muda yang masih semangat melihat tempat baru. Potensi seperti ini tidak disia-siakan oleh pihak di sekitar Bukit Kukusan. Dengan penambahan spot foto seperti gardu pandang dan rumah pohon, pengunjung langsung meningkat. Lhat saja foto di bawah ini, instagram-able banget kan?

Bukit Kukusan [image source]

4. Menikmati Wisata Lain di Pemalang

Curug Sibedil [image source]
Transportasi yang mengarah langsung ke Bukit Kukusan memang susah ditemukan, tapi kamu bisa mengandalkan kendaraan sewaan dan berangkat dari Stasiun Pemalang kemudian menempuh jarak sejauh 48 km atau selama 1,5 jam. Pulangnya bisa menyegarkan pikiran sambil menungang kuda di Bumi Perkemahan Turangga Seta atau menyambangi Curug Sibedil yang jaraknya hanya 6 km dari Bukit Kukusan.

Curug Sibedil [image source]

5. Mengisi Perut dengan Hidangan Enak di Pemalang

Nasi Grombyang H. Warso [image source]
Kegiatan lIburan mulai dari melihat pemandangan di puncak, menunggang kuda hingga merasakan kesejukan air terjun pasti melelahkan. Maka untuk mengobatinya, apalagi yang lebih ampuh daripada mengisi perut. Datanglah ke pusat Kota Pemalang, kamu akan menemukan beberapa pilihan seperti Nasi Grombyang H. Warso (Pelutan) atau Lontong Dekem Pak Drajat (Jl. Mochtar, Kebondalem).

Lontong Dekem Pak Drajat [image source]
Nama tempat : Bukit Kukusan

Lokasi :  Jl. Raya Karangsari – Guci No.6020, Gambuhan, Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah

Sekali lagi, Objek wisata Pemalang punya potensi untuk menarik lebih banyak turis dengan keindahan alamnya. Semoga berbagai pihak bisa semakin memperhatikan, termasuk juga dalam memberikan fasilitas dari akomodasi hingga transportasi agar wisatawan jadi lebih nyaman. Tunggu apa lagi, yuk segera ke Bukit Kukusan.

Advertisement
Tags
Alam pemalang wisata pemalang
Share