Bukit Kapur Arosbaya, Eksotisme Bekas Pertambangan di Madura

Membahas soal wisata bekas tambang di Madura, Teman Traveler mungkin akan langsung teringat Bukit Jaddih. Namun jangan salah, Pulau Garam juga punya destinasi serupa di bernama Bukit Kapur Arosbaya. Tempatnya tak kalah eksotis lho. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

Dinding Bukit Unik Khas Pertambangan

img_20170101_113221_hdr_gvi.jpg
Dinding bukit unik (c) Ayu Haristyana/Travelingyuk

Sama halnya seperti Bukit Jaddih, Arosbaya sejatinya merupakan penambangan kapur aktif. Begitu masuk kawasan wisata ini, Teman Traveler bakal disambut deretan bukit kapur dengan dinding tak beraturan, bekas pahatan para penambang.

Aktivitas tersebut membentuk relief alami yang kemudian menjadi keunikan tersendiri di Arosbaya. Teman Traveler juga akan temukan beberapa sudut lorong dan goa kecil untuk dieksplor. Kesan eksotis dan mistis hadir bakal langsung terasa begitu kalian menjelajah sekitar sini.

Akses Menuju Bukit Kapur

img_20170101_113045_Oo1.jpg
Mudah dijangkau (c) Ayu Haristyana/Travelingyuk

Arosbaya berada di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Akses menuju sini terbilang cukup mudah. Teman Traveler tinggal mengikuti petunjuk arah yang ada di Google Maps.

Jika Teman Traveler kebingungan, bisa coba langsung arahkan kendaraan ke destinasi Air Mata Ibu. Arosbaya ada tepat di sebelah wisata bernuansa alam tersebut. Bagi pengendara mobil, bisa parkir di sekitar mata air dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Oh ya, kendaraan roda empat tidak disarankan memasuki kawasan wisata bukit kapur sebab akses jalannya cukup sempit. Hanya bisa dilewati satu mobil.

Pesona Unik

img_20170101_113703_hdr_2bk.jpg
Panoramanya tak kalah memikat (c) Ayu Haristyana/Travelingyuk

Meskipun Arosbaya masih kalah pamor dengan Bukit Jaddih, pesona kecantikan yang ditawarkan tidak kalah lho. Jika di Jaddih panoramanya didominasi corak putih, di sini Teman Traveler akan temukan bebatuan berwarna cokelat kemerahan. Permukaannya ditumbuhi tanaman paku, menimbulkan gradasi warna sangat cantik.

Jangan salah ya, meski termasuk wisata bukit kapur, hawa di sekitar sini sangat sejuk. Terdapat banyak pepohonan rindang dan semak-semak kecil di sepanjang jalurnya.

Spot Foto Instagenic

img_20170101_114217_hdr_N0B.jpg
Pengunjung berburu spot foto unik (c) Ayu Haristyana/Travelingyuk

Teman Traveler tak perlu takut bakal kekurangan spot foto selama menjelajah Arosbaya. Ada banyak sudut keren yang bisa kalian jelajahi. Setiap sudutnya benar-benar cantik, sangat sayang jika tak diabadikan dengan bidikan lensa kamera. Masing-masing tawarkan kontur unik dan berbeda.

Tak heran jika kawasan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Semua kerap tampak sibuk berburu sudut Instagenic untuk perbarui tampilan media sosial. Hasilnya? Dijamin bakal keren deh!

Itulah sedikit ulasan mengenai Bukit Kapur Arosbaya. Jika Teman Traveler sedang menjelajah wisata Madura dan ingin mencoba melihat panorama eksotis di kawasan bekas pertambangan, tak ada salahnya mampir ke sini. Selamat jalan-jalan.

Tags
kontributor Madura Travelingyuk Wisata Madura
Share