Bukit Jaddih, Tambang Aktif Instagenic yang Jadi Buruan Wisatawan

Teman Traveler pasti sudah tak asing dengan foto-foto cantik Bukit Jaddih. Kawasan tambang kapur di Madura ini belakangan telah jadi salah satu objek wisata Instagenic paling populer di Pulau Garam. Adakah di antara kalian yang belum sempat mampir ke sini? Jika demikian, yuk simak ulasannya berikut ini.

Letak Bukit Jaddih

Dulunya bukan objek wisata lho (c) Rosita/Travelingyuk

Selain Jembatan Suaramadu yang ikonik, Madura ternyata juga punya banyak objek wisata menarik. Salah satunya adalah Bukit Jaddih di Kabupaten Bangkalan. Pesona unik destinasi di ujung barat ini benar-benar pantang dilewatkan. Namun siapa sangka, sebelum menjadi wisata Instagenic, tempat ini dulunya adalah kawasan tambang biasa.

Bukit Jaddih sendiri berjarak kurang lebih 10 km dari pusat Bangkalan. Lokasi tepatnya ada di Kecamatan Socah, Desa Jaddih. Jika berangkat dari Surabaya, Teman Traveler bakal menempuh jarak sekitar 28 km melintasi Jembatan Suramadu. Aksesnya jalannya sudah sangat mulus, bahkan rombongan bus pariwisata kerap mampir ke sini.

Kawasan Tambang Aktif 

Masih aktif sebagai lokasi tambang (c) Rosita/Travelingyuk

Seperti disebutkan sebelumnya, Bukit Jaddih sebelumnya bukan merupakan objek wisata ramai. Kawasan ini justru difungsikan sebagai penambangan batu kapur putih dan masih berstatus aktif hingga kini. Namun lantaran popularitasnya, banyak orang lebih mengenal tempat ini sebagai lokasi wisata.

Namun inilah yang justru menjadi keunikan Bukit Jaddih. Aktivitas penambangan selama bertahun-tahun menciptakan banyak kelokan dan tebing raksasa yang tampak begitu unik. Bahkan dari kejauhan Teman Traveler sudah bisa melihat keindahannya. Tak hanya itu, kalian juga bisa mengagumi eloknya deretan goa kecil yang terbentuk secara tidak sengaja saat penambangan berlangsung.

Disulap Jadi Wisata Instagenic

Tak pernah sepi kunjungan wisatawan (c) Rosita/Travelingyuk

Meski masih berstatus kawasan tambang aktif, Bukit Jaddih kini telah bertransformasi menjadi destinasi Instagenic. Awalnya hanya dipadati penambang batu kapur, kini kerap disambangi para pemburu foto keren. Luar biasa ya Teman

Tak sedikit wisatawan yang sengaja datang jauh-jauh ke sini hanya untuk menjawab rasa penasaran akan keindahan Jaddih. Pemandangan yang ditawarkan memang sangat unik, hingga tak mengherankan jika destinasi ini selalu dipadati pelancong. Panas menyengat dan sinar mentari menyilaukan mata takkan begitu terasa begitu sampai di bukit memukau ini.

Goa unik terbentuk dari aktivitas tambang (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Bukit Jaddih, lokasi tambang aktif yang kini telah bertransformasi menjadi objek wisata Instagramable. Yuk, segera wujudkan rencana liburan ke Madura dan jangan lupa sertakan tempat ini dalam list kunjungan. Selamat jalan-jalan Teman Traveler!

Tags
kontributor Madura Travelingyuk Wisata Madura
Share