Wisata Kekinian Bukit Gantole, Nikmati Panorama Wonogiri dari Balon Terbang

Advertisement
Advertisement

Wonogiri dikenal dengan julukan Kota Gaplek. Hal ini dikarenakan masyarakatnya suka mengkonsumsi makanan tersebut. Selain kuliner, di sini juga terdapat beberapa tempat wisata menarik, salah satunya adalah Bukit Gantole. Wisatawan dapat menyaksikan pemandangan yang menawan. Travelingyuk akan mengajak Teman Traveler untuk membahas hal menarik seputar destinasi wisata ini. Simak yuk!

Pemandangan Cantik

Melihat pemandangan dari balon udara
Melihat pemandangan dari balon udara via Instagram/rini.rin.rini

Bukit Gantole ini patut diacungi jempol karena meyajikan pemandangan alam yang cantik. Tempat ini banyak dipilih wisatawan karena menyuguhkan pepohonan yang asri, udara sejuk, dan lanskap air jernih dari Waduk Gajah Mungkur yang tampak jelas dari atas. Biasanya pengujung yang datang selalu berfoto-foto dengan latar belakang menawan untuk diposting di media sosial. Bukit ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk menikmati panorama matahari terbenam. Pada waktu ini, langit tampak sangat cantik karena berwarna jingga, ditambah suasana semakin tenang karena adanya hembusan angin yang sepoi-sepoi.

Spot Foto Menarik

Menyuguhkan pemandangan cantik
Menyuguhkan pemandangan cantik via Instagram/soraya_beautric

Selain bisa menikmati pemandangan matahari terbenam, di sini juga tersedia beberapa spot foto menarik yang bisa digunakan. Pengunjung bisa berfoto-foto di rangkaian besi berbentuk hati dan replika balon udara. Sayang, meskipun lumayan banyak yang mengunjungi tempat wisata ini, fasilitas yang tersedia belum cukup lengkap. Teman Traveler tidak akan menemukan pedagang dan warung yang menjajakan makanan, serta aksesnya yang belum diperbaiki membuat para wisatawan kesulitan. Bagi yang ingin berkunjung ke sini, pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar Rp2.000 per orangnya.

Landasan Paralayang

Landasan paralayang
Landasan paralayang via Instagram/sendangpinilih

Nah, selain berfoto-foto, para pengunjung juga bisa mencoba salah satu olahraga ekstrim yaitu Paralayang. Bukit Gantole yang terletak di Wonogiri ini dipilih karena dinilai memiliki kecepatan angin dan ketinggian yang cukup. Di sini Teman Traveler akan melihat landasan terbang yang biasanya digunakan oleh para atlet ataupun pecinta olahraga. Para pengunjung diharap untuk berhati-hati agar tidak jatuh karena landasan yang curam dan miring. Bukit Gantole ini dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sendang Pinilih.

Lokasi dan Rute

Lokasi Bukit Gantole
Lokasi Bukit Gantole via Instagram/jalan_yuk

Berada di Desa Sendang, bukit ini memiliki lokasi yang cukup terpencil dan minim papan petunjuk. Jika melakukan perjalanan dari kota butuh waktu beberapa menit untuk sampai ke gapura yang terletak di kanan jalan Wonogiri-Pracimantoro sebelum Waduk Gajah Mungkur. Jika Teman Traveler masih bingung dan takut tersesat, bisa bertanya kepada warga sekitar. Akses menuju tempat ini memang rusak dan cukup menanjak, maka dari itu bagi wisatawan yang datang dengan menggunakan kendaraan pribadi diharapkan dalam keadaan prima. Walaupun cukup menguras banyak tenaga di perjalanan, namun jangan ragu untuk datang ke sini karena rasa pegal tersebut akan terobati dengan pemandangan alam yang mempesona.

Itulah sekian hal menarik tentang Bukit Gantole yang ada di Wonogiri. Bagaimana, siap untuk menghabiskan waktu liburan ke sini?

Advertisement
Tags
bukit gantole wonogiri Indonesia Jawa Tengah Wisata Wisata Wonogiri Wonogiri
Share