Jelajah Bukit di Sleman, Pesawahan dan Gunung Merapi Jadi Pemandangan

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Jelajah bukit-bukit di Sleman, suguhkan pemandangan dari cantiknya pesawahan dan Gunung Merapi dari kejauhan. Destinasi liburan di wilayah sekitar Yogyakarta pun semakin beragam. Teman Traveler yang hobi sekali bercengkrama dengan alam, harus ke sini! Meski perlu mendaki, tetapi lanskap di atas, menjaminkan kesegaran! Cocok sekali untuk siapa pun yang butuh mengisi kembali energinya. Langsung saja simak artikel berikut ini yuk!

1. Melihat Gunung Merapi dari Jarak Dekat Melalui Gardu Pandang di Bukit Klangon

Sedekat Itu dengan Gunung Merapi dari Bukit Klangon via Instagram
Sedekat Itu dengan Gunung Merapi dari Bukit Klangon via Instagram/ tunggalsatuajak

Di Bukit Klangon terdapat gardu pandang setinggi 5 meter yang bisa dipakai pengunjung untuk menikmati pemandangan sekaligus ambil foto terbaik dengan latar belakang Gunung Merapi; yang jaraknya memang sekitar 4 Km dari bukit. Secara administratif, Bukit Klangon ada di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Kawasan Bukit Klangon, Tempat Tepat Nikmati Gunung Merapi via Instagram/ sheto_chenko
Kawasan Bukit Klangon, Tempat Tepat Nikmati Gunung Merapi via Instagram/ sheto_chenko

Jaraknya sekitar 30 Km dari pusat Yogyakarta. Untuk menikmati gagahnya Gunung Merapi dari lokasi ini, Teman Traveler bisa lebih dulu mengarahkan kendaraan ke Kaliurang, setelahnya ambil arah kanan saat berada di pertigaan arah Kaliadem/Cangkringan. Setelah itu, cari jalan ke Bukit Klangon. Akan ada banyak plang penunjuk arah kok. Jadi, Teman Traveler tidak perlu khawatir tersesat ya.

2. Bukit 76, Saksikan Gunung Merapi dari Lokasi Shooting Iklan Rokok

Gunung Merapi di Bukit 76 via Instagram
Gunung Merapi di Bukit 76 via Instagram/ dwikris_na

Bukit di Sleman yang satu ini punya nama unik. Dulu namanya adalah Bukit Djarum. Karena bukit ini pernah jadi lokasi pengambilan gambar iklan salah satu merek rokok. Lokasinya berada di Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman. Ketika sampai di Bukit 76, Teman Traveler akan disuguhkan dengan indahnya Gunung Merapi dari kejauhan yang diapit oleh Plawangan dan Bukit Turgo. Suasananya masih cukup tenang. Ditambah pepohonan di lokasi ini juga masih rimbun. Sehingga, benar-benar menenangkan, yang terdengar hanya suara alam dari angin yang menggesek dedaunan.

3. Bukit Pronojiwo, Takjauh dari Taman Nasional Gunung Merapi

Gunung Merapi Tertutup Awan, Pemandangan dari Bukit
Gunung Merapi Tertutup Awan, Pemandangan dari Bukit Pronojiwo via Instagram/ fajarridwan451

Bukit Pronojiwo adalah puncak dari lereng hutan yang ada di kawasan wisata Plawangan Turgo. Letaknya masih di Hargobinangun, Pakem, Sleman. Untuk menuju lokasinya, Teman Traveler perlu jalan sejauh kira-kira 900 meter dari Taman Nasional Gunung Merapi. Jalan yang harus dilewati ada di bagian lerengnya. Ia berupa hutan dengan kontur menanjak. Siapkan stamina ya. Sesampainya di atas sana, siap-siap saja terpesona dengan kecantikan Gunung Merapi, yang kadang tertutup oleh awan.

4. Bukit Klumprit, Romantisnya Merapi dari Kejauhan

Sunset di Bukit Klumprit, Gunung Merapi dari Kejauhan via Instagram
Sunset di Bukit Klumprit, Gunung Merapi dari Kejauhan via Instagram/ bukit_klumprit

Dusun Klumprit, Kecamatan Caturharjo, Sleman, punya potensi alam yang luar biasa. Saat berada di ketinggian, dekat perbatasan antara Dusun Klumprit 1 dan 2, Teman Traveler akan melihat pemandangan Gunung Merapi yang berdiri kokoh dari kejauhan. Meski kadang samar karena tertutup kabut dan semacamnya, siapa pun yang ada di sini tetap dapat menyaksikan gunung tersebut dengan suasana yang tenang dan romantis. Nggak kepengin ke sini sama pasangan?

5. Selesai Jalan di Prambanan, Mampir ke Bukit Nganjir

Indahnya Pesawahan dari Bukit Nganjir via Instagram
Indahnya Pesawahan dari Bukit Nganjir via Instagram/ ihsanudn

Namanya, mungkin asing di telinga Teman Traveler. Tapi, Bukit Nganjir ini salah satu bukit di Sleman yang bisa juga diandalkan untuk bantu melepaskan kepenatan. Berjarak 1 Km arah Selatan dari Candi Prambanan, tracking menuju Bukit Nganjir hanya 10 menit dari perumahan warga. Sesampainya di atas, hamparan sawah yang hijau dan seperti terpola, siap langsung memuaskan mata. Karena terhitung masih cukup mudah, Teman Traveler bisa mampir ke kawasan ini setelah jalan-jalan di Candi Prambanan kok. Alamat bukit ini ada di Dowang Sari, Sambirejo, Sleman, Yogyakarta.

6. Bukit Srumbung, Takjauh dari Taman Tebing Breksi

Gardu Pandang di Bukit Srumbung via Instagram
Gardu Pandang di Bukit Srumbung via Instagram/ bukit_srumbung

Bukit Srumbung, letaknya tidak terlalu jauh dari Candi Prambanan dan wisata Sleman yang sedang hits, Taman Tebing Breksi. Di sini, terdapat gardu pandang yang terbuat dari kayu. Dari spot ini, Teman Traveler dapat menikmati lanskap Sleman. Jangan tanya udara di sekitar sini ya, karena sudah pasti menyegarkan!

Bukit di Sleman dengan pemandangan sawah dan Gunung Merapi dari kejauhan, sudah bikin jatuh cinta, bukan? Bayangkan rasanya ada di sini dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang masih sangat asri. Penatnya pikiran, rasanya seperti jatuh satu-satu ke bawah, meninggalkan Teman Traveler di ketinggian bersama ketenangan. Mau kapan? Yuk barengan!