Bukit Cumbri, Wisata di Ketinggian Wonogiri dengan Pemandangan Ciamik

Bentang alam Indonesia memang mengesankan. Tak hanya lautan, pegunungan di Nusantara memiliki pesona yang luar biasa. Siapa pun bakal setuju jika semua gunung di Indonesia adalah tempat yang menarik untuk dikunjungi, didaki, dan dinikmati keindahannya. Termasuk juga bukit dengan ketinggian yang menakjubkan. Salah satunya adalah Panorama Bukit Cumbri.

Seperti apa sih keindahan wisata yang berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur ini? Yuk, simak cerita lengkap dari Kontributor Travelingyuk, Rizki Nusantara.

Jalur Terjal Sebelum Puncak

Bukit Cumbri yang berada di sekitar Wonogiri dan Ponorogo ini tengah naik daun. Bagaimana tidak, keindahan alam perbukitan dan jajaran gunung lainnya bisa dilihat diatas puncak gunung tersebut. Bagi pendaki pemula, tempat ini menjadi lokasi yang sangat tepat. Destinasi ini memiliki tekstur pendakian yang ringan dengan tanjakan cukup menantang sejak awal pendakian.

Jurang Gunung Cumbri
Jurang Gunung Cumbri (c) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Nah, jika Teman Traveler pernah mendaki Gunung Merbabu atau Andong, treknya tak jauh beda seperti menuju Savana 1 Gunung Merbabu dan trek dari pos 2 menuju ke puncak di Gunung Andong. Tanjakan ini cukup melelahkan dan butuh tenaga yang ekstra. Pun demikian, pengunjung yang datang tak akan kecewa ketika melihat pemandangan cantik setelah sampai di puncak.

Keindahan Alam yang Bikin Terbuai

Puncak bukit ini terlihat gersang ketika musim kemarau datang. Namun, pemandangan hijau nan alami bakal terlihat saat musim penghujan datang. Saat perjalanan menuju puncak, Teman Traveler harus berhati-hati. Pasalnya, jalannya cukup sempit dengan angin yang berhembus kencang. Belum lagi jurang yang menganga begitu dalam. Tentunya, melintas di jalur ini butuh kejelian yang luar bisa.

Menikmati Gunung Cumbri
Menikmati Gunung Cumbri (c) Rizki Nusantara/Travelingyuk

Jika takut dengan jalur tersebut, alihkan perhatian Teman Traveler ke pemandangan di sekitar. Jangan lupa pula untuk siapkan untuk Berbeda dengan puncak Gunung Andong, tidak ada satu pun aktivitas dari penjual yang berdagang di kawasan wisata ini. Jika Teman Traveler tak membawa bekal minum, sebaiknya membeli di warung dekat tempat kendaraan di parkir.

Rute Perjalanan ke Bukit Eksotis di Wonogiri

Untuk sampai di sini, Teman Traveler bisa menempuh perjalanan dari Solo menuju ke Wonogiri – Purwantoro dan Desa Biting. Jangan takut nyasar, karena kawasan ini sangat mudah untuk dijangkau. Titik poinnya adalah pengunjung harus menemukan terlebih dahulu jalan menuju Ponorogo. Setelah itu, cukup mengikuti jalur aspal saja.

Sunset di Gunung Cumbri
Sunset di Gunung Cumbri (c) Rizki Nusantara/Travelingyuk

Sebelum gapura selamat datang di kota Ponorogo, Teman Traveler tinggal belok ke kiri. Dari titik ini, sudah bisa melihat pemandangan Bukit Cumbri yang seakan menantang jiwa petualang. Jika dari Madiun, bisa menempuh perjalanan dengan rute Madiun – Ponorogo – Purwantoro – Desa Biting. Tak susah kan?

Tiket Masuk yang Murah Meriah

Pemandangan alam Bukit Cumbri
Pemandangan alam Bukit Cumbri (c) Rizki Nusantara/Travelingyuk

Untuk harga tiket tidak dikenakan biaya. Hanya saja, pengunjung harus membayar uang parkir sebesar Rp3.000. Jika ingin menginap, Teman Traveler harus membayar parkir sebesar Rp10.000. Bagaimana, cukup murah bukan?

Bukit Cumbri adalah salah satu dari sekian banyaknya gunung di Indonesia yang wajib untuk didaki. Rasakan keseruan dan tantangan dari bukit yang memiliki ketinggian 638 mdpl ini. Jadi, kapan mau berkunjung ke sini?

Tags
Indonesia Jawa Tenggah Ponorogo Travelingyuk Wisata Wonogiri Wonogiri
Share