Rekomendasi Kuliner Mesir Buat Buka Puasa Mo Salah, Mau Coba yang Mana Nih?

Mohamed Salah atau yang lebih dikenal sebagai Mo Salah merupakan salah satu pemain sepakbola dunia. Dia masuk dalam jajaran 100 Tokoh Paling Berpengaruh Dunia 2019 versi Time Magazine. Seperti yang telah diketahui bahwa dia menganut Islam. Sebentar lagi puasa berlangsung, kira-kira inilah kuliner Mesir yang mungkin jadi menu buka puasa Mo Salah.

Qamar Al-Deen

Qamar Al-Deen alias Jus Aprikot via Instagram @boy_from_gojal
Qamar Al-Deen alias Jus Aprikot via Instagram @boy_from_gojal

Orang-orang Mesir biasanya membatalkan puasa dengan minuman dingin dan segar. Favorit mereka adalah yang punya cita rasa asam kecut. Salah satunya adalah qamar al-deen atau disebut juga al-qamar ad-din, yaitu jus aprikot. Minuman segar dan asam ini mungkin saja menjadi salah satu menu buka puasa Mo Salah.

Shorbat Adas

Shorbat Adas via Instagram @onearabvegan
Shorbat Adas via Instagram @onearabvegan

Usai minum jus aprikot, Mo Salah mungkin bisa memasukkan shorbat adas sebagai menu buka puasa selanjutnya. Shorbat Adas merupakan sup khas Mesir yang biasa disantap saat bulan puasa. Penganan tersebut terbuat dari kacang-kacangan yang disebut lentil merah dicampur wortel dan bumbu-bumbu lainnya. Biasanya shorbat adas disajikan dengan potongan jeruk nipis di piring terpisah.

Mahshi

Mahshi via Instagram @abdalacheikemporioarabe
Mahshi via Instagram @abdalacheikemporioarabe

Mahshi merupakan salah satu kuliner khas Mesir yang biasa dijadikan menu buka puasa, mungkin saja dimakan juga oleh Mo Salah. Penganan tersebut dikenal pula sebagai stuffed vegetables. Mahshi memang terbuat dari beragam sayuran yang diisi dengan nasi dan campuran bahan lain.

Adonan untuk isinya biasanya terdiri dari nasi, rempah-rempah seperti peterseli, ketumbar, dan adas sowa. Ditambah saus tomat buatan sendiri dan sejumput kayu manis. Setelah itu, persiapkan sayur yang akan diisi. Umumnya memakai zukini, terong, paprika, maupun daun kubis. Tidak lupa isi aslinya dikeluarkan dahulu, barulah adonan nasi dimasukkan.

Proses memasak mahshi adalah dengan dikukus. Berhubung pembuatannya memakan waktu cukup lama. Biasanya perempuan-perempuan di satu rumah bersama-sama membuatnya, disambi ngobrol dan bonding.

Kunafa

Kunafa via Instagram @nadiyas_dessert_line
Kunafa via Instagram @nadiyas_dessert_line

Masih ada lagi menu buka puasa yang mungkin dipilih Mo Salah yaitu kunafa, yang merupakan makanan penutup populer di Mesir. Kunafa terbuat dari adonan tepung yang bentuk akhirnya seperti cake ‘mie’. Isiannya berupa campuran kacang-kacangan, krim, vla susu, maupun keju ricotta.

Qatayef

Qatayef via Instagram @shizakii.usa
Qatayef via Instagram @shizakii.usa

Qatayef juga tergolong makanan penutup di Mesir. Adonannya seperti pancake, hanya saja bentuk akhirnya dilipat. Umumnya diisi dengan kacang-kacangan atau keju manis. Kemudian digoreng dalam minyak panas sampai kecoklatan. Setelah itu direndam ke dalam sirup mawar, barulah diangkat dan siap disantap.

Itulah setidaknya 5 kuliner khas Mesir, yang mungkin dipilih Mo Salah saat bulan Ramadan. Kalau Teman Traveler, apa menu buka puasa favoritnya?

Tags
Indonesia kuliner Mo Salah tips dan inspirasi
Share