4 Bubur Unik yang Tak hanya Berisi Suwiran Ayam, Enak Banget!

Kekayaan kuliner Indonesia memang tak diragukan lagi. Bahkan, untuk satu jenis makanan saja memiliki banyak varian. Salah satunya bubur yang tak hanya berisi ayam. Nah, agar makin kaya informasi mengenai kuliner khas Indonesia, berikut ada beberapa jenis bubur unik di tanah air yang pastinya bikin kamu ngiler. Simak yuk!

1. Bubur Lemu, Solo

Bubur Lemu Solo
Bubur Lemu Solo via instagram/@neynahaps

Pernah dengar bubur lemu? Makanan ini dapat kamu temukan saat jelajah kuliner di Solo. Bubur lemu terdiri seporsi bubur yang dijadikan gudeg. Biasanya menu lezat ini dapat ditemukan saat malam hari. Selain dicampur dengan gudeg, beberapa penjual juga menyajikannya dengan ceker pedas yang menggugah selera. Salah satu Gudeg Ceker Bu Kasno yang namanya tersohor di kalagan pecinta kuliner.

Bubur Lemu
Bubur Lemu via instagram/@foodngo

2. Bubur Sayur, Jogja

Krecek dan usus lezat
Bubur sayur berisi krecek dan usus lezat via instagram/@ceritamakan

Tak jauh beda dengan Solo, Jogja juga memiliki menu bubur unik yang hanya buka di malam hari. Bukan dicampur dengan gudeg, sajian bubur di sini dihidangkan bersama dengan mangut. Pilihannya banyak, bisa mangut lele atau belut. Ada juga tambahan kikil, usus, tempe tahu pedas, hingga jeroan. Penasaran dengan rasanya? Kamu bisa mampir ke Warung Bubur Sayur Djoyo di Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo.

Menu mangut lele
Bubur Sayur Menu mangut lele via instagram/@ceritamakan

3. Bubur Bali

Bubur Warung Dadong Ayu
Bubur Warung Dadong Ayu via instagram/@warungdadongayu

Bali tidak hanya terkenal dengan ayam betutu atau sate lilitnya. Kamu juga dapat menemukan kuliner unik yang pasti bikin ketagihan. Salah satunya bubur yang disajikan berbeda dengan lainnya. Seporsinya terdiri dari bubur, sayur urap, mie, kuah ayam betutu, suwiran ayam, serta potongan hati ayam. Beberapa tempat menyajikannya di atas pincukan daun pisang. Menarik bukan?

Bubur Warung Dadong Ayu, Bali
Bubur Warung Dadong Ayu, Bali via instagram/@madewedastra

4. Bubur Pedas

Bubur Pedas Pontianak
Bubur Pedas Pontianak via instagram/@javafoodie

Kalimantan memang memiliki cuaca yang cukup panas. Namun, hal tersebut tidak akan menggagalkan rencanamu untuk berburu kuliner. Apalagi yang ingin dicoba adalah bubur pedas. Makanan khas Melayu ini terdiri dari bubu nasi yang dicampur dengan dengan ikan teri, kacang, daun bawang dan rempah. Ada tambahan saus, kecap, dan perasan jeruk limau jika mau. Jika kamu di Pontianak, bubur pedas biasa dijual dengan gerobak.

Bubur Pedas
Bubur Pedas via instagram/@kedai_bingke

Nah, itulah empat bubur unik yang rasanya istimewa. Kamu pun bakalan ketagihan setelah mencobanya. Bagaimana, pengetahuan tentang kuliner khas Indonesia makin luas bukan?

Tags
Bali Indonesia Jogja kuliner unik Pontianak Solo
Share