Bubur Khas Indonesia yang Rasanya Juara, Mana Favoritmu?

Ngaku pecinta kuliner? Sudah tahu kan kalau bubur khas tak hanya bertabur potongan ayam dan kerupuk. Jenisnya banyak, dan pastinya bikin lidah tak berhenti bergoyang. Nah, kamu yang belum tahu, berikut ada beberapa jenis bubur dengan bentuk beragam. Pastinya masih mudah ditemukan, terutama di pasar tradisional.

1. Bubur Sumsum

Bubur sumsum khas Nusantara
Bubur sumsum khas Nusantara via instagram/@mei.lan.756

Selain bubur ayam, bubur sumsum biasa dijadikan menu sarapan. Menu ini terbuat dari tepung beras dengan tekstur lembut. Sementara rasanya gurih dengan campuran manis dari air gula merah serta santan. Salah satu bubur sumsum yang terkenal adalah bubur sumsum madura. Sudah pernah coba menu satu ini kan?

Bubur Sumsum
Bubur Sumsum via instagram/@mayasefry

2. Bubur Candil

Bubur candil di atas daun pisang
Bubur candil di atas daun pisang via instagram/@cindypermatass

Nama lain dari kuliner ini adalah bubur biji salak. Sesuai dengan namanya, isi bubur ini memiliki bentuk mirip biji salah, yaitu bulat dengan warna merah kecoklatan. Menu tersebut terbuat dari tepung ketan yang kemudian direbus hingga matang. Cara penyajiannya biasa dengan kuah santan. Tidak sedikit yang menyajikannya bersama dengan bubur sumsum dengan tambahan bubur mutiara.

Bubur Candil
Bubur Candil via instagram/@christabellenanetta

3. Bubur Merah Putih

Bubur merah putih dan maknanya
Bubur merah putih dan maknanya via instagram/@godakesa

Orang Jawa pasti tak asing lagi dengan bubur merah putih. Sajian istimewa ini biasa hadir ketika ada anggota keluarga yang baru lahir. Dalam bahasa Jawa, bubur merah melambangkan sel telur dan putih melambangkan sperma. Penyajiannya yang diletakkan dalam satu mangkuk juga melambangkan pertemuan sel telur dan sperma yang melahirkan manusia baru.

Bubur merah putih
Bubur merah putih via instagram/@armithaap

4. Bubur Kanji Rumbi

Bubur Kanji Ekstra Ayam
Bubur Kanji Ekstra Ayam via instagram/@sukma8821

Sajian bubur biasanya laku keras saat puasa datang. Bukan hanya bubur candil, kanji rumbi juga laris manis. Sajian ini bisa kamu temukan di Aceh. Beberapa masjid juga menjadi menu ini sebagai takjil. Nah, Bubur khas Nusantara ini mirip bubur ayam dengan tambahan rempah seperti merica, jintan, adas, kembang lawang, kapulaga, jahe, daun pandan, dan bumbu lainnya.

Bubur kanji rumbi
Bubur kanji rumbi via instagram/@50ny4_85

Nah, itulah empat bubur khas Nusantara yang pastinya nendang di lidah. Bagaimana, sudah coba yang mana nih?

Tags
Bubur Indonesia Indonesia Kuliner Nusantara kuliner tradisional
Share