Kuliner Brongkos Favorit Sultan Bisa Kamu Temukan di 4 Warung Ini

Kuliner Jogja terkenal dengan keistimewaannya. Ada gudeg yang cita rasanya manis dan bikin siapapun ketagihan. Tak hanya itu, brongkos yang merupakan menu istimewa dari tahu, tempe, kacang tolo serta kuah santan kental ini juga tak kalah menggoda. Penasaran di mana saja kamu bisa mencoba kuliner andalan dari Sri Sultan Hamengkubuwono X ini? Daftarnya ada di bawah ini!

1. Brongkos Warung Ijo Bu Padmo

Brongkos Bu Padmo
Brongkos Bu Padmo [image source]
Tempat pertama yang menawarkan brongkos terenak di Jogja adalah Warung Ijo Bu Padmo. Letaknya berada di utara Pasar Tempel Sleman dan terkenal legendaris di kalangan pecinta kuliner. Seperti namanya, warung yang berdiri sejak tahun 1950 ini banyak didominasi cat warna hijau. Selain tempatnya yang nyaman, hidangan yang ditawarkan juga menggoda. Apalagi kalau bukan brongkos yang aroma kuahnya kuat dengan rempah-rempah. Isiannya yang terdiri dari irisan daging sapi serta kacang tolo juga melimpah.

Brongkos Bu Padmo Jogja
Brongkos Bu Padmo Jogja [image source]

2. Brongkos Alkid Handayani

Brongkos Handayani
Brongkos Handayani [image source]
Liburan ke Jogja, waktunya untuk menjajal kuliner lezat di Jalan Gading No.2, Selatan Alun-Alun Kidul. Apalagi kalau bukan Warung Brongkos Handayani yang buka dari jam 6 pagi hingga 4 sore. Sesuai dengan namanya, menu andalan yang ditawarkan di sini adalah Brongkos. Kuah santan kental dengan isian tahu tempe makin nikmat dengan tambahan koyor serta irisan daging. Soal rasa, tak perlu diragukan lagi kelezatannya!

Brongkos Handayani Jogja
Brongkos Handayani Jogja [image source]

3. Brongkos Mbak Prih Tempel

Brongkos Mbak Prih Tempel
Brongkos Mbak Prih Tempel [image source]
Tak jauh dari warung Bu Padmo, ada satu brongkos yang tak kalah enak dari lainnya. Namanya Brongkos Mbak Prih Tempel. Meski hanya berjualan di kedai sederhana, tapi antrean pembeli brongkos tak pernah sepi. Kepopuleran tersebut didapat dari menu lezatnya yang bikin ngiler. Seporsinya terdapat banyak potongan daging, cabai merah hingga kuah kental. Kamu yang penasaran bagaimana rasa kuliner Jogja ini, langsung saja datang ke Jalan Jogja-Magelang KM 17, Tempel.

Brongkos Mbak Prih Tempel Jogja
Brongkos Mbak Prih Tempel Jogja [image source]

4. Brongkos Ngasem Bu Rini / Bu Repan

Warung Brongkos Bu Repan-Bu Rini
Warung Brongkos Bu Repan-Bu Rini [image source]
Tak kalah legendaris, Warung Makan Bu Repan yang kini menjadi Bu Rini ini terbilang cukup lama berdiri. Buka sejak tahun 1973, brongkos yang dihidangkan tak kehilangan rasa aslinya. Daging di dalamnya juga empuk dan mudah untuk dikunyah. Warung ini berada di sebelah timur Plaza Ngasem, yaitu Kampung Taman, Kelurahan Patehan, Kraton. Ingat, tempat makan ini buka dari jam 6 pagi hingga 6 sore. Jadi, jangan sampai datang terlambat ya!

Warung Brongkos Bu Repan-Bu Rini Jogja
Warung Brongkos Bu Repan-Bu Rini Jogja [image source]
Kuliner Jogja sangatlah menarik untuk dijelajahi. Apalagi orang-orang di sana juga sangatlah ramah. Bagaimana, berminat untuk jelajah kuliner enak di kota Gudeg?

Tags
Indonesia Jogja Sleman Yogyakarta
Share