Blueberry Chateau, Negeri Dongeng Tiongkok yang Jarang Terjamah

Teman Traveler pernah bermimpi mengunjungi negeri dongeng? Well, mungkin mustahil untuk benar-benar mewujudkannya ya. Namun setidaknya kalian bisa merasakan pengalaman yang sedikit mendekati dengan mampir ke Blueberry Chateau saat keliling wisata Tiongkok.

1564404853073_bqH.jpg
Bangunan utama Blueberry Chateau (c) Ahmad Ainun Iskandar/Travelingyuk

Tempat pembuatan anggur dengan arsitektur Eropa ala negeri dongeng ini tawarkan atmosfer magis. Berkunjung ke sini jadi sebuah pengalaman seumur hidup yang tak bakal terlupakan dari benak saya. Yuk Teman Traveler, simak cerita lengkap saya saat habiskan waktu di Blueberry Chateau.

Salah Satu Terdingin di Dunia

1564411447902_Px8.jpg
Pagi di sekitar Chateau (c) Ahmad Ainun Iskandar/Travelingyuk

Blueberry Chateau berada Tiongkok bagian utara. Tepatnya di Distrik Yichun, Provinsi Heilongjiang. Suhu udara di sini sangat dingin, bahkan lebih dingin dibanding wilayah lain di Negeri Tirai Bambu. Penyebabnya adalah hembusan Angin Siberia ke arah selatan, hingga membuat suhu bisa mencapai minus 40 derajat Celsius.

Namun jangan sedih, Teman Traveler. Di balik dinginnya yang menusuk, kalian bisa nikmati indahnya deretan rumah warga dan bangunan utama tempat pembuatan anggur beratapkan kerucut. Benar-benar tampak megah seperti istana di negeri dongeng.

Pagi di sini mungkin merupakan salah satu terbaik yang pernah saya alami. Betapa tidak, begitu bangun mata langsung dimanjakan hamparan putih salju. Begitu waktunya sarapan, pengelola chateau sediakan teh lokal plus makan pagi dengan menu khas. Terasa luar biasa nikmat ketika disantap sembari menikmati eloknya alam sekitar.

Banyak Aktivitas Menarik

img_20190729_wa0029_tde.jpg
Saking dinginnya, harus pakai jaket ekstra tebal (c) Ahmad Ainun Iskandar/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang tertarik habiskan liburan di Blueberry Chateau, jangan sia-siakan waktu untuk menikmati keindahan di sekitarnya. Begitu selesai sarapan, langsung saja keluar untuk berjalan-jalan. Mumpung matahari sedang bersinar terang, abadikan banyak momen indah bersama orang terkasih.

Begitu sore menjelang, sempatkan waktu untuk mampir ke aneka wahana seru seperti seluncuran salju, boneka salju, aneka patung keren dengan lampu hias, dan masih banyak lagi. Deretan keseruan ini siap menyambut pengunjung hingga pukul 22.00. Jangan lewatkan ya.

1564405242410_XMB.jpg
Hamparan bintang di langit malam (c) Ahmad Ainun Iskandar/Travelingyuk

Namun panorama terindah baru akan nampak ketika hari sudah benar-benar gelap. Hamparan bintang di langit bakal terlihat jelas, lantaran pencahayaan di sekitar chateau cukup redup dan tidak ada banyak lampu. Suasananya benar-benar romantis, apalagi jika kalian datang bersama orang-orang tersayang.

Spot Memotret

1564404357372_J75.jpg
Berjalan di sekitaran Hutan Pinus (c) Ahmad Ainun Iskandar/Travelingyuk

Area sekitar chateau tawarkan panorama cantik yang bisa Teman Traveler manfaatkan untuk hasilkan konten Instagram anyar. Ada banyak spot keren yang bisa kalian sambangi. Mulai dari Hutan Pinus, hingga bangunan utama chateau yang dihiasi lampu warna-warni. Terlihat sangat indah di malam hari.

1564423591588_d7P.jpg
Narsis di depan bangunan utama chateau (c) Ahmad Ainun Iskandar/Travelingyuk
1564423831121_ZQX.jpg
Selalu dihujani salju (c) Ahmad Ainun Iskandar/Travelingyuk

Hampir seluruh kawasan Blueberry Chateau dihujani salju begitu malam tiba. Teman Traveler bisa manfaatkan untuk menghasilkan potret keren. Jangan lupa pula untuk sempatkan berinteraksi dengan warga lokal. Pastinya bakal jadi pengalaman seru tak terlupakan.

Jarang Dijamah Turis

1564411703778_K2h.jpg
Patung Bunda Maria di Distrik Yichun (c) Ahmad Ainun Iskandar/Travelingyuk

Menurut saya pribadi, suasana di kawasan Blueberry Chateau benar-benar terasa magis. Bagaikan di negeri dongeng. Sayangnya, area ini masih jarang dijamah wisatawan, baik lokal maupun asing. Padahal panorama di sekitar tempat pembuatan wine ini sangat indah, lho.

Lokasinya sedikit sulit digapai karena jaraknya lumayan jauh. Teman Traveler harus bergonta-ganti transportasi sebelum bisa sampai di tujuan. Saya sendiri harus menumpang pesawat dari Jakarta ke Hong Kong, lanjut ke Harbin, kemudian menempuh perjalanan naik bus sepanjang 389 kilometer menuju Distrik Yichun. Chateau ini memang berada di sisi utara Tiongkok, berbatasan langsung dengan Rusia.

Uniknya lagi, di sini Teman Traveler akan temukan banyak bukti akulturasi budaya Rusia dan Tiongkok di sini. Ada deretan gereja ortodoks dengan sentuhan arsitektur khas Negeri Beruang Merah. Warga sekitar pun banyak yang mengkonsumsi makanan dan minuman Rusia.

Itulah sedikit pengalaman saya mengunjungi Blueberry Chateau di Tiongok. Jika Teman Traveler ingin rasakan sensasi bermalam ala negeri dongeng, boleh coba mampir ke sini. Bagaimana, tertarik?

Tags
akomodasi tiongkok blueberry chateau kontributor Luar negeri Tiongkok Travelingyuk wisata tiongkok
Share