Blue Lagoon Sleman, Pemandian dengan Fasilitas Warkop hingga Perpustakaan Mini

Advertisement

Berwisata ke Jogja, jangan ketinggalan untuk mengunjungi wisata alamnya. Dari gunung, pantai, bukit, air terjun, goa, hingga gumuk pasir, lengkap ada di sini. Bahkan, di Sleman ada Blue Lagoon yang semakin ramai oleh pengunjung. Pemandangannya makin cantik setelah direnovasi. Apa yang ditawarkan di pemandian ini? Keseruan apa yang bisa kita lakukan di lagoon dengan warna air kebiruannya tersebut? Yuk, simak cerita lengkap dari Kontributor Travelingyuk, Annissa Saputri.

Pemandian Alami yang Menyegarkan

Airnya jernih kebiruan via Annissa Saputri
Airnya jernih kebiruan (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Blue Lagoon merupakan pemandian alami yang memiliki ciri khas air jernih dan berwarna kebiruan. Namun tidak ketika musim hujan. Warnanya akan berubah kecokelatan. Blue Lagoon ini juga dikenal dengan Pemandian Tirta Budi dimana air aslinya dari mata air. Menurut penjaganya, kawasan memiliki dua mata air, tapi di sinilah yang ukurannya besar.

Area taman via Annissa Saputri
Area taman(c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Berlokasi di Desa Dalem, Widodomartani, Sleman, blue lagoon bukan tempat wisata yang baru. Destinasi ini mengalami renovasi dengan tambahan taman, beberapa gazebo, dan juga warung-warung yang menjajakan berbagai makanan dan minuman. Untuk tiket masuknya kita cukup membayar Rp10.000 per orangnya. Harga tersebut sudah termasuk biaya parkir kendaraan dan voucher makanan atau minuman.

Air Jernih Tersembunyi di Sleman

Pemandian Tirta Budi atau Blue Lagoon via Annissa Saputri
Pemandian Tirta Budi atau Blue Lagoon (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Melihat air yang jernih, siapa yang tidak ingin menceburkan diri ke pemandian ini. Ditambah lagi suasana alam yang asri. Teman Traveler bakal merasa damai dan tentram ditemani dengan suara aliran air, angin di sela pepohonan, dan kicauan burung. Jauh dari pusat kota, tempat ini seakan menjadi pemandian tersembunyi untuk kabur sejenak dari kepadatan kota. Siapa pun bakal betah berlama-lama di sini.

Blue Lagoon via Annissa Saputri
Blue Lagoon (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Pemandian alami ini menyewakan perlengkapan untuk berenang. Ada ban, pelampung, juga kacamata snorkeling. Sementara pengunjung, tidak sedikit yang langsung berenang dan melompat terjun dari dinding pembatas bendungan atau pohon.

Blue Lagoon Sleman
Blue Lagoon Sleman (c) Travelingyuk/Andre Fauzy

Di saat weekend, Blue Lagoon selalu ramai oleh pengunjung.  Nahkan tak sedikit dari wisatawan luar negeri yang juga ingin menikmati tempat wisata di Sleman ini.

Liburan Santai Sambil Menikmati Kopi atau Teh

Taman Putri Naga via Annissa Saputri
Taman Putri Naga (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak jauh dari pemandian, terdapat Taman Putri Naga lengkap dengan gazebo yang tertata rapi. Setelah menyegarkan diri di air, Teman Traveler bisa bersantai sejenak di sini. Sambil menghirup udara segar kita bisa menikmati beberapa makanan atau minuman. Jarak antara warung dengan pemandian dan taman tak dekat. Teman Traveler bisa memakai voucher dan menukar dengan makanan atau minuman tersebut.

Menikmati kopi dan alam via Annissa Saputri
Menikmati kopi dan alam (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Minuman seperti teh atau kopi bisa Teman Traveler pilih untuk menghangatkan badan setelah lama berendam di air. Jika mau, bisa juga menikmati secangkir seduhan kopi khas Nusantara di pinggir Blue Lagoon sembari menikmati gemercik air. Tenang, ada bangku kayu yang nyaman. Dijamin bakalan betah lama-lama di sini.

Keseruan Lain yang Harus Dicoba

Menuju area kuliner, membatik, dan terapi ikan via Annissa Saputri
Menuju area kuliner, membatik, dan terapi ikan (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Tak hanya melakukan aktivitas di air atau menikmati makanan dan minuman, Teman Traveler juga bisa mencoba kegiatan lain. Di sekitar warung, terdapat area untuk membatik. Tertarik untuk mencobanya? cukup hanya membayar paket seharga Rp20.000. Tak jauh dari sini, ada kolam terapi ikan yang dibanderol dengan harga Rp2.000. Serunya lagi, pihak pengelola juga menyediakan rak berisi buku-buku bacaan di perpustakaan mininya. Keren kan?

Tersedia rak buku bacaan via Annissa Saputri
Tersedia rak buku bacaan (c)Annissa Saputri/Travelingyuk

Blue Lagoon sudah berkembang. Hal ini dibuktikan dengan adanya paket outbond untuk semua kalangan baik anak kecil maupun dewasa. Untuk paket ini di banderol dengan harga Rp50.000 per orang. Aktivitas yang dilakukan beragam, mulai dari menyusuri sungai dan jelajah persawahan sekitar pemandian. Tak ketinggalan mengabadikan momen di spot-spot kerennya.

Jangan lupa mampir ke Blue Lagoon. Tempat wisata lain di daerah Sleman juga tidak sedikit. Belum lagi kuliner khasnya yang mantap betul. Bagaimana, Teman Traveler berencana untuk ke Jogja?

Advertisement
Tags
Indonesia Jogja Sleman Travelingyuk wisata jogja Yogyakarta
Share