Menyusuri Keindahan Bintan Lewat Kompetisi Lari Marathon

Keindahan wisata Indonesia memang luar biasa. Berbagai suguhan alam menarik seolah menjadi aset yang tak ada habisnya. Di antara sekian banyak lokasi wisata, Pulau Bintan adalah salah satu yang cukup populer belakangan ini. Tidak heran jika kawasan yang jadi bagian Kepulauan Riau ini menjadi tuan rumah salah satu ajang internasional.

Bintan International Marathon 2018

Rapat Bintan International Marathon 2018
Rapat Bintan International Marathon 2018 via beritasatu.com

15 Juli 2018 mendatang, Bintan akan mengadakan event yang bernama Bintan International Marathon (BIM) 2018. Kegiatan ini diprakarsai oleh tiga negara, yaitu Indonesia, Cina, dan Singapura. Ajang internasional ini disepakati setelah ketiga negara menandatangi perjanjian sport tourism pada 25 Januari 2018 lalu di Bintan Resorts.

Terbagi dalam Tiga Kategori

Suasana Rapat Bintan International Marathon (BIM) 2018
Suasana Rapat Bintan International Marathon (BIM) 2018 via Tribunnews.com

Kompetisi lari marathon dengan slogan ‘Run and Discover’ ini akan digelar di Bintan Beach International Resort, Kabupaten Bintan. Adapun perlombaan akan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu full marathon (42.2KM), half marathon (21.1KM), dan 10 km charity run. Diharapkan, perlombaan ini akan menjadi acara tahunan yang terus digelar di masa yang akan datang.

Targetkan 5.000 Peserta

Lari Marathon di Bintan
Lari Marathon di Bintan © Dinas Pariwisata Bintan 2018

Dikatakan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, kegiatan ini digelar dalam rangka menguatkan Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia. Tidak main-main, kegiatan ini akan melibatkan ribuan peserta dari berbagai negara. Sebagaimana diungkapkan oleh I Gde Pitana, panitia menargetkan 4.000 peserta mancanegara dan 1.000 peserta dari Indonesia. Jika jumlah tersebut terpenuhi, maka perolehan devisa diperkirakan akan mencapai Rp70 miliar.

Rute Penjelajahan yang Memesona

Pulau Bintan yang Menyimpan Pesona
Pulau Bintan yang Menyimpan Pesona via clubmed.com.hk

Lomba lari sendiri diperkirakan memakan waktu sekitar delapan jam, di mana start dan finish dipusatkan di Plaza Lagoi, Lagoi Bay. Rutenya akan melewati danau, pantai, dan wilayah-wilayah hotel dan spot menarik di Bintan. Diharapkan, rute tersebut mampu membuat peserta lebih mengekplorasi keindahan alam Bintan.

Bintan International Marathon sendiri nyatanya tak hanya bertujuan untuk memperkenalkan wisata Indonesia pada mancanegara. Penyelenggara juga bermaksud melakukan penggalangan dana yang nantinya akan digunakan untuk mempercantik wilayah, sekaligus meningkatkan kesejahteraan warga Bintan.

Tags
Bintan Indonesia kepulauan riau Lari Marathon
Share