Berselancar di Sungai Kampar

Pernah menghayal bisa berselancar di sungai? Kini khayalan itu bisa diwujudkan lho, tidak percaya? Datang saja ke sungai Kampar, Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Sungai satu ini memang berbeda dan spesial dibanding sungai-sungai lainnya, karena arus sungai ini bisa digunakan untuk berselancar.

Sungai Kampar dikatakan sebagai sungai unik sekaligus fenomenal sebab adanya gelombang dahsyat yang dapat ditunggangi para peselancar. Hal ini menjadi makin spesial karena kita tahu tidak semua laut berombak dapat dijadikan spot berselancar, namun sungai ini malah mampu mencuri perhatian para peselancar dunia.

Gelombang yang menjadikan sungai ini dapat digunakan berselancar adalah Gelombang Bono. Bono ini dikenal juga dengan sebutan Gelombang Tujuh Hantu (Seven Ghosts). Dinamakan demikian karena gelombang yang dihasilkan bisa mencapai tujuh lapis layaknya gelombang laut. Jika traveler ingin berselancar dengan nyaman, simak panduan berikut ini.

1. Akomodasi yang Dapat Traveler Jumpai di Sungai Kampar

Meski spot satu ini masih terbilang baru dalam jajaran destinasi pariwisata namun pemerintah Riau giat berbenah dalam pengembangan potensi sungai Kampar dan sekitarnya sebagai daerah tujuan wisata yang juga menjadi ikon pariwisata Riau ini. Jadi tidak perlu khawatir dengan fasilitas di sana, karena untuk kebutuhan akomodasi, sesampainya di teluk Meranti traveler dapat menemukan sejumlah homestay sederhana yang bisa disewa.

Beberapa rumah warga disewakan untuk penginapan para turis (c) 3.bp.blogspot.com
Beberapa rumah warga disewakan untuk penginapan para turis (c) 3.bp.blogspot.com

Untuk tarif menginap, traveler tidak perlu khawatir karena tarif sewa homestay per malamnya dapat dibilang cukup terjangkau jadi tidak akan membuat kantong Anda kempes. Sedangkan untuk urusan makanan, di lokasi sungai Kampar ini tidak terlalu sulit menemukan rumah makan kok. Meski tidak mewah, terdapat sejumlah rumah makan yang menyajikan makanan bercita rasa khas yang siap menggugah selera makan Anda.

Tags
selancar sungai kampar
Share