Tetap Berpenghasilan Sambil Traveling? Bisa! Ini Tipsnya

Traveling menjadi hobi yang diminati oleh semua orang dan berbagai kalangan. Dengan semakin mudahnya informasi terkait traveling serta aplikasi-aplikasinya, membuat semua orang dapat menjadi traveler. Tak bisa dipungkiri, melancong memang dapat menjadi penghilang penat yang ampuh. Namun jika traveling tak diimbangi dengan pemasukan yang lain, keuangan pasti kacau. Berikut ini tips agar teman traveler dapat berpenghasilan sambil traveling.

Bekerja Sebagai Tour Guide

Coba jadi tour guide via pexels.com

Jika hidup di kota dan daerah wisata, teman traveler dapat mencoba menjadi tour guide. Tentunya pemahaman tentang lokasi wisata di daerah sendiri pasti lebih banyak. Coba buatkan itinerary sederhana jika ada teman yang berkunjung ke kotamu. Jika temanmu puas, siapa tahu dari situ temanmu akan menyebarkan informasi dan teman traveler bisa mendapatkan klien baru.

Membuka Jasa Tour & Travel

Bermain lebih besar tour & travel via pexels.com

Jika memiliki modal lebih, teman traveler dapat menghasilkan uang yang lebih besar dengan membuka jasa tour dan travel. Terlebih lagi jika itinerary sesuai dengan pengalaman dari Teman Traveler sendiri. Usaha semacam ini juga tergolong mudah dikembangkan menjadi bisnis lain yang juga menghasilkan. Di antaranya seperti rental transportasi atau akomodasi yang sederhana.

Menjual Foto Hasil Hunting

Menjual foto dapat menjadi opsinya via pexels.com

Kalau teman traveler termasuk orang suka hunting foto ketika traveling, maksimalkan. Saat ini terdapat berbagai macam situs dan platform yang dapat menjadi wadah, seperti shutterstock misalnya. Beberapa media biasanya juga membutuhkan beberapa hasil karyamu untuk foto pendamping artikel. Jadi teman traveler dapat menghasilkan rupiah dari hasil jepretan saat traveling.

Menulis Pengalaman Traveling

Menulis pengalaman perjalanan dapat menghasilkan via pexels.com

Berpenghasilan sambil traveling bisa juga dilakukan bagi yang suka curhat. Menulis pengalaman perjalanan traveling dapat menjadi salah satu penghasil pundi-pundi uang. Saat ini banyak media cetak maupun media online banyak membuka kesempatan untuk penulis freelance. Perjalanan yang seru tersebut dapat teman traveler ceritakan dalam bentuk artikel. Teman traveler juga dapat mencoba menjadi kontributor di Travelingyuk.com.

Meskipun terkesan hanya menjadi kegiatan yang menghabiskan uang, traveling juga dapat memberikan pendapatan yang menjanjikan. Karena di Indonesia, pariwisata adalah lahan basah yang menghasilkan.

Tags
Digital Nomad Indonesia tips travel guide Wisata
Share