5 Hal yang Tidak Boleh Dilewatkan jika berlibur ke Gili Trawangan

Advertisement

Gili Trawangan dikenal sebagai surganya wisatawan. Salah satu pulau kecil yang ada di Lombok dengan suguhan air biru dan pasir putih yang membuat banyak orang terhipnotis akan keindahannya.Teman Traveler akan menjumpai berbagai akomodasi hingga fasilitas yang pastinya akan membuat kalian tertarik untuk menghabiskan waktu akhir pekan bersama sahabat maupun keluarga.

Photo By Me ( Lalu Danar Ariansani )
Suasana Gili Trawangan (c) Lalu Danar Ariansani/Travelingyuk.com

Namun, akan sayang jadinya jika teman traveler melewatkan beberapa aktivitas seru yang sangat cocok untuk dilakukan bila ingin liburan terasa berkesan. Nah, ini dia 5 hal yang tidak boleh teman traveler lewatkan apabila berlibur ke Gili Trawangan. Catat dan simak ya!

1. Snorkeling

Photo by Pondok Santi Estate
Snorkling di air yang jernih (c) Pondok Santi Estate

Gili Trawangan memang salah satu spot snorkeling terbaik di pulau Lombok. Keindahan daratan dan bawah lautnya sukses mengundang banyak wisatawan asing dan dalam negeri. Rasanya belum sah ke Lombok kalo belum pernah snorkeling disini, walau sekarang sudah banyak tempat snorkeling baru di Lombok yang ga kalah cantik dari pulau ini. Gili Trawangan unggul dalam hal kebersihan/kejernihan air lautnya dan sesekali Anda akan menemukan ikan-ikan kecil warna-warni.

Photo by david henrichs on Unsplash
Ilustrasi Snorkling seru di laut Gili via Unsplash

Sudah tersedia fasilitas atau kegiatan berupa “Snorkeling Trip 3 Gili” yaitu melakukan kegiatan snorkeling di 3 titik yaitu area Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp. 125.000 s.d. Rp. 150.000 perpaxnya, harga tersebut sudah termasuk peralatan snorkeling dan boat. Biasanya kegiatannya dimulai pukul 10.00 s.d. 14.00, start point dan end point di Gili Trawangan.

2. Diving

Gambar oleh catsdhika dari Pixabay
Ilustrasi Diving di laut Gili via Pixabay

Seperti kita ketahui, Indonesia memiliki kekayaan biota bawah laut yang sangat beragam, mulai dari terumbu karang, ikan, bebatuan dan sebagainya. Birunya laut Gili juga menyimpan keindahannya tersendiri. Tidak heran kalau banyak turis baik lokal maupun mancanegara berbondong-bondong ke pulau ini untuk menyelam.

Tidak bisa menyelam? Jangan khawatir. Terdapat banyak operator diving yang juga menyiapkan kursus selam bersertifikat POSSI dan PADI. Artinya, setelah mengikuti short-course ini, teman traveler sudah memiliki kompetensi dan akreditasi penyelaman yang sudah diakui. Tarif untuk
melakukan fun dive 3 gili ( Gili Trawangan, Meno, Air ) bisa dikenakan dengan biaya minimal Rp 1.000.000 / Pax dengan minimal 2 orang, 1 Hari untuk 2 kali menyelam dan sudah termasuk peralatan selam, boat, pemandu, lunch box, air mineral serta yang terpenting ialah asuransi.

Gambar oleh Ben Kerckx dari Pixabay
Ilustrasi Para Penyelam via Pixabay

Hampir semua operator diving ini di Gili Trawangan punya fasilitas lengkap, mulai dari kolam renang latihan sampai perlalatan diving dan kapal. Calon penyelam bisa mendapatkan arahan mengenai kondisi laut
Lombok dan tips-tips yang harus dilakukan selama melakukan penyelaman. Diving juga tak boleh merusak alam, dengan menginjak karang atau memegang hewan atau binatang dalam laut. Wah, pastinya uda gak sabaran kan mencoba aktivitas yang satu ini ?

3. Bersepeda Keliling Pulau

https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Gili_Trawangan_Cycling_Experence.jpg
Ilustrasi Bersepeda mengelilingi Gili Trawangan via Wikimedia

Gili Trawangan merupakan tempat yang asyik untuk di explore menggunakan sepeda, teman traveler dapat mengelilingi pulau Gili Trawangan dengan hanya bersepeda selama kurang lebih 30 menit hingga 1 jam saja. Tentunya dengan ditemani view dan beberapa spot foto yang indah.

Photo by Luca Zanon on Unsplash
Ilustrasi Bersepeda di temani view yang indah via Unsplash


Teman traveler dapat memesan sepeda melalui hotel dan penginapan atau bisa juga mengunjungi tempat-tempat penyewaan sepeda yang ada di Gili Trawangan. Untuk tarif atau biaya sewanya mulai dari Rp. 50.000 s.d. Rp. 75.000 perhari.

Photo by Me ( Lalu Danar Ariansani )
Jasa Penyewaan Sepeda (c) Lalu Danar Ariansani/Travelingyuk.com


Pesan buat teman traveler dalam memilih sepeda adalah Pertama, pilihlah sepeda yang tempat duduknya empuk dan agak besar, karena biasanya yang kecil dan Keras, akan membuat teman traveler sedikit merasa sakit / nyeri setelah bersepeda. Kedua, pilihlah sepeda yang ukuran bannya lebar, supaya kalian tetap nyaman saat berkendara di medan pasir.Dan jangan lupa untuk mempersiapkan fisik ya!, Lombok adalah wisata alam, maka kebugaran fisik adalah salah satu syarat untuk menikmati liburan di pulau ini.

4. Berburu Sunset

Photo by Federico Enni on Unsplash
Ilustrasi Menikmati Sunset via Unsplash

Kebanyakan wisatawan yang datang berkunjung ke Gili Trawangan
ialah wisatawan yang senang menikmati sunset atau sunrise, karena biasanya sunset menjadi obyek foto yang menarik untuk dibagikan di sosial media. Gili Trawangan memiliki spot untuk melihat sunset yang dipadukan dengan megah dan indahnya pemandangan Gunung Agung yang ada di pulau Bali. 

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/f/fa/Gili_Air_Sunset.jpg
Ilustrasi Sunset yang dipadukan dengan megahnya Gunung Agung Bali via Wikimedia

Ada beberapa spot di Gili Trawangan yang sangat tepat untuk dijadikan lokasi untuk menikmati indahnya sunset. Tak banyak nih wisatawan yang
berkumpul di beberapa cafe atau bahkan restoran, jadi teman traveler bisa
menunggu sunset hadir sambil minum atau makan makanan ringan.

Photo by Recal Media on Unsplash
Ilustrasi Sunset Point via Unsplash

Sangat disarankan nih buat teman traveler untuk menuju wilayah Gili Trawangan bagian barat laut dan utara, karena disitulah best view / sunset point terbaik di Gili Trawangan. Salah satu spot yang menjadi incaran wisatawan Indonesia dan sering menjadi trending topic yaitu Ayunan Ombak Sunset.

Ayunan ini merupakan ikon dari Hotel Ombak Sunset, bahkan menjadi salah satu ikon Gili Trawangan dan ayunan ini memberi dampak bagi obyek wisata lainnya. Bagaimana, sudah gak sabaran kan untuk mengabadikan momen indah terbenamnya matahari bersama sahabat maupun keluarga ?

Photo By Me ( Lalu Danar Ariansani )
Sunset yang romantis (c) Lalu Danar Ariansani/Travelingyuk.com

5. Wisata Kuliner

Photo by Me ( Lalu Danar Ariansani )
Berbagai jenis makanan (c) Lalu Danar Ariansani/Travelingyuk.com

Ketika menginjakkan kaki di Gili Trawangan, teman traveler akan langsung digoda oleh sederetan restoran dan kafe yang berderet di sepanjang pantai. Beraneka macam sajian mulai dari masakan nusantara seperti ayam taliwang, gado-gado, dan rawon sampai masakan yang berbau kebarat-baratan ada di sini. Bagi teman traveler yang hobi makan, maka perutmu dijamin akan dimanjakan di sini. Jangan khawatir, kebanyakan dari resto tersebut memajang menu mereka di depan yang disertai dengan harganya. Jadi, tidak usah khawatir terkena jebakan batman karena kamu bisa mengukur sendiri pengeluaranmu sebelum memutuskan untuk memesan makanan di restoran tersebut.

Harga yang tertera dalam menu yang tersedia kebanyakan sepadan dengan makanan yang disajikan, tidak terlalu overpriced. Mayoritas makanan berbahan dasar olahan laut yang masih segar, jika ditambah dengan pemandangan laut yang bisa menyegarkan mata ketika kita menyantap makanan tersebut, maka bisa dibayangkan betapa menggodanya kuliner di Gili Trawangan ini. Wah, sudah bisa dibayangkan bukan, betapa lezatnya makanan disini!

Photo By Me ( Lalu DanarAriansani )
Restoran romantis dengan penerangan lampu dan lilin (c) Lalu Danar Ariansani/Travelingyuk.com

Nah, itulah setidaknya 5 hal yang tidak boleh teman
traveler lewatkan jika berlibur ke Gili trawangan. Tentunya akan menjadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.
Jangan sampai dilewatkan ya.

Advertisement
Tags
Share