Di Pantai-pantai Ini Kamu Bisa Berkuda ala Keluarga Kerajaan

Advertisement

Meski bukan lagi zamannya, Keluarga kerajaan bagi sebagian masyarakat Indonesia masih dipandang istimewa. Tak sedikit yang memimpinkan menjadi pangeran, putri atau bahkan seorang raja yang tinggal di istana megah. Menunggang kuda gagah dan keliling menyambangi berbagai tempat di sudut wilayahnya. Namun, jangan bermimpi terlalu lama, kini sudah saatnya kamu bangun mencuci muka dan menghadapi kenyataan. Bila menjadi bagian dari keluarga kerjaan itu terlalu sulit, kamu tetap bisa merasakan sensasinya kok.

Datang saja ke beberapa pantai berikut ini, pilih mana kuda favoritmu dan tunggangi untuk berjalan-jalan sambil membayangkan bahwa kamu adalah seorang keturunan ningrat. Selama itu bisa membuatmu senang, nggak ada salahnya berimajinasi. Namun tetap saja, bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini, meski bukan bangsawan adalah sikap yang lebih baik. Yuk langsung saja, simak ulasan selengkapnya tentang berkuda di pantai berikut ini.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis image source]
Pantai Parangtritis image source]

Pantai Parangtritis terletak do Kabupaten Bantul sekitar 27 kilometer dari Kota Yogyakarta menuju arah selatan. Destinasi ini menjadi kebanggaan masyarakat Jogja dan setiap harinya ramai didatangi pengunjung terutama saat liburan. Selain itu, banyak ritual-ritual yang berhubungan dengan legenda penguasa lautan yaitu Nyi Roro Kidul dilakukan di pantai yang memiliki gumuk pasir terluas di Asia tenggara ini, suasana seram dan mencekam terkadang sangat terasa sekali.

Pantai Parangtritis [image source]
Pantai Parangtritis [image source]

Jangan terlalu hanyut dalam keparnoan ya karena kamu ke sana untuk berwisata bukan. Deburan ombak dan semilir angin laut akan langsung menyambutmu begitu tiba. Di kejauhan ada tebing-tebing dan bukit yang menjulang tinggi bersanding dengan Laut selatan. Di beberapa sudut terdapat kuda-kuda yang disewakan. Kamu bisa menaikinya daripada hanya berlari-lari, tentu sensasinya akan seru sekali. Selain itu, ada persewaan ATV hingga penjual layang-layang.

2. Pantai Saba

Di tempat ini, kamu tidak hanya bisa berkuda di pinggir pantai saja, tapi juga berkeliling ke perkampungan sekitar melihat aktivitas para penduduk yang sebagian masih tradisional. Pantai Saba berlokasi di Kabupaten Gianyar, Bali. Dari Pantai Kuta, membutuhkan perjalanan selama 45 menit dengan jarak tempuh 30 kilometer.

Pantai Saba [image source]
Pantai Saba [image source]

Persawahan dan alam yang hijau akan memanjakan matamu. Sebelum menunggang, kamu akan mendapatkan pengerahan terlebih dahulu bagaimana cara berkenalan hingga mengendalikan kuda, jadi jika ini adalah pengalaman pertamamu kamu nggak perlu khawatir kuda yang kamu naiki akan mengamuk dan hilang kendali.

3. Pantai Pererenan

Horse Riding adalah kegiatan wisata sekaligus olahraga. Dengan kata lain, kamu akan mendapatkan banyak manfaat terutama untuk kesehatan mental dan fisik. Apalagi jika lokasinya adalah pantai, kamu bisa merasakan kesejukan dan keindahan langit berpadu dengan birunya lautan.

Pantai Pererenan [image source]
Pantai Pererenan [image source]

Selain di Pantai Saba, Bali ternyata masih memiliki beberapa tempat lain untuk berkuda. Salah satunya adalah Pantai Pererenan. Lokasinya ada di wilayah Kabupaten Badung, tepatnya di kawasan Mengwi. Tur berkuda paling singkat selama satu jam, akan membawamu menjelajahi desa, melewati sawah, hingga sampai ke Pantai Pererenan.

4. Gili Trawangan

Jika di Pantai Saba atau Perenenan kamu bisa menunggang kuda tanpa didampingi pemandu, beda lagi dengan suguhan di Gili Trawangan. Ikon wisata Nusa Tenggara Barat itu juga menyediakan kuda untuk ditunggangi namun bukan dipicu, hanya dinaiki kemudian berjalan-jalan mengelilingi pantai, itupun harus dengan pemandu.

Gili Trawangan [image source]
Gili Trawangan [image source]

Tapi karena Gili Trawangan itu keren banget, maka kamu tetap akan mendapatkan kepuasan tersendiri. Harganya cukup mahal memang, namun itu karena postur kudanya besar-besar dan gagah.

Itulah beberapa pantai yang yang bisa kamu datangi untuk berkuda. Tentu saja masih banyak tempat lain yang menawarkan keseruan serupa, namun kamu bisa mulai hobi barumu itu dari empat tempat di atas.

Advertisement
Tags
Bali Indonesia Lombok NTB pantai Yogyakarta
Share