4 Spot Berburu Foto Bintang di Kota Malang, Catat ya!

Melihat keindahan langit adalah hal yang belum tentu dapat dirasakan oleh semua orang. Terlebih lagi untuk orang yang berada di kota dan kawasan-kawasan lain yang banyak polusi cahaya. Memang diperlukan beberapa trik untuk dapat melihat bintang dan kawan-kawannya. Salah satunya adalah dengan menuju tempat berketinggian sedang dan minim polusi cahaya. Jika kamu berada di Kota Malang dan sekitarnya, coba datang ke empat spot yang akan disebutkan ini.

1. Gunung Bromo

Fotografer yang sedang berfoto dengan latar belakang bulan dan bintang via instagram
Fotografer yang sedang berfoto dengan latar belakang bulan dan bintang via instagram/warkopmalang

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2,329 mdpl dan memiliki banyak spot jika mau menjelajah. Perbukitan di bagian utara bukit teletubies adalah salah satu spot untuk berburu bintang. Para fotografer biasa menyebut dengan zona minus. Dari tumpang sesampainya persimpangan Njemplang, kamu tak perlu belok ke kanan menuju arah turun ke padang pasir. Lurus saja dan mengikuti jalan setapak.

2. Ranu Regulo

Pemandangan langit di Ranu Regulo via instagram
Pemandangan langit di Ranu Regulo via instagram/filipus_hender

Ranu Regulo adalah satu dari tiga danau yang terdapat di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Ranu Regulo, berada tidak jauh dari tempat parkir kendaraan bermotor yang paling akhir di Ranu Pani. Kamu hanya perlu berjalan sekitar lima belas menit saja. Minimnya polusi cahaya membuat tempat ini sangat mungkin untuk menjadi lokasi berburu bintang. Selama tidak sedang diselimuti kabut.

3. Ranu Kumbolo

Pemandangan matahari terbit di Ranu Kumbolo via instagram
Pemandangan matahari terbit di Ranu Kumbolo via instagram/everydaybromo

Ranu Kumbolo adalah danau yang populer di kawasan Gunung Semeru. Berada di ketinggian 2.390 mdpl, Ranu Kumbolo sangat jauh dari polusi cahaya yang mengakibatkan bintang terlihat redup. Selain kamu dapat berburu bintang, pemandangan matahari terbit di tempat ini sangat  memukau.

4. Paralayang

Pemandangan dari Paralayang via instagram
Pemandangan dari Paralayang via instagram/satria_nata

Paralayang berada di kawasan Kota Batu. Meskipun di depan masih terlihat banyak lampu kota, tempat ini masih dapat menjadi spot berburu foto bintang. Dari sini kamu dapat merekam foto star trail. Meskipun berubah-ubah, biasanya poros perputaran bintang berada di sekitar atas puncak Gunung Panderman.

Menyaksikan keindahan bintang dan benda-benda langit memang tak bisa di sembarang tempat. Empat lokasi di atas dapat kamu coba ketika datang ke Malang dan sedang hunting foto. Di mana spot berburu foto yang menjadi favoritmu?

Tags
Indonesia Jawa Timur Malang Wisata
Share