Mengunjungi Berastagi Karo Sumatra Utara, Salah Satu Kota Terdingin di Indonesia

Advertisement

Untuk negara dengan iklim tropis, rata-rata suhu udara di Indonesia berdasarkan pengamatan BMKG berada di angka 26 hingga 27 derajat celsius. Namun, ternyata di beberapa bagian ada loh daerah yang dinginnya ‘menggigit’ hingga berada di bawah 10 derajat celsius.

Salah satu tempat terdingin yang bisa kamu kunjungi adalah Kota Berastagi, Karo, Sumatra Utara. Ingin tahu bagaimana kehidupan masyarakat di Berastagi? Kepoin terus ulasan berikut sampai selesai ya!

Suhu udara tidak pernah berada di atas 30 derajat celsius

Berastagi merupakan salah satu daerah yang letaknya berada di dataran tinggi, tepatnya 1.300 mdpl di Tanah Karo. Berastagi diapit oleh dua gunung, yakni Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak. Sensasi dingin akan segera kamu rasakan begitu berada di daerah perbatasan antara Deli Serdang dan Tanah Karo.

Foto via iNews

Memasuki perbatasan ini, kamu akan disambut oleh kabut. Menariknya, sepanas-panasnya cuaca di Berastagi, cuaca tidak pernah lebih tinggi dari 30 derajat celsius. Suhu dinginnya selalu berkisar di 20 atau di bawah 20 derajat celsius.

Cuaca dingin yang disebabkan oleh wilayah pegunungan

Foto via Flickr

Cuaca dingin di Berastagi ini disebabkan oleh letak wilayahnya yang diapit oleh dua gunung berapi aktif. Di saat Gunung Sinabung mengalami erupsi dalam beberapa tahun terakhir, Berastagi menjadi salah satu wilayah yang terdampak debu vulkanik. Namun, hal tersebut tidak mengurangi suasana dan sensasi dingin di wilayah ini.

Masyarakat yang memegang teguh tradisi Suku Karo

Di Berastagi terdapat satu desa, Desa Peceran, yang masih memegang teguh adat istiadat turun temurun Suku Karo. Di desa ini, ada kurang lebih 700 kepala keluarga, yang tinggal di rumah-rumah adat Suku Karo.

Foto via Tempat Wisata Unik

Menariknya, di antara rumah adat tersebut, ada yang sudah berusia lebih dari 120 tahun, sehingga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Untuk mengunjungi desa ini, kamu tidak akan dipungut biaya apa pun, hanya saja, fasilitas umum masyarakat yang ada di Desa Peceran masih tergolong minim.

Hasil tani yang melimpah ruah

Berkat udara dingin dan sejuknya, Berastagi dikenal sebagai salah satu daerah penghasil buah-buahan terbaik di Sumatra Utara. Di Berastagi terdapat pasar terkenal yang menjual berbagai jenis buah-buahan segar, mulai dari markisa, stroberi, alpukat, manggis, hingga kesemak.

Foto via Atourin

Masyarakat sekitar menyebutnya sebagai “Pajak Buah”. Selain buah-buahan, Berastagi terkenal dengan hasil tani seperti umbi-umbian seperti talas, kentang, serta ubi jalar dan berbagai jenis bunga-bungaan.

Wisata terkenal dan bisa dikunjungi di Berastagi

Selain terkenal dengan wilayah terdingin di Indonesia, Berastagi punya pesona alam yang luar biasa indah. Ada banyak sekali tempat yang bisa kamu jelajahi jika berkunjung ke Berastagi.

Foto via Indonesia Traveler

Jika ingin merasakan sensasi hiking, kamu bisa mengunjungi Bukit Gundaling dengan ketinggian 1.575 mdpl, jaraknya sekitar 3 kilometer dari Berastagi. Wisata alam lain yang tak kalah menarik adalah Air Terjun Sikulikap, Gunung Sibayak, Air Terjun Dua Warna, Taman Alam Lumbini, serta Bukit Kubu Brastagi.

Berastagi menjadi daerah elok yang menyuguhkan keindahan dan kekayaan alam sekaligus. Jika berkunjung ke Berastagi, kamu tidak boleh melewatkan berbagai macam wisata yang ada di sana. Suasananya yang sejuk dan dingin membuat liburan kamu lebih asyik. Cocok banget dijadikan destinasi untuk healing dari kesibukan yang padat.

Advertisement
Tags
Kota Berastagi Kota terdingin di Indonesia Suku Karo Wisata Berastagi wisata sumatera utara
Share