Benteng Vredenburg, Saksi Bisu Sejarah Kemerdekaan RI di Jogja

Ada yang bilang bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Museum Benteng Vredenburg di Jogja adalah salah satunya. Museum yang didirikan dari bekas lahan benteng milik Belanda ini tampak kekinian. Bangunannya yang gagah dan menjadi cagar budaya membuat semua orang ingin berkunjung. Berikut adalah cerita dari Kontributor Travelingyuk, Rizky Nusantara. Simak lebih lanjut, yuk.

Sejarah Singkat

Baju Perang
Koleksi di museum (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Belanda sengaja membangun benteng ini untuk mengintai apa yang sedang dilakukan oleh Kerajaan Yogyakarta. Pihak keraton sengaja membuat pembangunan ini menjadi lama. Hal ini dikarenakan pihak keraton kurang begitu suka dengan hadirnya benteng ini yang membuat gerak-gerik Keraton jadi tidak bebas

Daya Tarik Benteng

Patung Tokoh Bersejarah
Patung Tokoh Bersejarah (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Terletak di kawasan Malioboro membuat semua orang mengenal Benteng ini. Bangunannya bergaya Belanda ini  terlihat mengesankan dan membuat semua orang tertarik untuk berpose di depannya.

Setelah pintu masuk, wisatawan akan disambut dengan sebuah taman dengan dua buah meriam dan beberapa patung. Kawasan ini mirip seperti Kota Tua Jakarta. Hanya saja, lokasi ini berada di dalam sebuah benteng.

Ada 3 Diorama yang tersedia di kawasan ini. Masing-masing menceritakan tentang sejarah-sejarah bangsa. Lengkap dengan berbagai peristiwa yang ada. Sejarah yang dibawakan ini cukup menarik. Rasanya seperti berada di kejadian tersebut saat membaca apa yang terjadi.

Ada beberapa Foto para pahlawan yang dijadikan sebuah spot foto. Begitu pula dengan lencana dan juga tombak yang langsung menjadi spot foto para pengunjung.

Lorong Sejarah

Salah satu Minirama
Diorama (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Ada sebuah lorong dimana wisatawan bisa merasakan bagaimana rasanya berada di zaman kemerdekaan. Hanya saja, lorong ini tidak terlalu panjang. Suasananya begitu mencekam dan seperti berada di kawasan zaman kemerdekaan. Menyenangkan sekali.

Bagi wisatawan yang ingin mengenal lebih jauh kawasan ini. Wisatawan bisa memanfaatkan sebuah pemutaran video yang bisa disimak. Video yang berisikan tentang sejarah lengkap tentang Benteng Vredenburg yang sangat menarik

Rute, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Salah Satu Bangunandi Benteng
Bangunan di Benteng (C) Rizky Nusantara/Travelingyuk

Benteng Vredenburg berada di alamat Jl. Jend A. Yani No.8, Yogyakarta. Wisatawan bisa mengarahkan kendaraan menuju kearah Malioboro. Benteng ini berada di titk nol kilometer. Kawasan yang juga menjadi kunjungan wisatawan baik dalam maupun luar Yogyakarta.

Bagi wisatawan yang ingin masuk kedalam sini, wisatawan harus membayar uang sebesar 3 ribu rupiah saja. Harga yang murah bukan, untuk sekelas museum yang begitu mengesankan.

Museum Benteng Vredenburg adala sebuah museum yang memberikan tempat untuk dijadikan sebuah tempat wisata bersama keluarga. Wisatawan pun juga bisa menikmati sebuah coffee sembari menikmati bangunan tua yang begitu mengesankan dan sangat cocok untuk instagramable.

Tags
Indonesia Jogja Museum Benteng Vredenburg Travelingyuk Wisata
Share