Benteng Ulantha, Wisata Baru Gorontalo yang Tampil Megah

Mengunjungi benteng di Gorontalo akan jadi agenda wisata sejarah yang seru. Belakangan, provinsi yang terletak di bagian barat Sulawesi Utara ini punya benteng baru. Ia adalah Benteng Ulantha.

Uniknya, walau tidak memiliki nilai sejarah terkait masa lalu, bangunan megah ini dibangun di atas gunung yang bersejarah. Bagaimana persisnya? Simak uraian berikut yuk!

Destinasi Wisata Baru di Gorontalo

Destinasi Wisata Seru dan Baru di Gorontalo via Instagram/alanhulimalo

Benteng Ulantha merupakan salah satu destinasi wisata baru di Gorontalo. Kemegahannya bisa dinikmati para pengunjung mulai awal tahun 2018. Namun sampai pada akhir tahun, kawasan ini masih terus dikembangkan. Beberapa bagian bangunan, baru selesai dibuat pada beberapa waktu lalu.

Dibangun oleh Pemerintah Setempat Sebagai Tempat Wisata

Benteng yang Instagenic via Instagram/anna_soetjipto

Kemegahan bangunan Benteng Ulantha dibuat oleh pihak pemerintah Kabupaten Bone Bolango. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari kantor Bupati Bone Bolango.

Megahnya Benteng Ulantha via Instagram/nellyfebrianty

Sebelumnya, kawasan ini tidak lebih dari sebuah area yang penuh belukar dan rumput liar. Namun dengan inisiatif dari pihak pemerintah, ia pun berhasil berubah jadi tempat wisata yang digandrungi anak muda.

Dibangun di Atas Gunung Bersejarah

Berada di Atas Gunung Bersejarah via Instagram/anna_soetjipto

Benteng yang tampak kokoh dan instagenic ini dibangun di atas Gunung Pombolu. Dilansir dari Liputan6, tokoh masyarakat Desa Ulanta mengatakan bahwa gunung tersebut memiliki nilai sejarah.

Bangunan Megah di Atas Gunung Bersejarah via Instagram/nunie_s

Diceritakan bahwa pada zaman dulu, Gunung Pombolu merupakan tempat yang digunakan para pejuang untuk memantau kedatangan mobil-mobil pihak Belanda. Karena kawasannya cukup tinggi, keberadaan pihak Belanda yang cukup jauh pun dapat terlihat dari sini.

Lokasi dan Tiket

Sunset dari Benteng Ulantha via Instagram/_miratrisya

Posisinya yang berada di ketinggian menjadi salah satu daya tarik utama objek wisata ini. Saat sore tiba, Teman Traveler dapat melihat sunset dengan manis dari Benteng Ulantha. Menarik, kan? Lebih asyik lagi karena tidak ada tiket masuk ke kawasan ini. Pengunjung bisa masuk tanpa dikenai biaya.

Lalu di mana lokasi benteng ini? Sesuai namanya, ia berada di Desa Ulantha, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Menggunakan kendaraan, waktu tempuh dari pusat kabupaten menuju lokasi sekitar 1 jam 28 menit.

Benteng Ulantha yang unik, cantik dan instagenic ini menambah “koleksi” benteng di Gorontalo. Teman Traveler yang punya hobi berfoto tentu tidak boleh melewatkannya! Ditunggu ya!

Tags
benteng ulantha Gorontalo Wisata
Share