Benteng Kedungcowek, Eksotis dan Misterius di Dekat Suramadu

Mungkin tak banyak Teman Traveler yang tahu bahwa sisi Jembatan Suramadu yang berada di Surabaya memiliki wisata sejarah yang jarang diketahui orang. Tempat ini bernama Benteng Kedungcowek yang biasa disebut sebagai gudang peluru oleh warga sekitar.

Bangunan utama Benteng Kedungcowek sebagian besar sudah tidak utuh lagi. Namun hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan kabarnya tempat ini sempat dijadikan lokasi syuting film misteri lho. Yuk, simak pengalaman saya menjelajah di siniTeman Traveler.

Ada di Pantai Jembatan Suramadu

benteng kedungcowek
Seorang pengunjung berfoto dekat Jembatan Suramadu (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Benteng Kedungcowek berada di bibir pantai dekat Jembatan Suramadu. Jika ingin mampir ke sini, Teman Traveler tinggal parkir di warung kopi dekat jembatan dan bertanya arah pada tukang parkir. Tenang saja, pasti akan diberitahu kok.

Kedungcowek sendiri hanya berjarak sekitar 300 meter dari kawasan warung kopi tersebut. Bisa ditempuh dengan berjalan kaki beberapa menit saja. Namun sebelum berangkat, Teman Traveler sempatkan juga menikmati eksotisnya pantai dan Jembatan Suramadu dari kejauhan.

Berdiri Kokoh

lrm_export_20190820_032306_YB4.jpg
Benteng yang masih berdiri kokoh (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Bangunan utama Benteng Kedungcowek sebagian sudah tertimbun tanaman liar. Meski demikian, corak arsitektur Belanda-nya masih terlihat. Sepintas juga nampak kokoh meski sudah melewati beberapa dekade.

Teman Traveler sangat dianjurkan mengenakan sepatu dan celana panjang ketika mampir ke Kedungcowek. Menurut warga sekitar, di sekitar benteng kadang ditemukan beberapa ular berbisa. Hewan melata tersebut biasa bersembunyi di sela-sela tanaman liar.

lrm_export_20190820_032219_8Ya.jpg
Arsitekturnya tampak unik (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Meski tampak kuno dan mungkin menimbulkan kesan angker, bagi saya benteng ini justru tampak eksotis. Sangat menarik, mirip seperti set pengambilan gambar film peperangan.

lrm_export_20190820_032154_6fS.jpg
Salah satu sudut benteng (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Berjalan di area dalam, Teman Traveler bakal masih bisa merasakan sisa-sisa kemegahan benteng yang berdiri di sepanjang garis Pantai Kedungcowek ini. Menurut penuturan warga, tempat ini pernah jadi fasilitas penyimpanan amunisi dan peralatan perang.

Selain itu, cerita lainnya menyebutkan bahwa semasa Perang 10 November 1945, banyak tentara yang tewas di Benteng Kedungcowek dan tak sempat dikuburkan karena situasinya kurang kondusif.

Lokasi Pembuatan Film

benteng kedungcowek
Jadi spot foto menarik (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Meski bentuknya sudah tak utuh lagi, Benteng Kedungcowek kini jadi lokasi favorit untuk para fotografer. Sudut-sudut eksotisnya benar-benar menarik untuk diabadikan lewat bidikan lensa kamera. Bahkan tak sedikit pasangan yang memilih lakukan foto pre-wedding di sini, lantaran suasananya memang beda.

benteng kedungcowek
Berjalan di sekitar benteng (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Benteng Kedungcowek juga sering dijadikan tempat pembuatan film pendek bergenre misteri. Kala saya berkunjung, tampak beberapa mahasiswa tengah melakukan survei untuk lokasi pengambilan gambar. Hmm, cukup menarik ya Teman Traveler.

Menikmati Pemandangan dari Menara Pantau

lrm_export_20190820_032434_FPY.jpg
Suasana di menara pantau (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Daya tarik lain Benteng Kedungcowek adalah sebuah bangunan berbentuk tabung yang dulunya dipercaya berfungsi sebagai menara pantau dan tempat persenjataan Belanda. Di dalamnya memang terdapat sebuah lintasan mirip rel, yang bisa jadi sempat digunakan untuk memindahkan meriam maupun senjata lain.

Menara pantau benteng kini sudah lama terbengkalai. Namun dari atas, Teman Traveler bisa menikmati indahnya pemandangan sekitar. Mulai dari hamparan laut biru hingga langit luas bisa kalian kagumi dengan maksimal, apalagi posisi wisata sejarah ini menghadap langsung ke arah Selat Madura.

lrm_export_20190820_032404_pie.jpg
Pemandangan sekitar benteng (c) Welly Handoko/Travelingyuk

Itulah sedikit pengalaman saya kala mampir ke Benteng Kedungcowek. Di sini Teman Traveler bisa rasakan sisa-sisa kemegahan dan keeksotisan bangunan masa lalu, dengan nuansa yang benar-benar berbeda. Jika kalian kebetulan sedang jelajah tempat wisata Surabaya, jangan lupa datang ke sini ya.

Tags
benteng kedungcowek Indonesia Jawa Timur kontributor Surabaya Travelingyuk Wisata wisata surabaya
Share