Sedang Trend! Bendungan Baru jadi Tempat Wisata Warga, Ini Dia Pilihannya!

Bendungan baru jadi tempat wisata? Kenapa tidak! Di beberapa wilayah Indonesia, waduk baru ini ramai dikunjungi. Mereka ditata apik dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik. Suasananya cukup nyaman untuk liburan tipis-tipis.

Penasaran di mana saja bendungan baru tersebut? Ini dia pilihannya!

Bendungan Kamijoro, Bantul

Bendungan Kamijoro via Instagram/dhian_hardjodisastro

Bendungan Kamijoro selesai dibangun pada 2018 lalu. Lokasinya berada di perbatasan antara Bantul dan Kulon Progo. Berdasarkan fungsinya, Bendungan Kamijoro dibuat sebagai sarana irigasi untuk sawah-sawah yang ada di Bantul.

Playground di Bendungan Kamijoro via Instagram/bendungkamijoro

Selain itu, ia pun menjalankan fungsi sebagai destinasi wisata. Karena bendungan ini turut dilengkapi dengan taman, arena bermain dan jembatan. Warga yang berkunjung ke sini jumlahnya mencapai ribuan lho. Saat keliling wisata Jogja, Teman Traveler juga harus mampir ke sini ya!

Bendungan Mila, Sumbawa

Trend menjadikan bendungan baru sebagai destinasi wisata juga terjadi di Sumbawa, NTB. Bendungan Mila yang mulai impounding atau penggenangan pada 17 Januari 2019 lalu langsung banyak dikunjungi warga. Biasanya warga sekitar datang ke Bendungan Mila pada sore hari.

Menjadi Kawasan yang Banyak Dikunjungi Warga via Instagram/dedeimah09

Aktivitas yang dilakukan di sini antara lain bersepeda, senam bersama, jalan-jalan di sekitar bendungan dan berfoto. Berdasarkan fungsinya, Bendungan Mila memiliki beberapa manfaat. Yaitu mendukung kontuitas suplai air Daerah Irigasi, sumber air baku untuk beberapa kecamatan di sekitarnya, mereduksi banjir dan objek wisata.

Bendungan Teritip, Balikpapan

Bendungan Teritip via Instagram/fennyamaliyah

Bendungan atau Waduk Teritip menjadi destinasi wisata baru di Balikpapan. Ia dibangun sebagai pasokan cadangan air baku untuk Balikpapan. Selain menjalankan fungsi sebagai bendungan pada umumnya, ia dilengkapi dengan wahana-wahana permainan yang seru.

Bendungan yang Sekaligus Jadi Tempat Wisata via Instagram/fennyamaliyah

Pada akhir pekan, bendungan ini banyak dikunjungi warga. Fasilitas permainan di sini juga dilengkapi dengan gazebo dan mushola.

Bendung Karet Tirtonadi, Solo

Bendung Karet Tirtonadi via Instagram/anang_fuad

Bendung Karet Tirtonadi selesai dikerjakan pada 11 Desember 2018 lalu. Pembangunannya dilengkapi dengan jalur pedestrian di bagian sisi utara dan selatan. Ia juga dilengkapi dengan fasilitas publik seperti taman dan bangku.

Jadi Lokasi Selfie Warganya via Instagram/lutfiahnj_16

Pada sore hari, kawasan ini ramai dengan warga yang jalan-jalan. Mereka sengaja berkunjung untuk menikmati suasana di sini atau sekadar berfoto.

Bendungan Rotiklot, NTT

Penataan Bendungan Rotiklot yang Menarik via Instagram/viltofahik

Bendungan baru selanjutnya yang banyak dikunjungi warga adalah Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu, NTT. Kontruksi bendungan ini merupakan jenis pelimpahan samping. Bentuknya cukup unik sehingga banyak menarik minat warga untuk berkunjung.

Salah Satu Sudut Bendungan via Instagram/ess_tehh

Bendungan Rotiklot juga dilengkapi dengan taman. Di bagian atas bendungan terdapat kontruksi menyerupai rumah adat yang instagenic. Jalan-jalan ke sini juga semakin betah karena bendungan dilengkapi dengan toilet, ruang informasi, tempat parkir dan pos pengaman.

Bendungan baru jadi tempat wisata warga, sedang trend belakangan ini. Masyarakat berkunjung untuk jalan-jalan atau sekadar berfoto. Di antara beberapa bendungan di atas, mana nih favorit Teman Traveler?

Tags
Bendungan bendungan baru Bendungan Baru Jadi Tempat Wisata Indonesia Wisata
Share