Semarak Kemerdekaan RI, Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di 4 Tempat Ini

Rayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 73, segenap agenda meriah terlihat dari berbagai daerah di tanah air. Tak hanya perlombaan tradisional dari balap karung hingga panjat pinang, kibaran sang saka merah putih sudah mendominasi sepanjang jalan. Seperti di Pantai Pandawa, Bali di tahun 2017 lalu, kado ulang tahun Indonesia berupa kibaran bendera merah putih raksasa terlihat di beberapa daerah. Di mana saja?

1. Gunung Api Purba Nglanggeran, Gunungkidul

Gunung Api Purba Nglanggeran
Gunung Api Purba Nglanggeran via instagram/@gandung_mh

Menyambut ulang tahun RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus, sang saka merah putih sudah membentang di Bukit Bucu, Gunung Api Purba Ngalanggeran, Gunungkidul Jogja. Pembentangan bendera yang berukuran 42×28 meter di ketinggian 250 meter dengan kemiringan 90 derajat tersebut dilaksanakan pada Senin (13/8/2018) oleh warga yang bergabung dengan pokdarwis, TNI, dan Polri. Sementara penurunannya akan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus. Gagahnya merah putih ini pun menyedot perhatian karena menjadi bendera raksasa pertama yang berhasil terbentang di Gunungkidul.

2. Polres Tangerang

Polres Tangerang
Polres Tangerang via instagram/@m.sabilul_alif

Tempat berikutnya yang juga mengibarkan sang saka merah putih ada di gedung Polres Kota Tangerang. Sepanjang 135 meter dengan lebar 13 meter tersebut menutup seluruh sisi gedung. Tujuan pemasangan bendera merah putih raksasa dengan berat hingga 500 kg ini untuk membangkitkan jiwa Nasionalisme seluruh elemen masyarakat. Gedung di Tangeran ini terlihat gagah bukan?

3. Bogor

Bendera Raksasa di Bogor
Bendera Raksasa di Bogor via instagram/@festivalmerahputih_bogor

Semarak kemerdekaan RI juga terlihat di Kota Bogor. Hari Minggu (05/08/2018) kemarin, terdapat acara kirab bendera yang diiringi alunan musik drum band dan nyanyian lagu kebangsaan. Acara yang berlangsung di Jalan Sudirman ini menarik perhatian karena bendera yang diarak memiliki ukuran cukup besar, yaitu 117 x 7 meter. Selain memeriahkan ulang tahun Indonesia, acara kirab ini bertujuan untuk menguatkan semangat nasionalisme, patriotisme dan kebersamaan.

4. Gunung Kebo, Trenggalek

Bendera di Gunung Kebo
Bendera di Gunung Kebo via instagram/@net.cops

Puncak Gunung Kebo di Trenggalek juga menjadi tempat pengibaran bendera merah putih raksasa di tahun ini. Sejumlah elemen masyarakat, mulai dari warga, personil Polres, Kodim 0806, Basarnas dan BNN Kabupaten Trenggalek saling bergotong royong membopong bendera ke bukit. Dilansir dari beberapa sumber, bendera dengan berat 200 kg tersebut memiliki ukuran 20×70 meter yang bisa terlihat dari lembah bukit dan desa terdekat.

Nah, empat bendera merah putih raksasa yang menyemarakan kemerdekaan RI ke 73 ini. Salam Merdeka!

Tags
Bali Bogor Gunungkidul Indonesia tangerang Trenggalek
Share