Kalap Belanja di Luar Negeri, Ini Tips Agar Tagihan Bea Cukai Tidak ‘Bengkak’

Berniat belanja di luar negeri? Jangan asal beli sebelum tahu perhitungan bea cukai. Bisa jadi, kamu akan mengeluarkan hingga puluhan juta hanya untuk bea masuk serta pajaknya. Agar tidak sampai seperti itu, kamu bisa memanfaatkan beberapa tips berikut ini.

1. Ketahui Aturan Bea Cukai dan Hitung Sendiri

Perhitungan Bea Masuk dan Pajak Barang Impor
Perhitungan Bea Masuk dan Pajak Barang Impor [image source]
Perhitungan bea cukai barang masuk sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188 Tahun 2010. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa barang akan dikenakan bea masuk saat harga barang di atas $250 atau sekitar Rp3.314.500 per orang dan $1000 sekitar Rp13.258.000 per keluarga. Tarif untuk pengenaan tersebut beragam mulai dari 0 persen hingga lebih dari 100 persen, tergantung dari barang impor yang masuk. Semakin mewah, maka presentasinya pun makin tinggi.

2. Mengunduh Aplikasi Buku Tarif Kepabean Indonesia

Contoh Perhitungan Bea Cukai
Contoh Perhitungan Bea Cukai [image source]
Selain bea masuk, ada pula pajak penghasilan serta PPN (Pajak Penambahan Nilai) 10%. Angka dari pajak dan bea masuk tersebut memang terlihat kecil, tapi akan langsung menguras kantong jika dihitung lagi. Ada baiknya untuk mengunduh Aplikasi Buku Tarif Kepabeanan Indonesia. Aplikasi ini dapat memudahkanmu menghitung pajak dan bea masuk barang. Hal ini tidak lain agar kamu masih belanja dengan harga yang wajar dan taat membayar pajak.

3. Pintar Memilih Barang

Memilih Barang
Memilih Barang [image source]
Kalau urusan belanja, kejelian harus diandalkan. Tentu saja untuk mencari barang-barang yang murah namun memiliki kualitas yang bagus. Hindari belanjaan yang masuk dalam kategori mewah. Kamu bisa memilih beberapa, namun sesuaikan dulu dengan uang yang kamu miliki. Karena kalau kamu tidak sanggup membayarnya, maka kemungkinan barangmu akan ditahan bahkan dilelang.

4. Beli Secukupnya dan Bisa Langsung Dipakai

Barang langsung dipakai
Barang langsung dipakai [image source]
Kebutuhan sehari-hari yang dibeli di Luar Negeri seperti pakaian hingga handphone tentu tidak akan dikenakan bea masuk. Namun jika jumlahnya melebihi kewajaran maka akan dipertanyakan oleh petugas. Kemudian untuk barang-barang mewah seperti jam tangan atau cincin, kamu bisa langsung memakainya.

Belanja barang-barang di dalam negeri juga bisa jadi pilihan. Harganya terjangkau dan tentu saja tidak akan bingung dengan perhitungan pajak dan bea masuk. Semoga tips di atas bermanfaat ya!

Tags
Bea Cukai Indonesia tips
Share