4 Tips Ampuh Agar Tak Kalap Saat Belanja di Duty Free Shop

Isti

Isti

On Indonesia

Hadirnya Duty Free Arrival di Bandara Ngurah Rai memang menarik perhatian, terutama bagi turis asing. Sebelum di Bali, Duty Free Shop atau toko bebas pajak sudah banyak terdapat di bandara-bandara besar di luar negeri. Produk yang dijual pun juga beragam mulai dari sovenir hingga kebutuhan sehari-hari. Meski menguntungkan, kamu harus hati-hati saat berbelanja di sini. Jika kalap sedikit, jatah uang liburanmu akan ludes. Tak mau hal tersebut terjadi kan? Yuk, simak tips ampuhnya agar tak kalah saat belanja di duty free shop berikut.

Ketahui Aturan Bea Cukai

Belanja di Duty Free
Belanja di Duty Free via instagram/@poseidonsconsort

Toko bebas pajak memang bikin laper mata. Namun, kamu bakalan miskin seketika ketika terlalu banyak berbelanja. Apalagi jika tidak mengetahui aturan bea cukai. Ketika sampai di tanah air, petugas bea cukai di bandara akan memeriksa isi kopermu ketika terlihat tidak wajar. Jika belanjaan melebih batas, bisa-bisa kamu harus membayar pajak masuk. Biayanya pun berbeda tergantung kategori barang bawaan.

Survei Harga Asli Produk

Survei Barang Duty Free
Survei Barang Duty Free via instagram/@worlddutyfreebeauty

Jangan pernah beranggapan jika semua barang yang dijual di Duty Free Shop murah. Jika jeli, kamu bakal menemukan produk yang harganya lebih mahal dari pasarannya. Untuk menghindari budget berlebihan, sebaiknya cek dulu harga barang yang akan dibeli. Ketika harganya tak wajar, sebaiknya beli saja di toko lain. Hitung pula pajak yang harus kamu bayar ketika membeli di toko tidak bebas pajak.

Buat Rincian Barang yang Dibeli

Kosmetik di Duty Free
Kosmetik di Duty Free via instagram/@minostir

Membawa buah tangan saat pulang traveling sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia. Namun, tak perlu memaksakan jika uang sakumu pas-pasan. Agar lebih hemat lagi, sebaiknya persiapan daftar barang yang akan kamu beli di Duty Free Shop. Sebaiknya hindari membeli barang elektronik, pakaian, dan kosmetik. Biasanya, Duty Free Shop tidak memiliki barang lengkap serta produk terbaru. Harganya juga tidak jauh beda dengan toko biasa.

Beli Barang dengan Harga Pajak Tertinggi

Ilustrasi Barang Mewah di Duty Free
Ilustrasi Barang Mewah di Duty Free via instagram/@heinemann_trd

Membeli sesuatu di negeri orang memang menjadi kepuasan tersendiri. Apalagi jika mendapatkan harga bebas pajak. Untuk lebih bijak lagi dalam berbelanja, belilah barang yang harga pajaknya tinggi. Seperti tembakau, parfum, serta barang mewah seperti perhiasan. Jika dihitung-hitung lagi, belanjaanmu ini lebih murah dibandingkan toko-toko bukan duty free.

Belanja di Duty Free Shop memang menyenangkan. Namun, tetap saja bikin kantong keblinger jika tidak berhati-hati. Tak ingin uang jatah liburanmu habis karena kalap, yuk makin bijak dalam berbelanja.