Beijing Daxing International Airport, Bandara Baru Tiongkok yang Mirip Kapal Luar Angkasa

Rani Aisyah

Rani Aisyah

On Info Terbaru
Beijing Daxing International Airport Beijing Daxing International Airport

Tiongkok dikenal punya bangunan-bangunan menakjubkan. Seperti jembatan kaca, skyscraper dengan air terjun buatan, sampai gedung seni yang bisa gerak. Masih ada lagi! Beijing Daxing International Airport yang akan dibuka akhir tahun ini pun punya bentuk unik. Penasaran? Yuk, disimak ulasan berikut.

Bentuk Bangunan Seperti Pesawat Luar Angkasa

Bentuknya Mirip Kapal Luar Angkasa via Instagram @therapidfans
Bentuknya Mirip Kapal Luar Angkasa via Instagram @therapidfans

Beijing Daxing International Airport merupakan bandara yang berlokasi di perbatasan Beijing dengan Langfang. Tempat ini mempunyai bentuk unik, kalau dilihat dari atas terlihat seperti pesawat luar angkasa.

Didesain oleh arsitek ternama dari Inggris, yang memang punya gaya arsitektur khas. Selain bentuknya, keistimewaan lainnya adalah airport ini merupakan calon bandara internasional kedua di Beijing.

Akan Menjadi Bandara Internasional Terbesar Dunia

Akan Menjadi Bandara Terbesar Dunia via Instagram @cgtn
Akan Menjadi Bandara Terbesar Dunia via Instagram @cgtn

Kalau sudah sepenuhnya jadi, Beijing Daxing International Airport diyakini menjadi bandara terluas di dunia. Sebab punya terminal dengan luas kurang lebih 700 ribuan meter persegi, tujuh landasan pacu, dan 268 tempat parkir pesawat.

Keadaan Sekitar Bandara via Instagram @therapidfans
Keadaan Sekitar Bandara via Instagram @therapidfans

Landasan pacu tersebut nantinya direncakan dapat menampung sekitar 100 juta penumpang per tahun. Serta akan menampung kira-kira 620 ribuan penerbangan. Bahkan saking besarnya, jumlah pekerjanya sampai 40 ribuan orang. Jumlah tersebut setara dengan kapasitas di Hartsfield-Jackson Atlanta International Airport, bandara terbesar di dunia.

Rencana Debut September 2019

Detail Atap Bagian Dalam Mengagumkan via Instagram @zahahadidarchitects
Detail Atap Bagian Dalam Mengagumkan via Instagram @zahahadidarchitects

Nama Beijing Daxing International Airport telah diumumkan kepada publik semenjak September 2018. Namun baru akan beroperasi sekitar September 2019. Banyak bagian dari bandara ini yang sudah jadi, hanya tinggal penyempurnaan di beberapa bagian. Bahkan foto-foto bagian dalam bandara pun sudah ada yang beredar di media sosial.

Pembanguan Telah Dimulai Sejak 2014

Proses Pembanguan Bandara Telah Dimulai 2104 via Instagram @nk7
Proses Pembanguan Bandara Telah Dimulai 2104 via Instagram @nk7

Pembangunan Beijing Daxing International Airport telah dimulai semenjak tahun 2014. Konstruksi bandara dengan bentuk serupa pesawat luar angkasa ini sampai menghabiskan biaya kurang lebih USD12 jutaan atau sekitar Rp169 triliun.

Daxing akan menjadi bandara internasional kedua di Beijing, sehingga akan dilakukan pemindahan beberapa maskapai. Seperti China Southern, China Eastern, Beijing Capital Airlines, dan China United Airlines. Relokasi tersebut rencananya dimulai akhir tahun 2019 sampai 2021.

Tiongkok memang selalu punya cara membuat kagum dengan desain arsitekturnya yang unik, ya. Kalau liburan ke sini akhir tahun depan, bisa jadi landing di bandara baru ini. Bagaimana pingin ke sana?