Cantiknya Bedugul Saat Musim Hujan, Meski Dingin Liburan di Kawasan Pegunungan Bali Ini Nggak Khawatir

Desi Puji Lestari

Desi Puji Lestari

On Indonesia

Berencana untuk menenangkan diri ke Bali akhir tahun ini, pastikan Teman Traveler memilih destinasi yang pas. Kawasan dengan suhu dingin seperti Ubud dan Bedugul, layak dipertimbangkan. Seperti cantiknya Bedugul saat musim hujan berikut ini. Salah satu wilayah pegunungan di Bali dengan ketinggian sekitar 1240 meter di atas permukaan laut ini memiliki beragam pilihan objek wisata yang bisa diandalkan. Mulai dari pura berkabut hingga pasar tradisional yang aman dari berbagai cuaca. Seperti apa lengkapnya? Simak uraian berikut ini yuk!

1. Bedugul Forest

Kabut Tebal di Hutan Bedugul via Instagram/ igabw_

Hutan yang ada di kawasan Bedugul, rimbun dengan berbagai jenis pohon, salah satunya pohon pinus. Area ini menjadi lebih cantik saat musim hujan. Kabut tebal menutupi cahaya matahari yang masuk. Cuaca yang dingin, bukan penghalang Teman Traveler untuk menikmati kecantikannya.

Kabut di Hutan Bedugul yang DRamatis via shutterstock.com

Agar dapat menikmati kabut dengan sempurna, sebaiknya datang di pagi hari ya, terutama jika pada malam harinya turun hujan. Sebab pada saat-saat seperti itu, udara masih sangat segar dan kabut juga masih sangat tebal.

2. Pura Ulun Danu

Pura Ulun Danu dan Kabut yang Turun via shutterstock.com

Cantiknya Bedugul saat musim hujan juga bisa dirasakan jika Teman Traveler berkunjung ke Pura Ulun Danu. Pura yang berada di pinggir Danau Beratan ini memang memesona setelah hujan. Kabut yang turun secara dramatis, menutupi pegunungan di depannya hingga tampak samar tetapi menakjubkan. Perpaduan menjadi semakin sempurna dengan hamparan air yang luas. Kemegahan Pura Ulun Danu dalam tampilan seperti ini bisa didapatkan saat musim kemarau, namun tetap tidak seindah saat di musim hujan. Benar-benar akan jadi pemandangan yang tampak seperti lukisan.

3. Danau Beratan

Danau Beratan Tertutup Kabut via Instagram/ wiragick

Bicara Pura Ulun Danu, pasti sekaligus berbicara tentang Danau Beratan. Karena kedua objek wisata tersebut berada dalam satu tempat. Danau ini termasuk yang terluas di Bali. Jangan lupa berfoto dengan latar belakang Pura Ulun Danu. Teman Traveler bisa menikmati sekitar dengan cara mengelilingi danau menggunakan perahu yang disewakan; menikmati kabut yang turun dengan jarak lebih dekat.

4. Bali Bedugul Botanic Garden

Rumah Kaca di Bedugul Botanical Garden via Instagram/ nadhews

Cantiknya Bedugul saat musim hujan juga bisa Teman Traveler nikmati dari dalam rumah kaca yang ada di Bali Botanic Garden. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung juga bisa berjalan-jalan di Kebun Raya sambil menyesap segarnya udara dari banyak pohon yang tumbuh menjulang. Keasriannya masih sangat terjaga.

Botanic Garden Bedugul, Bali via shutterstock.com

Bali Bedugul Botanical Garden atau Kebun Raya Eka Karya Bali berada di ketinggian antara 1250-1450 meter di atas permukaan laut. Luasnya mencapai 157,5 hektar. Tumbuhan yang dikoleksi kebun raya ini mulai dari Anggrek, Begonia, Tumbuhan Paku dan Lumut, Kaktus, Bambu, Tanaman Air dan beragam lainnya.

5. Danau Buyan dan Danau Tamblingan

Danau Buyan yang Takkalah Menakjubkan Setelah Hujan via shutterstock.com

Danau Buyan dan Danau Tamblingan takkalah suguhkan pemandangan yang luar biasa cantik saat musim hujan. Berada di ketinggian, suhu udara di kawasan ini cukup dingin. Keunikan yang dimiliki oleh Danau Buyan adalah letaknya yang berada atau diapit di tengah-tengah Danau Tamblingan dan Danau Beratan. Pohon-pohon tropis yang tumbuh di sekitarnya, seperti ornamen yang membuat Buyan terlihat lebih cantik, terutama saat musim hujan.

6. Pasar Candi Kuning

Belanja Buah-buahan Segar di Pasar Candi Kuning Bedugul via Instagram/ stephanieflorens

Lelah menjelajah cantiknya Bedugul saat musim hujan dari kawasan-kawasan wisata alam, Teman Traveler bisa mengkhidmati ketenangan dan kesejukan Bedugul dari tempat yang ramai. Seperti Pasar Candi Kuning. Di pasar ini Teman Traveler bisa belanja aneka buah-buahan segar, seperti strawberry!

Berlibur dan punya rencana menikmati cantiknya Bedugul saat musim hujan jangan lupa untuk membawa baju hangat ya! Udara di kawasan ini cukup dingin. Jangan sampai pulang dari liburan, Teman Traveler malah tidak enak badan. Sudah terpikir mengajak siapa untuk menikmati cantiknya Bedugul?