Bayi Tertinggal di Terminal, Pesawat Saudi Putar Balik ke Bandara

Renada Vischa

Renada Vischa

On Info Terbaru

Beberapa waktu belakangan, dunia penerbangan diwarnai dengan berbagai kabar gembira dan konflik. Sama halnya dengan insiden satu ini. Akibat seorang bayi milik penumpang ketinggalan di terminal, pesawat jurusan Jeddah-Kuala Lumpur pun putar balik ke Bandara. Begitu aneh sekaligus mengejutkan ya. Berikut informasi singkat yang telah dirangkum dari berbagai media.

Bayi Penumpang Ketinggalan

Pesawat Saudi Airlines, via Instagram/rachmatdp

Maskapai Saudi Airlines dengan nomor penerbangan SV832 rute dari Bandara Internasional King Abdul Aziz di Jeddah, Arab Saudi menuju Kuala Lumpur, Malaysia terpaksa kembali ke bandara. Hal tersebut diakibatkan oleh seorang penumpang lupa kalau bayinya tertinggal di ruang tunggu.

Ketika wanita tersebut sadar, ia langsung memberi tahu awak kabin. Lalu pilot meminta izin kepada pengendali lalu lintas udara, agar kembali ke bandara.

Video Percakapan yang Viral

Saudi Airlines, via Instagram/spotter.melih

Insiden tersebut lantas membuat masyarakat dan media heboh. Terlebih sebuah video percakapan sang pilot Saudi Airlines kepada petugas ATC (Air Traffic Controller) beredar di media sosial Youtube. Video tersebut telah ditonton hampir 2 juta kali.

Sebuah video heboh di sosial media, via Instagram/beirut_plane_spotters

Seperti yang diberitakan oleh VOA, percapakan tersebut berisi tentang pilot yang bertanya apakah pesawat dapat kembali ke bandara karena seorang penumpang ketinggalan bayinya di terminal dan menolak lanjut terbang. Dan petugas ATC pun menyetuji permintaan tersebut.

Berbagai Reaksi Bermunculan

Bandara King Abdul Aziz di Jeddah, via Instagram/meilinahendrawati

Setelah tersebar, video tersebut mengundang berbagai reaksi netizen yang menanggapi keputusan pilot dan ATC. Beberapa dari mereka ada yang memuji pilot dan operator ATC dan dinilai memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi menghadapi situasi seperti ini.

Namun ada juga yang berkomentar negatif terhadap penumpang tersebut. Wanita tersebut dikecam dan menyebutnya abai pada anak sendiri. Hingga saat ini, pihak masakapi Saudi Airlines belum memberikan keterangan resmi atas kejadian ini.

Jarang Terjadi di Dunia Penerbangan

Bandara King Abdul Aziz di Jeddah, via Instagram/oshelhutama

Kejadian pesawat berbalik arah biasanya dilandasi oleh alasan yang berhubungan dengan kesehatan ataupun teknis pesawat. Kejadian yang hampir serupa juga pernah terjadi di tahun 2013.

Dilansir dari Republika, sebuah penerbangan American Airlines dari Los Angeles ke New York dialihkan ke Kansas City karena ada penumpang yang membuat onar. Ia menolak untuk berhenti menyanyikan lagu “I Will Always Love You” milik Whitney Houston.

Tentu saja insiden penumpang ketinggalan bayi ini sempat heboh karena jarang terjadi di dunia penerbangan. Bagi Teman Traveler yang bepergian, diharapkan agar selalu memperhatikan keluarga dan barang yang dibawa, ya. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang kembali.