Batu Jaran Hill, Nikmati Sunset Tersembunyi di Bali Selatan Sambil Menunggu Buka

Menikmati keindahan alam Bali, salah satu kegiatan yang pantang terlewat adalah merasakan atmosfer terbenam. Jika Teman Traveler sedang berada di Bali Selatan, ada sebuah objek wisata di Bali yang menjadi spot sunset jarang diketahui orang – termasuk warga setempat. Bernama Bukit Batu Jaran Hill, lokasi ini pas untuk Teman Traveler yang ingin menikmati pemandangan matahari terbenam dengan nuansa syahdu.

Posisinya ada di tebing sebelah Pura Luhur Uluwatu. Selain indah, biaya masuknya juga gratis. Bisa jadi alternatif untuk backpacker maupun pelancong di Uluwatu.

Pemandangan matahari terbenam dari Batu Jaran Hill (c) Helga Christina/Travelingyuk

Akses Menuju Batu Jaran Hill  

Perjalanan menuju Batu Jaran (c) Helga Christina/Travelingyuk

Saya memulai perjalanan dari Nusa Dua dengan sepeda motor. Butuh waktu sekitar 30 menit sebelum bisa sampai di Batu Jaran Hill. Teman Traveler memang sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua karena jalanan di sini sangat kecil.

Menara berwarna putih (c) Helga Christina/Travelingyuk

Patokan arah jalannya cukup mudah. Teman Traveler tinggal meluncur ke arah pintu masuk Pura Luhur Uluwatu. Dari situ, belok ke arah kanan dan ikuti jalan hingga menemukan petunjuk arah bertuliskan Batu Jaran Hill. Nantinya motor bakal harus melewati jalanan di gang-gang sempit.

Jalan setapak menuju spot Instagenic (c) Helga Christina/Travelingyuk

Dari pintu masuk masih butuh waktu sekitar 10 menit. Jangan memacu kendaraan terlalu cepat. Berhentilah ketika melihat sebuah menara
putih tinggi. Teman Traveler sudah sampai di Batu Jaran Hill

Menikmati Panorama Indah

Jalan menuju tebing (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bukit ini menawarkan sederet spot instagenic untuk dinikmati. Kawasan menarik pertama bisa kamu capai dengan berjalan melewati lapangan hijau dan jalan setapak berbatu. Teman Traveler nantinya akan sampai di ujung sebuah tebing.

Pemandangan dari atas tebing (c) Helga Christina/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa melihat keindahan pesisir Bali Selatan dan Pura Luhur Uluwatu sisi kiri. Kalian yang membawa makanan harus ekstra hati-hati. Sebab di sini ada gerombolan monyet iseng yang bisa mengambil perbelakan kalian.

Panorama indah di sekitar tebing (c) Helga Christina/Travelingyuk

Spot kedua yang saya kunjungi adalah menara putih dengan tinggi sekitar 20 meter. Sebaiknya datang lebih cepat karena tempat duduk di sini bakal langsung dipadati pengunjung menjelang matahari terbenam. .

Pemandangan dari atas menara (c) Helga Christina/Travelingyuk
Memanjat tangga untuk mencari tempat duduk di menara (c) Helga Christina/Travelingyuk

Dari atas menara Teman Traveler akan bisa dengan jelas melihat panorama indah deretan tebing di Uluwatu. Namun patut dicatat bahwa hembusan angin di sekitar sini lumayan kencang. Menapaki tangga menuju puncak menara adalah sesuatu yang cukup menguji nyali.

Tips Melihat Sunset di Bukit Jaran Hill

Dua orang pengunjung menikmati sunset di Bukit Jaran Hill/Travelingyuk

Ada beberapa tips untuk Teman Traveler yang ingin merasakan atmosfer matahari terbenam di Bukit Jaran. Pertama, upayakan sampai di sini sekitar pukul setengah lima sore. Kalian tidak akan terlalu diburu waktu untuk mendapat tempat bagus melihat sunset.

Berikutnya, jangan lupa membawa perbekalan makanan serta minuman. Nantinya bisa Teman Traveler nikmati sembari menikmati pemandangan sekitar maupun menanti momen matahari terbenam. Semakin asyik jika ditemani sahabat atau orang terkasih.

Meski begitu, sebaiknya Teman Traveler tidak membawa makanan atau camilan yang berpotensi memancing keusilan monyet. Kacang salah satunya. Hindari ini, kecuali kalian ingin dikejar-kejar gerombolan monyet selama berada di Bukit Jaran.

Jangan lupa mengenakan jaket atau pakaian tebal. Hembusan angin di sekitar sini lumayan kencang. Jika tidak hati-hati, Teman Traveler bisa-bisa masuk angin.

Terakhir, Teman Traveler jangan lupa untuk menjaga kebersihan. Sayang jika tempat ini sampai kotor karena ulah pengunjung. Jangan sampai ada sampah berserakan sembarangan, terutama botol minuman. Sebelum turun pulang, pastikan semua sampah sudah dibawa.

Itulah ulasan singkat mengenai indahnya panorama sunset di Bukit Jaran Hill, Bali. Bagi Teman Traveler yang ingin menikmati matahari terbenam dengan nuansa sunyi dan bebas biaya masuk, objek wisata di Bali Selatan ini bisa jadi alternatif.

Tags
Bali Indonesia kontributor Travelingyuk wisata bali
Share